Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Pidato singkat tentang pendidikan memang sangat berguna baik bagi kita yang masih berstatus sebagai pelajar atau sebagai mahasiswa. Hal ini karena pidato singkat tentang pendidikan banyak dijadikan sebagai tugas tambahan di sekolah.

Meskipun contoh teks pidato hanya disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun di dalam penyampaiannya tetap harus memperhatikan mimik/ekspresi wajah, intonasi suara serta memperlihatkan tingkah laku yang baik.

Ketika orang lain memperhatikan seseorang yang sedang berpidato maka mereka tidak hanya mendengarkan suaranya saja, namun juga memperhatikan ekspresi wajah serta gerak-gerik tubuhnya.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Terdapat banyak contoh pidato singkat tentang pendidikan yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi kita yang sedang membutuhkannya. Berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat yang berhubungan dengan pendidikan.

Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter

Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Sumber Gambar: syahrulanam.com

Karakter adalah salah satu sikap yang dapat dikatakan sebagai identitas suatu negara. Pendidikan berkarakter selalu ditekankan oleh orang yang melakukan pidato, seperti misalnya oleh pejabat negara. Berikut ini merupakan contoh pidato singkat tentang pendidikan berkarakter.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan begitu banyak karunia dan nikmat kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini.

Sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita manusia paling sempurna Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai budi pekerti, akhlak yang mulia dan dari agama yang luhur ini hingga sampai pada zaman dimana kita hidup.

Hadirin sekalian,

Bangsa kita saat ini tengah menghadapi persoalan yang cukup serius, yaitu tentang menurunnya moral di kalangan para remaja. Saat ini, begitu banyak remaja yang telah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis serta kehidupan yang mengabaikan nilai dan norma dalam berperilaku dalam lingkungan masyarakat.

Ini dikuatkan dari bukti data yang dirilis oleh beberapa lembaga, bahwa saat ini sekitar 65% para remaja telah melakukan hubungan seks bebas! Lebih mencengangkan, saat ini banyak ditemui remaja yang melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis!

Diluar daripada itu, Badan Nasional Narkotika (BNN) mengeluarkan data yang sangat mengagetkan, bahwa penggunaan narkoba dari kalangan remaja mencapai 79% pada tahun 2015.

Tentunya angka ini naik drastis sekitar 20% dari tahun sebelumnya. Selain itu, mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban jiwa yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.

Hadirin sekalian,

Berdasarkan data-data tersebut sudah cukup membuktikan tentang keadaan saat ini. Pertanyaannya, dimanakah peran pendidikan di sekolah, guru dan orang tua?

Mengapa saat ini para remaja banyak yang terjerumus ke dalam lingkaran negatif yang bertolak belakang dengan kebudayaan kita sebagai negara timur?

Setelah dikaji secara mendalam, ternyata saat ini para pemuda telah kehilangan jiwa karakternya sebagai bangsa Indonesia. Ini disebabkan karena lemahnya pendidikan berkarakter baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar rumah.

Selain itu, pendidikan di sekolah harus di ubah agar tidak hanya mengutamakan pendidikan yang bertujuan untuk mengejar nilai namun juga menjadikan agar para siswa mendapatkan karakter dan nilai budi pekerti yang baik.

Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Maka dari itu, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan pendidikan budi pekerti di sekolah.

Cukup sekian pidato singkat kali ini mengenai pendidikan berkarakter, semoga kita dapat mengembalikan jati diri kita sebagai bangsa yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur.

Saya pribadi memohon maaf jika terdapat tutur kata yang kurang baik dan kurang sopan, terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air

Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Sumber Gambar: news.detik.com

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki begitu banyak keragaman budaya yang berbeda-beda yang harus kita jaga bersama-sama. Mencintai tanah air juga tidak sebatas dalam ucapan saja, melainkan juga dibuktikan dengan tingkah laku dan etika. Berikut ini adalah contoh pidato singkat tentang tanah air.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur marilah kita ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga saat ini kita dapat berkumpul dalam keadaan tidak kurang suatu apapun.

Sebagai bangsa yang baik, kita wajib untuk cinta terhadap tanah air. Selain itu, kita juga harus bersyukur atas kekayaan yang telah Allah SWT berikan kepada negara kita tercinta ini.

Cinta terhadap tanah air dapat kita lakukan dengan cara menggunakan produk-produk dalam negeri. Dengan kita menggunakan produk dalam negeri, itu tandanya kita sama saja mendukung perekonomian Indonesia, itu sama saja kita menghargai apa yang telah negara berikan kepada kita.

Indonesia juga memiliki begitu banyak budaya yang sangat beragam. Hampir di tiap-tiap daerahnya memiliki kebudayaan sendiri-sendiri yang menggambarkan ciri khas daerahnya masing-masing.

Kita harus mengenalkan budaya asli Indonesia kepada anak-anak kita sedari masih kecil agar terus berkelanjutan hingga ke masa yang akan datang.

Karena tanpa budaya, Indonesia sama halnya dengan negara lain. Tanpa budaya, Indonesia tidak terkenal seperti sekarang ini.

Maka, dengan kita menggunakan produk-produk asli Indonesia, itu sama halnya dengan kita menghargai budaya-budaya yang telah nenek moyang wariskan kepada kita.

Tidak bijak jika dalam bertutur kata terlalu panjang dan Saya pribadi meminta maaf jika salah dalam bertutur kata. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Pidato SIngkat Tentang Pendidikan
Sumber Gambar: www.infokekinian.com

Berbicara tentang pendidikan maka memiliki cakupan yang sangat luas, salah satunya adalah tentang kesehatan. Nah, dibawah ini merupakan contoh pidato singkat tentang kesehatan.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sehat!

Pertama dan yang paling utama, mari kita sama-sama bersyukur atas nikmat kesehatan, nikmat kesempatan dan nikmat-nikmat lainnya yang telah Allah SWT berikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul bersama di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang tidak ternilai harganya. Apalagi saat ini dimana wabah virus Covid-19 sedang merajalela di berbagai belahan dunia bahkan saat ini telah sampai di negara kita ini, negara Indonesia.

Saking bahaya dan cepatnya penularan Covid-19, hingga ditetapkannya virus ini menjadi bencana non alam yang menjadi tanggungjawab langsung oleh pemerintah, mengingat untuk menyembuhkan virus Corona ini memerlukan penanganan khusus dan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, dengan menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang mutlak dan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap masyarakat.

Jika kesehatan tetap terjaga dengan baik, maka kita pun dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dimana rakyatnya memiliki tingkat kesehatan yang tinggi. Jika semua warga negaranya sehat, maka negara pun akan menjadi lebih kuat dan begitu pula sebaliknya.

Kita dapat menjaga kesehatan dimulai diri kita sendiri dengan cara yang sederhana. Seperti misalnya bangun pada waktu pagi, olahraga idealnya dua kali dalam seminggu, makan-makanan yang bergizi dan kurangi begadang sampai malam.

Kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita, mulai dari kamar tidur, rumah dan lingkungan sekitar sehingga dapat meminimalisir munculnya sumber penyakit baru.

Mulailah hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri tanpa harus menunggu esok hari, tetapi harus dimulai dari sekarang juga!

Demikian pidato singkat dengan tema kesehatan yang dapat Saya saya sampaikan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam bertutur kata. Sekian dan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa contoh pidato singkat tentang pendidikan yang baik dan benar yang dapat dijadikan referensi bagi kita yang saat ini sedang membutuhkan. Terimakasih.