Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik – Sel merupakan unit dasar atau struktur terkecil penyusun makhluk hidup. Berdasarkan ada atau tidaknya membran inti, terdapat perbedaan antara sel prokariotik dan eukariotik.

Sel prokariotik merupakan kelompok sel yang tidak memiliki membran inti dan sistem endomembran. Sedangkan sel eukariotik berisi kelompok sel yang mempunyai/memiliki membran inti dan juga sistem endomembran.

Salah satu contoh makhluk hidup yang termasuk ke dalam kelompok prokariotik adalah bakteri. Sedangkan beberapa contoh makhluk hidup yang termasuk ke dalam kelompok eukariotik adalah amoeba, alga, jamur, hewan dan tanaman dan termasuk juga di dalamnya adalah manusia.

Baca Juga : Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Meski tergabung ke dalam dua jenis sel yang berbeda, namun diantara keduanya masih memiliki kesamaan. Adapun kesamaan yang terdapat pada sel prokariotik dan eukariotik adalah terletak pada materi genetik sebagai alat untuk pewarisan sifat meskipun bentuknya berbeda.

Lantas seperti apa perbedaan sel prokariotik dan eukariotik sehingga membuat makhluk hidup dapat ter kelompok menjadi dua jenis sel yang berbeda? Berikut penjelasan selengkapnya.

Sel Prokariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Sel prokariotik adalah kelompok organisme yang dimana inti selnya bersifat prokariotik. Maksudnya adalah organisme tersebut belum memiliki membran inti (kariotika).

Anggota kelompok prokariotik kebanyakan bersifat uniseluler dan mikrokopis. Karakteristik sel prokariotik ini terletak pada tidak adanya nukleus yang merupakan bagian sel yang berperan sebagai pewaris sifat.

Sementara itu, materi genetik pada sel prokariotik ini terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut dengan nukleoid.

Inti sel yang terdapat pada prokariotik hanya berupa satu molekul AND (sejenis DNA). Perbedaan nukleus dan juga nukleoid terdapat pada membran pemisah dimana nukleus memiliki membran pemisah sedangkan nukleoid tidak memiliki membran yang memisahkan daerah sel dengan bagian sel lainnya.

Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik
Sumber Gambar: assets-a1.kompasiana.com

Kelompok sel eukariotik mencakup fungsi, protista, hewan, tumbuhan, dan termasuk juga di dalamnya manusia. Dengan demikian, anggota makhluk hidup yang tergolong ke dalam sel eukariotik sudah pasti lebih banyak dari sel prokariotik.

Sel eukariotik ini memiliki nukleus sejati yang dibungkus oleh selubung nukleus dimana seluruh daerah diantara nukleus dan juga membran ada yang membatasi sel yang disebut sitoplasma.

Selain itu, susunan organel-organel sel yang terdapat pada sel eukariotik juga terlihat lebih baik daripada sel prokariotik.

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Setelah kita membahas mengenai bagian dalam sel prokariotik dan eukariotik yang berupa organel-organel sel seperti pada pembahasan diatas, apakah kita dapat melihat sebagian organel yang mempunyai bentuk dan fungsi terspesialisasi tidak ditemukan pada prokariotik?

Organisasi seluler genetik prokariota tentunya berbeda secara mendasar dari organisme eukariota. Prokariota sendiri memiliki genom yang lebih sederhana dan lebih kecil. Sebagai perbandingan, kelompok prokariota memiliki genom sepertsribu DNA eukariota.

Seperti misalnya pada bentuk flagel, flagel pada eukariotik berukuran lebih lebar daripada prokariotik. Flagel prokariotika memiliki perbandingan sepersepuluh dari flagel eukariotik.

Membran prokariota ini telah mengalami spesialisasi yang menjadikan adanya lipatan-lipatan ke arah dalam yang diakibatkan oleh membran plasma hasil sisa krista-krista mitokondria yang berfungsi dalam respirasi seluler prokariota aerobik.

Genom prokariotik hanyalah sebuah molekul DNA cincin untai ganda. Berbeda dengan eukarotik yang memiliki molekul DNA linear yang berasosiasi dengan protein. Genom sendiri merupakan keseluruhan informasi genetik yang dimiliki oleh suatu sel organisme.

Untuk lebih mengetahui perbedaan antara sel prokariotik dan eukariotik, maka perhatikan tabel dibawah ini.

Tabel Perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukariotik
No
Faktor Pembanding
Sel Prokariotik
Sel Eukariotik
1
Tempat terdapatnya
Bakteri dan Cyanobacter
Makhluk hidup bersel satu atau bersel banyak
2
Ukuran sel
Umumnya kecil (0,1 – 1µm)
Umumnya lebih besar dari pada sel prokariotik
3
Kapsul dan pilus
Ada
Ada/tidak ada
4
Nukleus
Tidak ada
Ada
5
Pembelahan sel
Amitosis
Amitosis, Mitosis, Meiosis
6
Fiksasi Nitrogen
Beberapa jenis dapat melakukannya
Tidak dapat melakukannya
7
Sitoplasma
Tidak terdapat sitoskeleton
Terdapat sitoskeleton
8
DNA
Berbentuk sirkuler, tanpa bungkus, dan tanpa protein histon
Berbentuk X atau V, terbungkus, dan ada histon
9
Organel
Tidak memiliki organel yang dilapisi oleh suatu membran rangkap
Organel-organel dilapisi oleh suatu membran rangkap

Itulah pembahasan mengenai perbedaan sel prokariotik dan eukariotik lengkap dengan tabel perbedaannya. Semoga dapat menambah wawasan dan membantu kita untuk lebih memahami terkait materi yang telah dibahas bersama-sama.