Cara dan Syarat Membuat Kartu Kuning Online + Di Disnaker Terbaru

Syarat Membuat Kartu Kuning –  Halo? Selamat datang di nmtchicago.org. Cara dan syarat-syarat membuat kartu kuning online dan di disnaker akan kita bahas di artikel ini dengan singkat dan jelas.

Pedoman tentang bagaimana membuat kartu kuning, baik cara buat kartu kuning online atau melalui Disnaker belum banyak diketahui oleh sebagaian besar orang. Padahal hadirnya kartu ini dapat memudahakn kita dalam mencari pekerjaan.

Mengapa bisa demikian? Setelah membaca tulisan ini, Anda akan mengerti apa itu kartu kuning, seperti apa fungsinya, dan bagaimana cara membuatnya. Oleh karena itu, simaklah secara seksama pembahasan selanjutnya.

Baca Juga artikel tentang arti kedutan mata kiri atas dan bawah.

Apa Itu Kartu Kuning?

Syarat Membuat Kartu Kuning
Sumber: mpssoft.co.id

Kartu kuning atau kartu pencari kerja juga disebut sebagai kartu AK-1. Maksud dari AK-1 yaitu singkatan dari Antar Kerja. Kartu ini bersifa resmi dan dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan yang ada pada tiap-tiap kota dan kabupaten di Indonesia.

 Dengan memilki kartu kuning, Anda dapat melamar kerja ke instansi pemerintahan atau perusahaan yang ada di Indonesia. Namun, banyak yang menganggap jika kartu pencari kerja ini digunakan untuk melamar menjadi pegawai negeri sipil (PNS), padahal lebih dari itu.

Kartu kuning dapat Anda peroleh melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) di daerah Anda. Disnaker ini merupakan satu-satunya penyedia tenaga kerja resmi yang ada di Indonesia. Baik untuk instansi pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia.

Jadi, jika ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, mereka bisa bekerja sama dengan Disnaker untuk mendapatkan sejumlah tenaga kerja.

Ketika Anda mendaftarkan diri untuk membuat kartu kuning, secara otomatis pihak Disnaker sudah merekam informasi data diri Anda.

Termasuk keinginan Anda untuk melamar pekerjaan. Segala informasi yang Anda tuliskan akan terdaftar di database Dinas Ketenagakerjaan.

Jika Anda sudah terdaftar dan memiliki kartu kuning, secara otomatis data Anda sudah tersimpan sebagai daftar pencari kerja. Banyak perusahaan yang meminta informasi tenaga kerja melalui Disnaker.

Bisa jadi, data diri Anda yang tersalurkan sebagai tenaga kerja suatu instansi atau perusahaan. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot untuk mencari pekerjaan.

Namun, bukan berarti Anda terlalu menggantungkan diri ke pihak Disnaker. Anda juga harus mencari pekerjaan melalui cara lain. Bisa jadi sedikit sekali instansi atau perusahaan yang meminta tenaga kerja melalui Disnaker. 

cara membuat kartu kuning dapat dilakukan melalui kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) atau secara online. Namun, Anda bisa mencoba cara buat kartu kuning online agar lebih mudah prosesnya daripada harus datang ke kantor Disnaker. Tentunya Anda juga tidak perlu menunggu antrian yang begitu panjang di kantor.

Syarat Membuat Kartu Kuning

Syarat Membuat Kartu Kuning

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara daftar kartu kuning online atau offline, ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan.

1. Syarat membuat kartu kuning di Disnaker

  1. Ijazah atau fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir. Biasanya, petugas hanya meminta ijazah terakhir saja. Namun, untuk berjaga-jaga Anda juga bisa membawa seluruh ijazah yang Anda miliki.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau SIM yang masih aktif.
  3. Fotocopy akta kelahiran dan kartu keluarga. Fotokopi kedua dokumen tersebut memang jarang ditanyakan oleh petugas Disnaker. Namun, Anda juga dapat membawanya sebagai antisipasi jika memang petugas disnaker meminta akte kelahiran dan kartu keluarga Anda.
  4. Foto berwarna ukuran 3 × 4 sebanyak 2 lembar. Sebaiknya, bawalah foto berwarna dengan background warna merah, karena banyak instansi yang mensyaratkan foto berwarna dengan latar belakang merah. Sebaiknya, juga Anda membawa foto berwarna lebih dari dua, untuk berjaga-jaga jika ada keperluan lainnya.
  5. Fotokopi sertifikat keterampilan (jika ada).
  6. Fotokopi sertifikat surat keterangan pengalaman kerja (jika ada).
  7. Kumpulkan beberapa dokumen tersebut dalam satu map.

2. Syarat membuat kartu kuning Online

Cara daftar kartu kuning online memiliki persyaratan yang hampir sama dengan mendaftar melalui Dinas Ketenagakerjaan. Hanya saja, Anda harus mengunggah foto berukuran 3 × 4 pada saat mengisi data secara online.

Jadi yang membedakan Anda perlu mengunjungi laman resmi Disnaker dan mengunggah dokumen – dokumen yang diperlukan.

Cara Membuat Kartu Kuning di Disnaker dan Online

Cara Membuat Kartu Kuning
Sumber: infopublik.id

Cara membuat kartu kuning dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat secara langsung di Dinas Ketenagakerjaan daerah tempat Anda tinggal atau membuatnya secara online.

Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat kartu kuning.

1. Cara Membuat Kartu Kuning di Disnaker

  1. Datangilah kantor Dinas Ketenagakerjaan di daerah Anda. Kemudian datang ke bagian pembuatan kartu kuning.
  2. Mengisi buku tamu di meja penerima tamu. Pada saat mengisi buku tamu, Anda akan diminta untuk menunjukkan beberapa berkas yang diperlukan.
  3. Petugas akan meminta dokumen – dokumen yang digunakan sebagai persyaratan. Kemudian, serahkan dokumen yang Anda bawa dan tunggu sampai nama Anda dipanggil. Setelah nama Anda dipanggil, segera temui petugas, maka petugas akan menanyakan apa keperluan Anda membuat kartu kuning.
  4. Kemudian petugas akan meminta Anda untuk mengisi data kartu kuning sesuai dengan dokumen yang telah Anda lampirkan. Tempelkan foto yang sudah Anda bawa, kemudian tanda tangani kartu kuning pada bagian yang sudah ditentukan.
  5. Setelah itu, petugas akan mengecek kembali data yang sudah Anda tuliskan, sebelum akhirnya diberi tanda tangan dan stempel.
  6. Fotocopy kartu kuning sejumlah yang Anda perlukan untuk proses legalisir.
  7. Kartu kuning sudah dibuat, dan dapat Anda gunakan untuk melamar pekerjaan.

2. Cara Membuat Kartu Kuning Online

Membuat kartu kuning juga dapat dilakukan secara online. Berikut langkah – langkah cara daftar kartu kuning online.

  1. Masuklah ke alamat web resmi Dinas Ketenagakerjaan di http://infokerja.naker.go.id/ kemudian carilah menu daftar.
  2. Masukkan alamat e-mail, nomor ponsel, dan kata sandi. Pastikan alamat e-mail dan nomor telepon yang Anda masukkan masih aktif. 
  3. Isilah setiap kolom yang tersedia dengan sebenar-benarnya. Biasanya terdiri dari 5 kolom, yaitu Akun, Data Diri, Pekerjaan, Keterampilan, dan Pendidikan atau  Keahlian.
  4. Mengunggah foto pada kolom akun. Gunakan foto resmi dengan background warna merah atau biru.
  5. Pada kolom pekerjaan, isilah tentang pekerjaan yang ingin Anda peroleh. Biasanya akan diminta untuk mengisi apakah ingin bekerja di luar negeri atau di dalam negeri, jabatan yang diminati, dan jumlah gaji yang diinginkan.
  6. Pada kolom keterampilan, Anda dapat mengisi jenis kemampuan yang Anda miliki seperti desain, fotografi, editing video, dan lain-lain.
  7. Pada kolom pendidikan, isi dengan detail jenjang pendidikan yang sudah Anda tempuh.
  8. Klik “Simpan” jika semua data isian sudah terpenuhi. Data yang sudah Anda masukkan sudah terekam di database Dinas Ketenagakerjaan.

Jika sudah berhasil menggunakan cara daftar kartu kuning online, Anda harus menerbitkan kartu kuning Anda. Karena pendaftaran secara online hanya mengisi informasi data diri Anda tanpa mendapatkan kartu kuning secara fisik. Jadi, Anda harus tetap datang ke Disnaker untuk mencetak dan melegalisir kartu kuning Anda.

Pada saat mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan, jangan lupa untuk tetap membawa persyaratan yang sudah ditentukan seperti ijazah, KTP, foto, dan berkas-berkas lainnya.

Hal tersebut untuk memudahkan petugas saat mencocokkan apakah data yang Anda masukkan secara online sesuai dengan aslinya atau tidak.

Kemudian, petugas akan memberikan cetakan kartu kuning Anda. Jangan lupa untuk membuat salinannya sejumlah yang Anda butuhkan. Kemudian mintalah legalisir kepada petugas Disnaker.

Berapa Biaya untuk Membuat Kartu Kuning?

Biaya Membuat Kartu Kuning
Sumber: ujiansma.com

Untuk membuat kartu kuning, Anda tidak perlu membayar biaya administrasinya karena kartu kuning disediakan secara gratis bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Namun, Anda tetap harus mempersiapkan biaya untuk fotocopy dokumen dan cetakan kartu kuning, foto berwarna, dan pencetakan berkas lain yang diperlukan.

Setelah mendapatkan kartu kuning, data diri Anda sudah masuk ke dalam data Disnaker. Jadi ketika ada perusahaan mencari tenaga kerja, pihak disnaker dapat mengajukan nama Anda untuk dimasukkan ke dalam daftar calon tenaga kerja.

Apabila lolos seleksi, Anda akan mendapatkan panggilan untuk selanjutnya menjalani wawancara dengan pihak dinas.

Anda akan diberikan penjelasan tentang perusahaan yang ingin merekrut Anda. Kartu kuning ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Apa Saja Fungsi dari Kartu Kuning?

Fungsi Kartu Kuning
Sumber: soc-phoenix.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Selanjutnya, Anda harus tahu fungsi dari kartu kuning sebelum mencoba cara daftar kartu kuning online atau melalui Disnaker.

Secara umum fungsi kartu kuning atau kartu pencari kerja tidak lain adalah untuk memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan mereka.

Selain itu, juga dapat memudahkan perusahaan atau instansi yang mencari tenaga kerja agar memperoleh tenaga kerja dengan cepat. Ini tentunya karena data Anda sudah ter-input ke database Disnaker.

Namun, fungsi utama dari kartu kuning adalah untuk memudahkan Dinas Ketenagakerjaan untuk mendata jumlah pencari kerja yang ada di suatu daerah.

Selain itu, Disnaker juga bisa mengetahui warga negara Indonesia yang belum memiliki pekerjaan, sehingga mereka berupaya untuk mendapatkan kartu tenaga kerja,

Kesalahan yang dilakukan sebagain orang yaitu menganggap bahwa kartu kuning ini adalah persyaratan untuk melamar kerja di kantor pemerintahan saja.

Atau beberapa orang mungkin hanya menggunakannya untuk mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Memiliki kartu kuning bukan merupakan syarat utama agar Anda dapat melamar pekerjaan. Anda masih bisa melamar kerja tanpa menggunakan kartu kuning, namun secara mandiri.

Artinya, Anda harus mencari pekerjaan dengan usaha Anda sendiri. Namun, Anda harus memiliki kartu kuning apabila instansi atau perusahaan yang Anda lamar menjadikan kartu kuning sebagai syarat utamanya.

Sementara itu, ketika Anda mendaftar di Disnaker, Anda akan diminta menyerahkan berkas seperti Surat Ketetangan Catatan Kepolisian (SKCK), ijazah, serta Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).

Data tersebut akan masuk ke dalam database Disnaker, dan akan dikelompokkan berdasarkan pendidikan dan keahlian.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kartu Kuning

Cara Membuat Kartu Kuning
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Pada pembahasan di atas Anda sudah dijelaskan mengenai cara daftar kartu kuning online dan dengan datang ke Dinas Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat pembuatan kartu kuning, yakni sebagai berikut.

1. Ukuran Maksimal Unggah Foto Yakni 100 kb

Pada saat melakukan pendaftaran secara online, Anda akan diminta untuk mengunggah foto berukuran 3 × 4. Nah, pada saat menggunggah pastikan ukuran foto tidak melebihi 100 kb. Jika, melebihinya foto Anda tidak dapat terunggah. 

2. Kartu Kuning Memiliki Jangka Waktu

Sifat dari penggunaan kartu kuning yakni berbatas waktu. Artinya, kartu kuning memiliki masa berlaku. Jadi, Anda harus memperpanjang masa berlaku kartu kuning apabila sudah melampaui batas waktu berlaku. Masa berlaku kartu kuning yakni 2 tahun.

3. Pembuatan Kartu Tanpa Biaya

Hati-hati dengan petugas disnaker yang meminta sejumlah uang kepada Anda pada saat proses pembuatan kartu kuning. Kartu kuning dibuat secara gratis, atau tanpa biaya. Jika terjadi demikian, Anda dapat melaporkan petugas kepada atasannya. 

Begitulah cara membuat kartu kuning untuk melamar pekerjaan. Anda dapat mencoba cara daftar kartu kuning online, atau bisa juga melalui petugas Disnaker.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi cara dan syarat membuat kartu kuning online ataupun di disnaker. Mencari pekerjaan memang bukan hal mudah, namun jangan selesaikan langkah Anda di tengah perjalanan.

Tinggalkan komentar