Jenis Jenis Tanaman Obat

Hai sahabat @PakTani11, Selain menghasilkan oksigen, ternyata tanaman juga menghasilkan khasiat atau manfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman jenis ini sering disebut dengan nama tanaman obat, atau tanaman herbal. Orang-orang dulu sering menggunakannya sebagai bahan dasar obat-obatan tradisional.

Sudah dari zaman nenek moyang, jenis tanaman obat-obatan memang sudah terbukti khasiat atau manfaatnya. Ada yang bisa untuk menjaga kesehatan dan bisa juga untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Di zaman era moderen ini, banyak generasi milenial yang belum tahu nama-nama tanaman apa saja yang termasuk dalam jenis tanaman obat-obatan. Nah, untuk membantu memberikan informasi tersebut, artikel ini akan menyebutkan nama-nama tanaman obat dan khasiat-khasitnya.

Lebih banyak informasi klik di sini.

Jenis Tanaman Obat obatan dan Khasiatnya

Tanaman Obat Keluarga
Sumber Gambar: doktersehat.com

Apa pentingnya kita mengetahui pengetahuan tentang tanaman obat-obatan dan khasiatnya? Bukankah sekarang semua jenis obat sudah tersedia di apotik terdekat? Bukankah sudah banyak toko-toko terdekat menyediakan obat?

Sahabat tanam, memang sekarang sudah serba mudah. Semenjak adanya obat-obatan kimia, orang-orang sekarang tidak perlu repot-repot, cukup pergi ke warung atau apotik dapat obatnya. Namun perlu diketahui, segala yang berbau kimia tentu memiliki efek samping.

Dan efek samping dari obat kimia itu lebih warning dari obat-obatan tradisional yang terbuat dari tanaman obat. Dan perlu diketahui juga, bahan dasar dari obat-obatan kimia sebagian besar adalah tanaman obat-obatan. Untuk itu, yuk kita belajar mengenal jenis-jenis tanaman obat.

1. Tanaman Obat Daun

Tanaman Obat Daun
Sumber Gambar: brickovenpizzahi.com

Pertama adalah jenis tanaman obat daun. Di dunia ini ada banyak daun-daunan yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah berkhasiat sebagai obat. Mungkin sebagian banyak dari kita sering menjumpai jenis daun-daunan yang berkhasiat sebagai obat. Namun belum tahu bahwa daun-daunan tersebut bermanfaat.

Apa saja jenis daun-daunan yang berkhasiat? Berikut ini ada beberapa contoh daun-daunan yang kaya akan khasiat, khususnya untuk kesehatan manusia.

a. Daun Sirih

Teringat dulu ketika waktu kecil ada anak yang berdarah hidungnya, lalu ibunya memasukan selembar daun sirih yang digulung-gulung lalu dimasukan ke lubang hidung untuk menyumbat darah yang keluar.

Mungkin tradisi itu sudah mulai tidak ada, namun dari kesimpulan di atas, daun sirih bisa berkhasiat untuk membantu menyembuhkan mimisan.

Selain itu, daun sirih juga bisa dibuktikan membantu beberapa penyakit seperti mata merah, pendarahan pada gigi, dan lain-lain. Nah, itulah salah satu sebab di kampung-kampung banyak yang memiliki tanaman daun sirih ini.

b. Daun Jambu Biji

Pohon jambu biji bisa dikatakan pohon yang penuh manfaat. Selain buahnya yang enak dan nikmat di santap, ternyata daunnya bisa digunakan untuk membantu mengobati beberapa penyakit seseorang.

Contohnya seperti penyakit diare. Caranya pun cukup simpel dan tidak ribet. Tidak harus pergi ke warung atau apotik buat beli obat, anda cukup memetik daun jambu, lalu dibersihkan dan bisa langsung dikunyah dan ditelan.

Atau bisa juga dengan cara diperas daunnya dan diambil airnya. Kebanyakan sih dipetik langsung dicuci dan dimakan dengan cara dikunyah terlebih dahulu.

c. Daun Kelor

Sebagian masyarakat mungkin sudah biasa mengkonsumsi daun kelor. Karena daun ini cocok dibuat sayuran. Bentuknya bulat-bulat berukuran kecil.

Manfaatnya daun kelor cukup banyak, contohnya seperti membantu menyembuhkan penyakit diabetes, arthritis, kanker, dan jantung. Namun ada yang perlu diketahui bahwa bagian akar dari pohon daun kelor ini tidak boleh dikonsumsi.

d. Daun Pepaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan pepaya. Buah yang sekaligus bisa dijadikan sayuran ini sering kita jumpai khususnya dipasar-pasar. Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dikonsumsi.

Namun rasanya yang sedikit pahit membuat sebagian masyarakat tidak menyukainya. Namun rasa pahit itu sebenarnya bisa dihilangkan jika bisa mengolahnya dengan benar.

Tetapi, memang biasanya yang pahit-pahit itu berkhasiat bisa menyembuhkan penyakit. Dipercaya mengkonsumsi daun pepaya bisa mencegah penyakit kanker, dan mampu membantu mengontrol tekanan darah.

e. Daun Landep

Landep adalah tumbuhan obat keluarga. Bisa dikatakan begitu karena landep dipercaya mengandung ragam kandungan bermanfaat. Seperti silikat, tanin, flavonoid, garam kalium, dan saponin.

Daun landep berkhasiat bisa mengatasi ketika anda sedang sakit buang air kecil. Bagian akar pohon landep berkhasiat meredakan panas. Dan bagian kulit kayunya bisa dimanfaatkan sebagai peluruh dahak dan keringat.

f. Daun Seledri

Untuk daun yang satu ini tentu sudah banyak yang tahu ya. Kita bisa menjumpainya ketika membeli bakso. Selain itu, ibu-ibu juga sering menggunakan daun seledri sebagai campuran ketika memasak sop sayur.

Jika anda menyukai daun yang satu ini, maka sebaiknya pertahankan dan sering-seringlah mengkonsumsinya. Namun, tetap jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang belebihan itu tidak baik.

Kenapa kami menyarankan sering-seringlah mengkonsumsi daun seledri ini? Dibalik rasanya yang sedap, ternyata daun seledri menyimpan khasiat yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Bisa juga untuk membantu menyembuhkan batuk asma, nyeri sendi/tulang/otot, rematik atau asam urat, tekanan darah tinggi, dan batuk pilek.

g. Daun Salam

Hampir sama dengan daun seledri, daun salam memiliki banyak kegunaan. Hampir semua ibu-ibu rumah tangga sepakat bahwa daun salam sangat membantu menyedapkan masakan.

Dibalik kesepakatan ibu-ibu, ternyata daun salam mengandung khasiat yang bermanfaat untuk membantu kesehatan tubuh manusia. Karena, daun salam dapat membantu mengobati penyakit seperti diabetes tipe 2, karena daun salam jika dikonsumsi bisa membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh manusia.

h. Daun Murbei

Daun Murbei, mungkin agak sedikit asing telinga kita. Murbei adalah buah semacam blackberry. Nama aslinya mullberry, rasa buah ini asam tetapi menyegarkan.

Daunnya dipercaya dan sudah diakui oleh dunia penelitian bahwa daun buah ini dapat membantu menurunkan tingkat glukosa di dalam darah. Jadi ini bagus untuk membantu menyembuhkan pasien diabetes.

i. Daun Pacar Cina

Kami tidak akan menjelaskan kenapa dinamakan pacar cina. Tetapi jika dilihat dari kata-katanya, terdapat kata cina. Yang mana cina adalah tempatnya para ahli obat tradisional.

Daun pacar cina termasuk jenis tanaman obat karena daun ini bisa diolah untuk dijadikan obat yang mampu membantu menyembuhkan banyak penyakit, seperti bisul, dan luka memar.

j. Daun Dewa

Salah satu jenis tanaman obat yang kaya akan khasiat. Dikatakan kaya akan khasiat karena daun ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan banyak penyakit.

Menurut blog kesehatan yang kami jadikan referensi, daun dewa bisa membantu menyembuhkan penyakit rematik, hipertensi, kanker, muntah darah, demam berdarah, kutil, bekas gigitan binatang, stroke, dan masih banyak lagi.

2. Tanaman Obat Umbi

Jenis Tanaman Obat Umbi
Sumber Gambar: rumahmesin.com

Nah selanjutnya adalah jenis tanaman obat dari umbi-umbian. Yang dimaksud dengan umbi-umbian adalah rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kencur, temulawak, bangle, kapulaga, dan lengkuas.

Nah apa saja khasiat dari jenis tanaman obat umbi-umbian yang disebutkan di atas, berikut adalah penjelasannya.

a. Kunyit

Tentunya untuk jenis tanaman obat umbi kita semua sudah tidak asing lagi kan? Pertama adalah kunyit, jenis rempah-rempah yang satu ini sudah cukup popular di masyarakat.

Dan tentunya sudah banyak juga yang tahu bahwa kunyit dapat membantu menyembuhkan penyakit. Kami ambil contoh seperti penyakit demam, radang, diare, dan lainnya.

b. Jahe

Hampir semua orang menyukai jahe, apalagi ketika dijadikan wedang jahe. Sangat nikmat jika diminum di daerah pegunungan yang memiliki cucaca dingin.

Selain nikmat, jahe memiliki banyak khasiat. Apa saja khasiatnya? Ya seperti menghangatkan badan, perut kembung, perut mual, dan perut yang sakit. Bisa juga membantu menyembuhkan nyeri, batuk, dan infeksi saluran pernafasan (ISPA).

c. Kencur

Rasanya yang ada mint-mintnya konon dipercaya bagus untuk memperbagus suara ketika menyanyi. Namun, yang lebih pasti lagi kencur berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti masuk angin, sakit kepala, perut mulas, kaki keseleo, influenza, dan batuk atau serak di tenggorokan.

d. Temulawak

Jenis tanaman obat yang ini mengandung antioksida yang mampu membantu mencegah penggumpalan darah. Minyak atsiri dan kurikumin di dalam temulawak mampu membantu untuk anti radang.

Temulawak memang sudah dari dipercaya sebagai tanaman obat. Bahkan sampai sekarang pun masih dipercaya, ditambah para penelitian sudah membuktikan bahwa temulawak memang mengandung banyak kandungan yang bermanfaat untuk membantu penyembuhan.

e. Bangle

Nama bangle masih cukup asing di telinga kita, untuk gambaran saja buat yang belum pernah ketemu dengan bangle, bentuknya dan teksturnya mirip seperti jahe. Namun aromanya berbeda.

Bangle berkhasiat membantu menyembuhkan asam urat, perut kembung, batuk, cacingan, dan masuk angin. Kebanyakan yang dijadikan obat-obatan adalah bagian daun dan rimpangnya.

f. Kapulaga

Tanaman obat yang satu ini bisa dikatakan cukup langka. Dan sangat jarang dijumpai di tempat umum. Tanaman kapulaga bentuknya hampir menyerupai lengkuas.

Bentuk dari kapulaga bulat-bulat kecil seperti biji. Tempat tumbuhnya di bagian akar tanaman kapulaga. Khasiatnya cukup banyak, diantaranya bagus untuk melancarkan sirkulasi darah.

g. Bawang Merah

Siapa yang tidak mengenal bawang merah. Jenis rempah-rempah yang sudah divonis sebagai bumbu dapur yang cukup berpengaruh terhadap cita rasa masakan.

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Seperti penyakit jantung, diabetes, mampu membantu melegakan tenggorokan, dan masih banyak lagi.

Termasuk juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membantu mengeluarkan ulat gigi. Cara mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah tergolong cukup populer. Pasalnya memang terbukti ampuh.

3. Tanaman Obat Buah

Jenis Tanaman Obat Buah
Sumber Gambar: matamaduranews.com

Oke, masuk jenis tanaman obat buah-buahan. Yang dimaksud tanaman obat buah adalah jenis buah-buahan yang memiliki khasiat bagus untuk membantu menjaga dan menyembuhkan penyakit tubuh manusia.

Boleh dikatakan semua jenis buah-buahan menyehatkan dan kaya akan manfaat. Kealamian adalah salah satu alasan kenapa buah-buahan menyehatkan. Nah, di bawah ini ada beberapa contoh buah-buahan yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

a. Jeruk Nipis

Keluarga jeruk yang banyak mengandung vitamin C dan asam sitrat adalah jeruk nipis. Buah ini sangat menyegarkan, tetapi rasanya tidak manis.

Tetapi tanaman obat yang satu ini sudah terbukti dapat membantu menyembuhkan sepeti batuk berdahak, anyang-anyangan, batu ginjal, demam, vertigo, radang tenggorokan, dan masih banyak lagi.

b. Mengkudu

Buah mengkudu, jika di kampung-kampung banyak yang menyebutnya dengan pace. Dari bentuk buahnya memang kurang menarik, tetapi mengkudu memiliki banyak khasiat.

Tidak hanya buahnya, daunnya pun memiliki manfaat untuk membantu beberapa penyakit atau luka pada manusia. Mengkudu bagus untuk membantu melancarkan peredaran darah, mencegah kanker, mengobati batuk, meningkatkan imunitas, bagus untuk perut dan lambung.

c. Ciplukan

Ciplukan buah kecil yang tertutup kulit mengembung, rasanya manis keasaman, tetapi menagihkan. Ciplukan sudah cukup populer di masyarakat umum.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, khasiatnya dapat kita rasakan. Diantara khasiat-khasiat dari ciplukan adalah membantu menyembuhkan flu dan batuk, kencing manis, paru-paru, dan juga epilesi.

d. Delima

Delima adalah salah satu tanaman obat buah yang memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Buah ini umumnya berwarna merah nyala, ada juga yang berwarna ungu, dan putih.

Dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti rematik, demam, batuk, radang, nyeri, dan mampu menurunkan darah tinggi.

e. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah buah super asam. Namun meskipun asam, banyak yang menyukai buah ini. Entah untuk dijadikan wedang belimbing wuluh, atau untuk membantu membersihkan kuku, atau juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit-penyakit.

Khasiatnya diantaranya yiatu membantu menyembuhkan batuk pilek, demam flu, alergi, infeksi gigitan serangga, gondongan, diabetes, dan lain-lain.

f. Alpukat

Siapa yang tidak mengenal alpukat, jus yang populer dengan buah jus ternikmat ini memiliki banyak khasiat yang bagus. Jika kita membeli jus alpukat, biasanya penjual jus tersebut melampirkan keterangan-keterangan manfaat dari berbagai macam jus buah.

Manfaat jus buah tersebut tentu tidak jauh dari manfaat buahnya. Seperti alpukat yang memiliki khasiat bagus untuk kesehatan kulit, menyehatkan jantung, kaya akan serat, dan masih banyak manfaat lainnya.

g. Srikaya

Selain alpukat, tanaman obat buah lainnya diantaranya yaitu buah srikaya. Buah yang memiliki bentuk agak tidak menarik tersebut memiliki rasa yang nikmat.

Dan, buah tersebut juga memiliki banyak khasiat, seperti membantu mencegah asma, serangan jantung, resiko diabetes, anemia, dan bagus untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

4. Tanaman Obat Akar dan Batang

Tanaman Obat Akar Batang
Sumber Gambar: image-cdn.medkomtek.com

Terakhir adalah jenis tanaman obat akar dan batang. Tanaman memang diciptakan untuk menjadi suatu yang bermanfaat. Mulai dari akarnya, batangnya, buahnya, daunnya, sampai kulit batangnya pun bermanfaat.

Jika di atas sudah disebutkan berbagai manfaat dari daun tanaman, buah tanaman, umbi tanaman, sekarang tinggal menjelaskan macam-macam tanaman yang miliki khasiat di akar dan batangnya.

a. Lidah Buaya

Selama ini banyak orang sudah mengetahui bahwa lidah buaya sangat bagus untuk membantu merawat kecantikan.  Maka jangan heran jika produk-produk kecantikan sekarang sudah banyak yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

Lidah buaya dibagi menjadi dua bagian. Dua bagian tersebut adalah gel dan lateks. Dimana gel adalah daging lidah buaya, sedangkan lateks adalah sel-sel yang terletak di bawah persis kulit lidah buaya.

Manfaat lidah buaya diantaranya adalah bagus untuk membantu masalah pencernaan, membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan mampu membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

b. Kayu Manis

Ini termasuk dalam rempah-rempah asli Indonesia. Umumnya kayu manis dijadikan penyedap rasa makanan. Selain itu aroma dari kayu manis juga sedap.

Dibalik semua itu, kayu manis memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan. Seperti membantu meningkatkan fungsi otak, bagus untuk anti infeksi, menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan masih banyak lagi.

c. Alang-alang

Alang-alang adalah jenis tanaman rumput liar yang mudah tumbuh dimana saja. Bagi kalangan petani, tanaman ini temasuk gulma yang mengganggu petumbuhan tanaman para petani.

Namun, jangan berpikir negatif dulu mengenai alang-alang. Jika kita mau menyelusuri, tanaman ini ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Seperti mampu membantu mengobati prostat, diare, dan masih banyak lagi.

d. Akar Wangi

Akar wangi adalah tanaman jenis rumput, jika dibiarkan, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 1 meter. Batangnya lunak, memiliki ruas, warnanya putih.

Bentuknya pita berujung runcing, dan daun tunggal. Bagian yang dapat bermanfaat adalah akar dan minyak atsirinya. Khasiatnya dapat mengilangkan bau mulut, dan mengobati rematik.

Caranya tidak dengan dimakan, untuk menghilangkan bau mulut buatlah ramuan terbuat dari akar wangi, daun sirih, buah kapulaga, herba pegangan, dan air. Masukan ke dalam air semua bahan, dan gunakan dengan berkumur.

e. Akar Manis

Akar manis dalam bahasa ilmiah disebut dengan licorice. Ini adalah jenis tanaman yang mempunyai cita rasa manis.

Tidak jarang, tanaman ini dijadikan sebagai zat pemanis pada makanan dan minuman. Selain bisa dimanfaatkan sebagai zat pemanis, akar manis juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit tertentu.

Beberapa fakta tentang tanaman ini adalah mampu membantu memperlancar pernapasan, mengatasi nyeri lutut, membantu mengurangi masalah gigi, dan mampu membantu melindungi kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan mengkonsumsi produk-produk yang terdapat kandungan licorice atau akar manis.

Itulah jenis-jenis tanaman obat yang sudah dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit-penyakit. Semoga dengan artikel ini, banyak kalangan milenial jadi lebih tahu tentang macam-macam jenis tanaman obat.

Tinggalkan komentar