Tulisan Arab Assalamualaikum dan Waalaikumsalam [+ Kaligrafi Indah]

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh saudara seiman, Apa kabarnya? Kali ini nmtchicago.org akan menyajikan konten bertema tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumsalam lengkap dengan artinya. Disertakan pula gambar kaligrafi Assalamualaikum dan waalaikumsalam yang sangat bagus dan indah.

Bagi umat muslim, kalimat assalamualaikum adalah kalimat yang sangat sering diucapkan. Bagaimana tidak, nabi kebanggaan, nabi penghujung, nabi penutup dari para nabi, yang merupakan nabinya umat muslim yakni Rasulullah SAW, menyunnahkan mengucapkan kalimat tersebut (sunnah Rasulullah SAW).

Dan Rasulullah SAW mewajibkan seseorang untuk membalas salam tersebut dengan jawaban wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarakatuh. Ingat, tulisan yang benar adalah seperti yang ditulis tebal. Bukan waalaikumsalam warohmatullahi wabarakatuh.

Ucapan salam umat muslim ini sendiri jika dipahami arti dan maknanya adalah merupakan sebuah doa yang sangat bagus. Meskipun sering diucapkan, banyak dari umat muslim belum menguasai tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumussalam ini.

Untuk itu tidak ada salahnya kami ingin menjadi solusi untuk membantu memberikan informasi terkait tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumsalam. Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga arti kedutan mata kanan atas.

Tulisan Arab Assalamualaikum dan Waalaikumusalam yang Benar (Huruf Biasa)

Tulisan Arab Assalamualaikum

Seperti yang sudah disinggung di atas, menulis assalamualaikum dan wa’alaikumussalam dengan bahasa Indonesia juga perlu diperhatikan. Kebanyakan, kesalahan menulis kalimat tersebut dengan huruf Indonesia terletak pada huruf S.

Seharusnya huruf S dalam tulisan assalamualaikum dan wa’alaikumussalam ada dua. Karena, tulisan arab assalamualaikum terdapat hukum tajwid tasydid. Yang mana, makna dari tasydid ini adalah suatu tanda baca yang terjadi karena pengulangan (pertemuan) huruf hijaiyah yang sama.

Jadi yang benar yaitu,

Assalamualaikum dan wa’alaikumussalam. Bukan asalamualaikum dan walaikumsalam.

Berdasarkan sumber dari website nu.or.id, ada salah satu Kyai yakni Kyai Subhan Makmun (Pimpinan Ponpes Assalafiyah Luwungragi) pernah menjelaskan tentang menjawab salam. Menurut beliau,

waalaikumussalam

Jadi, untuk menyempurnakan, sebaiknya paham dan hafal tulisan dari assalamualaikum dan waalaikumussalam dalam bentuk huruf bukan arab. Baik, selanjutnya kita masuk ke pembahasan tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumusalam yang baik dan benar.

Tulisan Arab Assalamualaikum dan Waalaikumusalam yang Benar (Huruf Arab)

Tulisan Arab Assalamualaikum dan waalaikumussalam

Nah, jika pembahasan di atas tentang tulisan assalamualaikum dan waalaikumussalam dengan huruf pada umumnya, sekarang kita bahas yang menggunakan huruf arab.

Ini tentu lebih rumit bagi orang non arab dan masih awam dengan tulisan dan huruf arab. Namun, jangan khawatir jika anda termasuk yang masih awam dengan tulisan dan huruf arab.

Berikut adalah tulisan arab assalamualaikum secara lengkap yang benar.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dan selanjutnya tulisan arab waalaikumusalam yang benar dan lengkap.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bagaimana? Apakah bisa dengan mudah dipahami pembahasan kami? Bagi pemula, dalam menulis dengan huruf arab tentu sedikit kesulitan. Itu hal wajar, namun jika kita serius ingin menulisnya dengan berusaha dan bersabar tentu akan mendapat hasil yang memuaskan.

Arti Assalamualaikum dan Waalaikumsalam

Arti Assalamualaikum dan Waalaikumussalam

Selain tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumsalam, arti dari tulisan tersebut juga banyak yang belum tau. Hal ini tentu wajar-wajar saja. Penyebab utamanya ya karena perbedaan bahasa.

Sebenarnya jika serius ingin paham dan hafal artinya, tidak mustahil semua orang bisa. Nah, berikut ini adalah arti dari tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumussalam dalam bahas Indonesia.

Salam( السلام ) : Keselamatan. ‘Alaikum ( عليكم ) : ‘ala (علي) artinya untuk/atas dan kum(كم) artinya kalian. Wa(و) : Dan. Rahmatullah(رحمةالله ) : Rahmat Allah. Barakatuh (بركاته) :Keberkahan-Nya.

Di atas adalah pecahan tulisan arab perkata dengan artinya. Pada intinya, kalimat assalamualaikum dan wa’alaikumussalam, berasal dari kalimat yang sama seperti kalimat pecahan di atas.

Hanya saja ketika menjawab, ada tambahan huruf wa (و) di depannya, yang mana arti dari huruf wa (و) adalah dan. Secara sambungnya, ucapan salam beserta artinya yaitu sebagai berikut.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. (Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahanNya terlimpah kepada kalian).

Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh. (Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahanNya terlimpah juga kepada kalian).

Gambar Kaligrafi Assalamualaikum

Kaligrafi Assalamualaikum
Sumber: s4.bukalapak.com

Kaligrafi yaitu ilmu seni menulis yang indah. Kaligrafi bukan bahasa arab, melainkan asal kata dari Caligraphy (Bahasa Inggris). Bahasa latinnya yaitu Calios (Indah) Graph (Tulisan).

Kaligrafi dalam bahasa Arab sendiri dinamakan Al-khoth, artinya guratan tulisan garis/tulisan. Ada banyak pakar yang mendefinisikan kaligrafi. Di antaranya ada Syaikh Syamsudin Al-Ahfani.

Menurut beliau definisi dari kaligrafi adalah suatu ilmu yang fokus mempelajari macam-macam bentuk huruf tunggal, pisah, dan tata letaknya dan juga metode cara merangkainya agar mejadi suatu susunan kata.

Jadi definisi dari kaligrafi kurang lebihnya seperti itu. Baik langsung saja kita berikan contoh-contoh gambar kaligrafi tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumussalam.

Contoh 1

Gambar Kaligrafi Assalamualaikum
Sumber: news.juggala.co.id

Contoh 2

Gambar Kaligrafi Assalamualaikum
Sumber: ecs7.tokopedia.net

Contoh 3

Gambar Kaligrafi Assalamualaikum
Sumber: islamicart.my

Adab dalam Mengucapkan Salam

Selain disunnahkan mengucapkan salam dan diwajibkan membalas salam, umat muslim juga disarankan untuk menjaga adab dalam mengucapkan salam. Tujuannya agar sempurna dalam bersalam-salaman.

Nah, berikut ini ada beberapa adab-adab yang perlu kita ketahui agar sebagai muslim yang baik, kita bisa mengamalkannya dengan sempurna.

1. Sebaiknya Ucapkan Salam dengan Sempurna

Yang dimaksud dengan mengucapkan salam dengan sempurna yaitu memberikan ucapan salam secara penuh yakni assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh. Meskipun boleh saja hanya mengucapkan assalamu’alaikum.

Mungkin bisa dikondisikan dengan situasinya saat berjumpa. Jika bertemu dengan keadaan santai tidak terburu-buru, maka sebaiknya ucapkan dengan sempurna.

2. Memulainya Terlebih Dahulu

Meskipun memberikan salam hukumnya tidak seperti menjawab salam, namun sangat dianjurkan untuk memberi salam terlebih dahulu. Adabnya yaitu ketika anak muda bertemu dengan orang tua, maka yang mengucapkan terlebih dahulu adalah anak muda.

3. Mengulanginya Ketika Berjumpa Lagi Meski Baru Sesaat

Indahnya islam memang sangat berasa. Mengucapkan salam bagi umat muslim merupakan cara menyapa yang paling afdol. Jadi ketika berjumpa lagi meskipun baru saja berjumpa, tetap saja dianjurkan untuk menyapa dengan salam.

Tentu diawali dengan senyum akan menjadi lebih indah. Apalagi, senyumnya sendiri merupakan bagian dari ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Jadi, ketika berjumpa dengan orang, bisa diawali dengan senyum, lalu mengucapkan salam untuknya.

4. Membalas Salam dengan Lebih Baik atau Sempurna

Maksudnya seperti ketika mendapat ucapan dari orang yang berpapasan dengan kita dengan ucapan assalamu’alaikum, maka kita dianjurkan membalasnya dengan lebih lengkap yaitu waalaikumussalam warohmatullah wa barakatuh.

Atau boleh juga sampai pada kata waalaikumussalam warohmatullah. Namun, jika kita mendapatkan ucapan salam secara penuh, maka kita diharuskan juga menjawab dengan penuh. Hal ini berdasarkan dengan firman Allah SWT, yakni:

Apabila kalian diberi salam atau penghormatan, maka balaslah dengan yang lebih baik atau balaslah dengan yang serupa.” (An-Nisa ayat 86).

Nah, demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang tulisan arab assalamualaikum dan waalaikumsalam. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi yang membaca. Kurang lebihnya kami mohon maaf, yang benar semata-mata datangnya dari Allah SWT, dan yang salah datangnya dari kami. Wassalamu’alikum warohmatullah wabarakatuh.

Tinggalkan komentar