Ucapan Belasungkawa / Turut Berduka Cita Islami dan Kristen

Ucapan Belasungkawa / Turut Berduka Cita – Sesuatu yang pasti akan terjadi kepada manusia, dan tidak bisa untuk dipungkiri yaitu kematian. Setiap makhluk yang hidup pasti akan mati, termasuk manusia. Itu adalah fase terakhir dalam kehidupan manusia di dunia.

Suasana berdukan cita akan terjadi jika salah seorang keluarga yang ditimpa musibah kematian. Ucapan belasungkawa dan kata kata galau biasanya diucapkan atau dituliskan sebagai rasa belasungkawa atas kepergian orang yang sudah meninggal.

Menunjukan Rasa Empati Lewat Ucapan Belasungkawa

Ucapan Belasungkawa / Turut Berduka Cita

Sumber: i0.wp.com

Memberikan ucapan turut berduka cita sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia. Ucapan belasungkawa diberikan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada orang yang sudah meninggal.

Ucapan ini juga menunjukan rasa empati kepada sesama. Tujuannya untuk menghibur dan menenangkan agar keluarga yang ditinggalkan lekas mengikhlaskan. Tak jarang juga disisipkan doa-doa baik di dalamnya. Ucapan belasungkawa bisa disampaikan dalam bentuk kata-kata ataupun tulisan.

Jika kita berada di tempat yang begitu jauh dari lokasi rumah duka, bisa hanya mengucapkan rasa bela sungkawa melalui tulisan, biasanya dengan mengirim karangan bunga. Selain itu, bisa juga menggunakan pesan singkat di handphone atau fitur chatting di media sosial.

Ucapan belasungkawa juga dapat diucapkan secara langsung. Hal ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang jaraknya lebih dekat dari rumah duka. Misalnya saja para tetangga atau teman yang lokasi rumahnya tidak jauh dari rumah duka.

Dalam tulisan ini akan banyak disajikan tentang ucapan belasungkawa yang dapat kita gunakan untuk teman, keluarga, sahabat, dan lain-lain. Kata-kata tersebut dapat dijadikan sebagai contoh ketika kita ingin mengucapkan ucapan belasungkawa kepada orang lain.

Kumpulan Ucapan Belasungkawa Islami

Kumpulan Ucapan Belasungkawa Islami

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat plural yang memiliki banyak keragaman, salah satunya dalam hal kepercayaan. Namun, mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama islam.

Selayaknya ajaran agama lainnya, Islam pun mengajarkan tentang bagaimana bersikap saat ada saudara sesama muslim yang meninggal dunia.

Anda dapat menggunakan kata-kata belasungkawa islami kepada sahabat atau ke sesama umat muslim. Ucapkanlah rasa belasungkawa dengan penuh keprihatinan.

Artinya, Anda juga bisa merasakan kesedihan yang dialami oleh sahabat dan orang lain di sekitar Anda yang sedang diberi ujian oleh Allah SWT dengan ditinggalkan salah satu keluarganya.

Berikut ini contoh ucapan belasungkawa islami untuk sahabat dan sesama muslim.

Ucapan Belasungkawa Islami untuk Sahabat

Ucapan Belasungkawa Islami untuk Sahabat

“Innalillahi wainnaa ilaihirraaji’un. Tak ku sangka akan secepat ini kau pergi meninggalkanku. Kau adalah sahabat terbaikku, selamat jalan dan semoga perjalananmu sangat indah.

Semua kebaikanmu tidak akan pernah ku lupakan. Semua perjalanan yang pernah kita lalui sebelum ini akan selalu ku simpan di dalam memori.

Semoga Allah SWT senantiasa menerima semua amal ibadahmu, dan dapat menerimamu di sisiNya. Aku dan semua orang-orang yang sayang kepadamu pasti akan selalu mendoakanmu agar kau tenang di sisiNya.”

“Aku turut berduka cita atas ujian yang sedang menimpamu saat ini. Memang susah untuk melepaskan seseorang yang kita cintai dan sayang.

Namun, Allah SWT telah menakdikan semuanya seperti ini. Yang harus kau lakukan hanyalah melakukan yang terbaik untuk mendiang.

Jangan sampai dia melihatmu bersedih terus menerus seperti ini. Doakan dia agar tenang di sisiNya, doakan dia agar selalu tersenyum saat melihatmu di dunia.”

“Bersabarlah kawanku, Setiap makhluk yang hidup pasti akan merasakan mati, kita pun seperti itu nantinya. Saat ini Allah SWT mungkin sedang memberimu ujian untuk meningkatkan kualitas kehidupanmu. Doakan saja yang terbaik untuknya, agar perjalanannya ke surga bisa dimudahkan oleh Allah SWT.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirraaji’uun. Aku turut beduka cita atas kepergian ayahmu. Semoga seluruh amal ibadah dan kebaikan ayahmu diterima oleh Allah SWT. Tidak perlu kau menangis terus-terusan seperti ini. Cobalah untuk mengikhlaskan kepergiannya.

Yang harus kau lakukan saat ini adalag terus berdoa untuknya dan melakukan yang terbaik agar harapan ayahmu kepadamu bisa tercapai, dan almarhum pasti akan tersenyum manis di sana.”

“Selamat jalan sahabatku, ku sembahkan doaku untukmu. Semoga keadaanmu dapat diterima di sisi Allah SWT. Semoga amal ibadahmu dan segala kebaikanmu diterima olehNya. Doaku akan selalu menyertaimu, agar kau selalu tenang di sana.”

Ucapan Belasungkawa Islami untuk Sesama Muslim

Ucapan Belasungkawa Islami untuk Sesama Muslim

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uum. Saya dan sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya saudara kami yang begitu kami cintai dan rindukan. Semoga selalu diberikan ketabahan dan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan.

Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat segera mengikhlaskan dan tidak larut dalam kesedihan. Percayalah, Allah SWT pasti akan memberikan yang terbaik untuk hambaNya.”

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uun. Setiap makhluk Allah SWT yang hidup pasti akan mati. Bersabarlah dan terima semua ini dengan lapang dada.

Mungkin ini adalah ujian yang diberikan Allah SWT untuk meningkatkan keimananmu. Berikanlah doa yang terbaik untuknya, agar dia senantiasa tenang di alam kubur.”

“Innalillahi wainnaa ilaihiroojiuun. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas meninggalnya saudara dan sahabat kami tercinta.

Semoga segala amal ibadah dan kebaikannya bisa diterima oleh Allah SWT. Akan kami berikan doa terbaik kami untuk ketenangannya di akhirat nanti. Semoga keluarga yang ditinggalkan tetap sabar dan tabah serta mengikhlaskan kepergiannya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Sesungguhnya kita ini milik Allah dan kita hanya akan kembali kepadaNya. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah dan kebaikan almarhum dan juga mengampuni segala kesalahan dan dosa-dosanya.

Semoga keluarga dan sahabat yang ditinggalkan dapat mengikhlaskan kepergiaannya. Doa terbaik kami akan selalu kami panjatkan untuk almarhum.”

“Innalillahi wainnaa ilaihrooji’uun. Allah SWT telah mengetahui apa yang terbaik untukmu. Mungkin ini hanyalah cobaan yang Allah berikan untukmu agar engkau dapat menjadi hamba yang lebih beriman lagi. Ikhlaskanlah kepergiaannya, beri dia doa terbaikmu. Semoga amal ibadahnya dapat diterima oleh Allah SWT.”

Ucapan Belasungkawa Islami Singkat

Ucapan Belasungkawa Islami Singkat

Ajaran agama Islam mengajarkan kita bagimana cara berempati kepada sesama umat muslim atau agama lain yang tertimpa musibah.

Musibah dapat terjadi kapan saja tanpa manusia ketahui sebelumnya. Musibah dapat terjadi oleh siapa pun tanpa melihat derajat, pangkat, dan kekayaan. Musibah dapat terjadi di manapun dalam kondisi apapun.

Sebagai seorang muslim kita memang sudah seharusnya memiliki sikap empati kepada saudara kita yang ditinggalkan oleh salah seorang keluarganya untuk selama-selamanya.

Dengan memberikan ucapan belasungkawa, secara tidak langsung juga menunjukan bahwa kita turut berduka atas musibah yang menimpa saudara kita.

Kehadiran para pelayat tentu membuat keluarga yang ditinggalkan semakin tabah. Untuk itulah selain memberikan ucapan belasungkawa, kita juga sebaiknya memberikan doa dan dukungan kepada keluarga duka.

Berikut ini adalah contoh ucapan belasugkawa singkat yang dapat Anda sampaikan kepada saudara Anda yang saat ini sedang tertimpa musibah.

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uun. Saya turut berduka cita atas meninggalnya almahum, dan segala yang bernyawa sudah ditentukan batas waktunya di dunia. Untuk itu, bersabarlah dan beri beliau doa yang terbaik.”

“Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum. Semoga seluruh amal ibadahnya dan kebaikannya dapat diterima oleh Allah SWT.”

“Innalillahi wainnaa ilaihiroji’uun. Semoga diampuni segala dosa dan kesalahannya dan diterima segala kebaikan dan amal ibadahnya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Saya sekeluarga turut berduka cita atas kepergian almarhum. Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosanya.”

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uun. Semoga Almarhum dapat diterima di sisiNya, dan dilapangkan kuburnya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Semoga ampunan Allah berikan kepada almarhum, dan semua amal ibadahnya dapat diterima oleh Allah SWT. Kami sekeluarga turut berduka cita.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Allah SWT telah menentukan waktu bagi yang bernyawa. Terimalah segala yang menimpamu dengan sabar dan lapang dada. Pasti akan ada hikmah di baliknya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Turut berduka cita atas tiadanya almarhum. Semoga tetap diberikan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Begitu cepat sekali kepergianmu, semoga segala dosa dan kesalahanmu diampuni oleh Allah SWT, dan diberikan tempat yang terbaik di sisiNya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Saya turut berduka cita, semoga yang terjadi ini dapat meningkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT.”

“Kami ikut berbelasungkawa atas kepergian saudara kami yang begitu kami cintai dan rindu. Mudah-mudahan seluruh amal ibadah dan perbuatan baik diterima oleh Allah SWT dan segala dosa dan kesalahan diampuni olehNya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Waktu manusia di kehidupan bumi memang hanya Allah SWT yang tahu, dan sekarang Allah sudah menentukan waktunya. Semoga dia tenang di alam sana dan mendapatkan tempat yang terbaik di sisiNya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Selamat jalan saudaraku, semoga perjalananmu diberi jalan yang luas dan dipermudah menuju rumah singgahmu. Semoga Allah SWT memberi ampun atas segala kesalahanmu dan dosa yang pernah kau lakukan, dan semoga amal kebaikanmu diterima olehNya.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Aku turut merasakan kesedihan atas kepergiaannya. Mari kita sama-sama melapangkan dada atas perginya almarhum. Kita doakan dia agar diberi tempat yang terbaik di sisinya dan diampuni segala dosa-dosanya.”

“Kami turut berduka cita, mari doakan yang terbaik untuk almarhum. InsyaaAlloh ini yang terbaik untuknya.”

Ucapan Belasungkawa Sopan dan Menghibur

Ucapan Belasungkawa Sopan dan Menghibur

Kehilangan salah seorang anggota keluarga memang menjadi pukulan batin yang begitu mendalam. Terlebih jika dia adalah orang yang sangat dekat dengan kita.

Orang yang sangat sayang dengan kita dan yang sangat kita sayangi. Kehilangan kehadirannya akan membuat segalanya menjadi tak seindah seperti masa saat bersamanya.

Jadi, jangan heran saat mereka yang sedang ditinggalkan salah seorang keluarga untuk selama-lamanya, tangisnya akan pecah dan tidak berkesudahan.

Bahkan, ada yang sampai pingsan. Karena memang begitu berartinya hidup sang mendiang bagi orang-orang terdekatnya.

Saat kondisi yang penuh kesedihan yang sangat dalam, mereka sangat memerlukan semangat dan dukungan orang-orang sekitar.

Berikan dukungan agar kesedihan yang dialami lekas hilang dan berganti dengan hati yang tabah dan penuh keikhlasan. Salah satu caranya yaitu dengan mengucapkan ucapan belasungkawa yang menghibur. Namun, tetap harus menjaga kesopanan agar tidak menyinggung perasaan yang sedang sedih.

Berikut ini adalah contoh ucapan belasungkawa yang sopan dan menghibur yang dapat Anda sampaikan kepada saudara yang sedang tertimpa musibah.

“Saya ikut berduka cita atas kejadian yang menimpamu saat ini. Mungkin ini yang disebut sebagai takdir Tuhan. Mungkin juga ini adalah cobaan yang Tuhan berikan kepadamu agar kamu semakin bertaqwa. Yakinlah bahwa setiap persoalah yang kamu alami saat ini pasti akan ada hikmah di baliknya.”

“Memang sulit bagi kita untuk cepat mengikhlaskan saudara yang telah pergi mendahului kita. Apalagi dia adalah orang yang sangat kita cintai dan sayang.

“Namun, kematian memang pasti, dan air mata tidak mampu mengembalikan kematian. Maka, bersabarlah dan tabah atas segala yang terjadi kepadamu saat ini.

Allah SWT telah memberikan jalan yang seperti ini, sehingga kamu harus melaluinya dengan sabar dan ikhlas. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita atas kepergian almarhum.”

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uun. Dari perasaan yang terdalam, kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum.

Jangan terlalu larut dalam kesedihan yang berkepanjangan. Percayalah semua ini memang sudah jalan yang diberikan oleh Allah AWT.

Berikan doa terbaik, agar dia bisa tenang alam sana. Saya yakin dia tidak ingin melihat kamu bersedih, maka lekaslah keluar dari kesedihan dan ikhlaskan.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Semoga Allah menempatkan almarhum bersama golongan orang-orang yang beriman. Bersabarlah menghadapi ini, ikhlaskan kepergiannya. Jangan kau tangisi terlalu lama kepergian almarhum. Berikanlah dia doa sepanjang waktu, agar tenang di alam sana.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Cerita saat bersamanya memang begitu menyenangkan, sehingga begitu menyedihkan jika harus mengingatnya kembali.

Dia adalah saudara kita yang paling baik. Sosok yang dengan sukarela membantu teman ketika sedang ditimpa kesusahan.

Ia selalu ada saat teman membutuhkan. Kepergiannya memang menyisakan kesedihan yang mendalam, aku pun ikut merasakannya. Kita berikan saja dia doa yang terbaik untuknya dan mengikhlaskan kepergiaannya.

Kehilangannya pasti akan membuat perasaanmu menjadi terpukul, namun memang tidak ada jalan lagi kecuali kau mengikhlaskannya untuk saat ini dan selamanya.

Semoga dia bisa lebih tenang di alam sana dengan kau mengikhlaskannya. Sesungguhnya setiap makhluk yang hidup hanyalah miliki Allah SWT dan hanya kepadaNya lah kita kembali.”

“Bersabarlah saudaraku…. Aku tahu, ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi memang tidak mudah bagi kita untuk mengikhlaskannya.

Namun, kau harus bersabar dan mencoba mengikhlaskan. Janganlah bersedih terlalu lama, almarhum pasti bersedih di alam sana jika melihatmu saat ini sedang bersedih.”

“Bersabarlah saudaraku, sepintar-pintarnya dokter dalam menyembuhkan pasien, dia tidak akan bisa merubah takdir seorang pasien jika harus menghadapi kematiannya. Sudahi isakmu dan hapuslah air matamu.

Hadapilah kejadian dengan tegar dan penuh kesabaran. Mendiang pasti akan tersenyum jika melihatmu tegar dan sabar ini.”

“Kematian adalah mulainya awal kehidupan yang kekal dan abadi. Hapuslah air matamu, dan ikhlaskan kepergiannya. Berikan doa terbaik agar dia tenang berada di alam selanjutnya.”

“Tenangkanlah hatimu. Aku turut berduka cita atas kejadian yang menimpa keluargamu. Panggillah aku jika kau membutuhkan bantuan, aku pasti akan siap membantumu.”

“Terkadang kita telah disapa Tuhan dengan cara yang tidak kita rasakan. Mungkin itu karena kesibukan kita terhadap kepentingan dunia, sehingga Tuhan menyapa kita dengan mengambil nyawa orang yang kita sayangi.

Semua itu hanya semata-mata agar kita ingat kepadaNya. Kita harus percaya bahwa rencanaNya untuk setiap makhluk pasti adalah yang terbaik.”

Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa dan Artinya

Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa dan Artinya

Ucapan belasungkawa diucapkan kepada saudara kita yang sedang mengalami musibah, yaitu ditinggalkan oleh salah seorang keluarganya untuk selamanya.

Ucapan belasungkawa diucapkan untuk menunjukkan rasa simpati atas kematian mendiang. Harapannya keluarga serta saudara yang ditinggalkan tetap tabah menghadapi musibah.

Cara mengucapkannya pun kita harus memperhatikan etika dan sopan santun agar keluarga yang berduka tidak tersinggung.

Kebudayaan Jawa juga mengajarkan masyarakatnya untuk dapat bersikap toleransi kepada setiap warga masyarakat yang ada di sekitarnya, salah satunya ketika ada saudara yang tertimpa musibah.

Bagi masyarakat Jawa, mereka lebih sering mengungkapkan rasa belasungkawa kepada saudara yang berduka dengan menggunakan bahasa Jawa.

Karena memang akan lebih mudah menggunakan bahasa daerah. Tidak hanya mudah, memberikan ucapan belasungkawa dalam bahasa Jawa juga dianggap lebih sopan dan sesuai adat dan tradisi setempat.

Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan belasungkawa bahasa Jawa dan artinya yang bisa anda gunakan:

Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Kula sekeluarga nderek belasungkawa kagem ahli waris sedoyo kang badhe pikantuk pacobaning Allah SWT enggeh menika kunduripun wonten ngarsanipun Allah SWT.

Mugi-mugi Allah SWT tansah maringi ampunan kelepatan – kelepatan almarhum lan amal kesaenan ditampi kaleh Allah SWT.

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Saya sekeluarga turut belasungkawa kepada seluruh keluarga yang mendapatkan cobaan dari Allah SWT atas kepergian ke hadapan Allah SWT. Semoga Allah SWT memberikan ampunan atas kesalahan-kesalahan almarhum dan amal kebaikannya diterima oleh Allah SWT)

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Turut berduka cita kagem keluarga almarhum… mugi-mugi Allah SWT maringi pangapunten marang sedanten kekilafan lan kesalahan almarhum wektu ana dateng dunyo. Lan keluarga ingkang ditinggal mugi-mugi diparingi sabar lan ketabahan ati.”

(Innalaillahi wainnaa ilairrooji’uun. Turut berduka cita untuk keluarga almarhum… semoga Allah SWT memberikan ampunan atas semua kekilafan dan kesalahan almarhum saat ada di dunia. Dan keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan sabar dan ketabahan hati).

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Anane menungso nang ndunyo mung sedelo. Mugi-mugi almarhum diparingi jembar kubur lan padhang dalane. Mugi-mugi amal ibadah lan kebaikan almarhum dipun tampi kalian Gusti Allah SWT. Lan keluarga ingkang ditinggal diparingi kesabaran lan ketabahan.”

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Manusia ada di dunia hanya sebentar. Semoga almarhum diberikan keluasan kubur dan diterangi jalannya. Semoga amal ibadah dan kebaikan almarhum diterima oleh Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan).

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Kula sekeluarga turut belasungkawa dateng meninggalipun Bapak …. Mugi – mugi almarhum dipun paring berkat lan rohmating pangeran ingkang Maha Agung, diparingi jembar kuburipun, ugi diampuni segala kesalahan.

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Saya sekeluarga turut belasungkawa atas meninggalnya Bapak… Semoga almarhum diberikan barokah dan rahmat Tuhan Yang Maha Agung, diberikan kelapangan kubur, dan diampuni segala kesalahan).”

“Mugi sedoyo keluarga kang tinilar pinaringan sabar, tawakal, saha pinaringan darmaning agesang wonten alam bebrayan. Mugi pinaringan ikhlas lan nerima ing takdir. Jer menungso punika naming nampi titipan pangeran kang sawanchi-wanchi kapundhut.

(Semoga semua keluarga diberikan kesabaran, tawakal, dan diberikan kesempatan berbagi dalam hidup. Semoga diberikan ikhlas dan menerima takdir. Memang manusia hanyalah menerima titipan Tuhan yang sewaktu – waktu bisa diambil).”

“Innalillahi wainnaa ilairooji’uun. Mugi diparingi sabar lan tabah keluarga lan sederek ingkang ditinggal almarhum. Anane menungso ing bumi sampun digaris dening Gusti Allah. Kita mung biso nerima lan ngelakoni urip kanthi ikhlas. Mugio almarhum pikantuk panggonan ingkang sae ing ngarsane Gusti Allah.”

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Semoga diberikan kesabaran dan ketabahan kepada keluarga dan saudara yang ditinggalkan almarhum. Adanya manusia di bumi telah digariskan oleh Allah. Kita hanya bisa menerima dan menjalankan hidup dengan ikhlas. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang baik di hadapan Allah).

“Innalillahi wainnaa ilaihiraaji’uun. Turut berduka cita kanggo sahabatku seng paling apik. Ora kroso, buru wingi adewe dolanan bebarengan, guyonan bareng-bareng. Nanging kehendak Gusti Allah wes liyo, kowe wes diceluk berarti pengeran luwih sayang kowe tinimbang aku. Selamat jalan, mugio perjalananmu tenang lan dijembarne kuburmu.”

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Turut berduka cita untuk sahabat terbaikku. Tidak terasa, baru kemarin kita main bersama, tertawa bersama. Tapi kehendak Allah lain, kamu sudah dipanggil berarti Tuhan lebih sayang kamu daripada aku. Selamat jalan, semoga perjalananmu tenang dan dilapangkan kuburmu).

“Innalillahi wainnaa ilaihiraaji’uun. Saiki kowe wes lungo adoh gak bakal balik maning. Aku mung biso ikhlas lan sabar nerimo cobaan ini. Senajan ngelalekno kowe iku susah, nanging insyaallah aku bakal usaha gae ikhlas lan sabar. Dungoku kang apik mesti kanggo kowe. Mugo-mugo kowe tenang neng alam kono.”

(Innalillahi wainnaa ilaihirrooji’uun. Sekarang kamu telah pergi jauh dan tidak akan pulang kembali. Aku hanya bisa ikhlas dan sabar menerima cobaan ini. Meskipun melupakanmu itu sulit, tapi insyaallah aku akan berusaha untuk ikhlas dan sabar. Doaku yang terbaik selalu untukmu. Semoga kamu tenang di alam sana).

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita

Sumber: e1helixs3-2.ef.com

Memberikan ucapan turut berduka cita pada saudara, kerabat, atau keluarga yang sedang mengalami musibah merupakan salah satu bentuk kepedulian kita.

Nantinya kita semua pasti akan kehilangan orang yang begitu berarti dalam hidup kita. Dan pada saat demikian rasa sedih akan susah sekali untuk segera dihilangkan. Kita tentu butuh dukungan dari orang lain bukan?

Sudah selayaknya kita menjadi penguat bagi saudara, kerabat, atau keluarga pada saat mereka tertimpa musibah. Oleh karena itu, ucapan belasungkawa atau rasa turut berduka cita sangat diperlukan untuk mengembalikan semangat dalam menjalani kehidupan bagi yang ditinggalkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan turut berduka cita yang bisa Anda gunakan.

“Kita pasti tahu, segala yang hidup pasti akan menemui kematiannya. Aku turut berduka cita atas kepergian almarhum. Mungkin ini sulit untuk diterima, namun sebagai manusia kita hanya mampu berusaha dan berdoa.

Segala keputusan atas kehidupan kita telah diputuskan oleh sang Maha Pencipta. Percayalah, Dia lebih sayang dengan almarhum.”

“Tersenyumlah, meskipun kesedihan telah menyelimuti seisi hatimu. Janganlah berlama-lama terkurung dalam perasaan sendu. Dia sekarang sudah tenang di alam sana. Tangisanmu justru akan membuatnya bersedih. Doakanlah dia, agar mampu tersenyum melihat dirimu yang juga tersenyum.

Dengan penuh keprihatinan, saya sekeluarga mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum …. Semoga Tuhan memberikan tempat yang tenang untuknya.”

“Rasa sedih ini turut kami rasakan sekeluarga dan kami turut berduka cita atas kepergiannya kerabat kami. Semoga keluarga, kerabat, dan saudara yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan ketegaran hati, serta doa terbaik dari kami akan selalu terpanjatkan untuk kebahagiaannya di akhirat.”

“Kami merasakan duka cita yang sangat mendalam atas kepergiaannya. Cukuplah doa setiap malam yang kami panjatkan menjadi pengiring perjalanannya menuju surga. Semoga Allah SWT menerima segala kebaikannya di dunia dan mengampuni segala kesalahan yang ia perbuat.”

“Janganlah terus-terusan kau teteskan air matamu di atas ranjang tidurnya. Tegarkanlah hatimu dan kuatkanlah perasaanmu atas kepergiannya. Jalanilah hidup ini dengan bahagia dan suka cita. Bermunajatlah kepada Tuhan agar dia selalu bahagia di akhirat.”

“Tidak ada cobaan yang tidak mengandung hikmah. Anggaplah cobaan ini sebagai langkah bagimu untuk keimanan yang lebih baik. Jangan terlalu lama kau tangisi kepergiaannya. Doakanlah agar Tuhan selalu menjaganya dan memberinya tempat yang terbaik di sisiNya.”

“Selamat menempuh perjalananmu yang sesungguhnya, wahai sahabatku. Di sini aku hanya bisa mendoakanmu agar keberadaanmu di alam sana diberikan ketenangan dan segala kesalahanmu saat di dunia mendapatkan ampun dari Allah SWT.”

“Terima kasih kau telah menjadi sahabat yang terbaik untukku. Semoga perjalananmu menyenangkan. Aku akan selalu mendoakan kepergianmu. Maafkan aku yang mungkin belum bisa menjadi sahabat yang terbaik untukmu. Tenanglah di alam sana, dan semoga kau bahagia di sana.”

“Innalillahi wainnaa ilaihirooji’uun. Sampai jumpa kawan baikku, yang selalu menjadi periang hari-hariku, menemani setiap kesepianku, dan menjadi penghiburku saat aku terpuruk dalam sedih.

Semua kenangan kita tidak akan pernah ku lupakan. Selamat jalan kawan, doaku akan selalu menemani perjalananmu. Semoga kau tenang di sana.”

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita Kristen/Katolik

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita Kristen/Katolik

Sumber: cdn.shopify.com

Ucapan belasungkawa mungkin tidak bisa mengobati rasa sedih karena ditinggalkan oleh orang yang berarti. Namun, setidaknya ucapan turut berduka cita yang kita berikan kepada mereka yang sedang berduka bisa memberikan sedikit semangat dan harapan dalam menjalani kehidupan.

Ucapan turut berduka cita kristen/katolik bisa disampaikan kepada keluarga duka secara langsung maupun lewat karangan bunga.

Setiap manusia dianugerahkan kebebasan untuk memeluk agama mereka masing-masing, dan berjalan sesuai dengan ajaran agama yang dipeluk.

Setiap ajaran agama pasti mengajarkan sikap kasih sayang, termasuk berempati jika salah seorang saudara mengalami musibah. Terlepas dari agama islam, Kristen ataupun katolik.

Bagi Anda yang beragama Kristen/ Katolik, berikut ini adalah contoh ucapan turut berduka cita yang bisa Anda gunakan.

“Janganlah bersedih atas kepergian mendiang, karena kematian bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari kehidupan yang abadi. Percayalah, Tuhan sangat mencintainya. Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum.

Tuhan mengetahui hambanya yang berperangai baik dan yang buruk. Kembalinya almarhum ke pangkuan Tuhan karena beliau adalah hamba Tuhan yang baik. Tuhan sangat mencintai hambanya yang baik. Semoga mendiang damai di surga.

Saya dan keluarga besar turut berduka cita atas musibah yang menimpa Anda. Kami berdoa agar almarhum tenang dalam perjalanannya dan diampuni segala dosa-dosa dan kesalahannya. Semoga Anda sekeluarga dan saudara yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi ujian ini.”

“Kehilangan orang yang kita cintai memang menyakitkan, namun lebih menyakitkan jika kita tidak mampu merelakan kepergiannya. Biarkan saja dia tenang di alam sana. Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya saudara.”

“Kurasa baru kemarin kita bermain bersama dan tertawa bersama. Kini ragamu telah terbujur kaku di dalam peti. Tak ku sangka begitu cepat kau pergi meninggalkanku, wahai sahabat baikku.

Aku akan selalu memberikan doa untukmu yang terbaik. Semoga Tuhan mempertemukan kita suatu saat nanti di surgaNya.”

“Saya begitu merasakan kesedihan yang engkau rasakan, saudaraku. Semoga kau tetap diberikan kesabaran dan ketabahan.

Berdoalah kepada Tuhan, karena Dia mampu menghibur hamba-hamba yang tertimpa musibah dan mengadu kepadaNya. Percayalah, Tuhan mengetahui yang terbaik untuk hambaNya.”

“Kesedihanmu turut aku rasakan, namun ada satu yang dapat menghapus segala kesedihanmu, Ia adalah Allah. Di Mazmur 147: 3 menerangkan “Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka”.

Percayalah, Tuhan akan memberikan kebahagiaan setelah kesedihan yang engkau alami saat ini. Pada ayat di Filipi 4: 13 menjelaskan Tuhan akan memberikan kekuatan yang menjadikan kita sanggup menghadapi cobaan apapun.
Di Ulangan 31: 6 dijelaskan bahwa kita tidak perlu takut, sebab Tuhan Allah berjalan menyertai engkau. Dia tidak membiarkanmu apalagi meninggalkanmu.”

“Janganlah engkau terlalu bersedih atas kepergiannya. Aku turut merasakan kesedihan yang engkau alami. Tuhan Bapa selalu menyertaimu.”

“Untukmu, saudaraku… aku turut berduka cita atas cobaan yang terjadi padamu. Namun, percayalah bahwa Tuhan selalu ada untukmu yang memberikan yang terbaik untukmu. Lekaslah bangkit dari kesedihan ini dan menjalani kehidupanmu dengan penuh rasa damai.”

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita yang Baik dan Sopan

Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita yang Baik dan Sopan

Sumber: iapi.or.id

Memberikan ucapan belasungkawa juga perlu disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Jangan sampai pada saat mengucapkan ucapan belasungkawa tersebut kita malah menyinggung perasaan keluarga atau sahabat kita yang sedang berduka.

Tentu mereka berada pada situasi perasaan yang sangat sedih, mungkin juga kecewa karena ditinggalkan oleh orang-orang yang mereka cintai.

Jadi, dengan menyinggung perasaan mereka akan menambah beban kesedihan yang ada. Berikut ini kumpulan contoh ucapan turut berduka cita yang baik dan sopan.

“Aku turut berduka cita atas musibah yang terjadi padamu. Mungkin ini hanyalah sebuah cobaan yang Tuhan berikan kepadamu. Sesungguhnya semua masalah yang terjadi padamu pasti ada jalan keluarnya, percayalah. Percayalah Tuhan selalu bersamamu.”

“Semua air mata yang kau teteskan mungkin tidak cukup untuk menghilangkan kesedihanmu. Namun, kau harus segera bangkit dari belenggu kesedihan yang sedang kau alami saat ini.

Meingikhlaskan orang yang pergi meninggalkan kita untuk selamanya mungkin terasa sulit, apalagi dia adalah orang yang berarti dalam hidup kita. Berdoalah agar dia selalu mendapat tempat yang terbaik di sisi Tuhan.”

“Allah SWT menghendaki segala sesuatu untuk hidup, begitupun dengan kematian. Bersabarlah menghadapi semua ini, lapangkan dadamu dan segera bangkit dari kesedihan yang berlarut-larut.”

“Percayalah dia yang meninggalkanmu akan tersenyum jika melihatmu sekarang sedang tersenyum. Sebaliknya, dia juga akan sedih jika melihatmu saat ini sedang bersedih.

Janganlah terlalu lama bersedih. Berikan dia doa terbaikmu agar dia bisa tenang di alam sana dan tersenyum saat melihatmu bahagia.”

“Saat ini, hanya doa yang bisa kita berikan kepada Allah SWT agar segala amal ibadah dan kebaikannya diterima di sisiNya dan segala dosa mendapatkan ampun dari Allah SWT.”

“Saya turut berduka cita atas kesedihan yang terjadi padamu saat ini. Ikhlaskanlah kepergiannya, dan doakan dia sepanjang harimu agar mendapatkan tempat terbaik di sisiNya. Dia memang telah pergi untuk selama – lamanya, namun kenangan saat bersama jangan sampai dilupa.”

“Mungkin suatu saat nanti kau akan merindukan kehadirannya. Kenangan saat bersamanya pasti akan selalu teringat. Namun, sadarilah bahwa kepergiannya telah memberikan kebahagiaan untuknya. Dan kau harus merasa bahagia saat dia juga bahagia.”

“Aku turut merasakan kehilangan saat ia pergi untuk selama-lamanya. Aku tahu kau sangat mencintainya dan karena itu kesedihanmu tak kunjung mereda. Namun, dia sekarang telah menempa jalan yang baru yaitu jalan menuju surgaNya. Maka, berilah dia doa yang terbaik agar arwahnya tenang dan mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.”

“Semua yang terjadi saat ini hanyalah cobaan yang Tuhan berikan kepadamu. Percayalah, Aku pun turut berduka cita atas rasa kehilangan yang kau rasakan. Kau harus bisa tegar dan mengambil makna dari setiap perjalanan kehidupan yang Tuhan berikan kepadamu. Percayalah Tuhan sayang padamu dan padanya yang saat ini sedang berada di sisiNya.”

“Aku turut berduka cita atas kesedihan mendalam yang kau rasakan saat ini. Semoga kau dan keluarga diberikan ketabahan yang ketegaran jiwa dalam menghadapi cobaan ini. Percayalah, cobaan yang Tuhan berikan semata-mata karena Dia sayang kepada hambanya. Doakanlah dia agar tenang di alam sana.”

Demikianlah contoh-contoh ucapan belasungkawa yang bisa kita gunakan sebagai bentuk simpati kepada keluarga, kerabat, atau saudara kita yang sedang mengalami musibah. Kematian dan musibah tidak akan pernah pergi dari takdir setiap makhluk hidup di dunia.

Tuhan menciptakan seluruh makhluk hidup di dunia dan hanya kepadaNya lah kita kembali. Oleh karena itu, persiapkanlah hidup ini dengan sebaik-baiknya. Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang ucapan belasungkawa atau turut berduka cita. Baca artikel kami lainnya dengan pergi ke nmtchicago.org.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *