Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS – Yamaha merupakan salah satu pabrikan otomotif yang sukses dengan berbagai ragam produk sepeda motor yang mereka produksi.

Hampir semua tipe dan seri yang mereka rilis berhasil membius hampir di seluruh kalangan masyarakat di berbagai belahan dunia tanpa terkecuali di Indonesia.

Salah satu model sepeda motor matic yang mereka produksi adalah NMAX. Bahkan saking populernya NMAX ini, pada tahun 2018, Yamaha NMAX berhasil meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementrian Perdagangan.

Baca Juga : Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
Sumber Gambar: www.yamaha-motor.co.id

Pada awal kemunculannya, Yamaha hanya memproduksi NMAX yang dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System). Teknologi ini membuat motor menjadi semakin aman dan juga stabil ketika pengereman.

Namun, baru-baru ini Yamaha mengeluarkan varian baru, yaitu Yamaha NMAX Non ABS yang memiliki harga lebih terjangkau dari seri sebelumnya. Lalu apa saja perbedaan antara Yamaha NMAX yang menggunakan teknologi ABS dan tidak menggunakan teknologi ABS? Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Desain dan Bodi

Perbedaan NMAX ABS dan Non ABS
Sumber Gambar: www.pojokoto.com

Untuk mengetahui perbedaan NMAX yang menggunakan teknologi ABS dan yang tidak menggunakan teknologi ABS, kita dapat melihat dari segi desain dan bodi fisiknya.

Jika dilihat secara sekilas, keduanya memiliki fisik yang tidak jauh berbeda. Namun jika diperhatikan dengan seksama, maka akan terlihat perbedaannya.

Perbedaan ini terletak di beberapa komponen kecil yang terletak pada aksesoris bodinya, seperti stiker ABS dan juga indikator ABS yang terdapat pada speedometer yang tentunya telah ditiadakan untuk yang versi non-ABS.

  • Perbandingan Performa

Perbedaan selanjutnya daripada Yamaha NMAX ABS dan Non ABS akan terasa bagi para penggunanya adalah terletak pada performa yang ditawarkan. Meskipun keduanya sama-sama dilengkapi dengan mesin Bluecore yang berkapasitas 155 cc yang membawa silinder tunggal berpendingin cairan.

Tetapi faktanya, performa yang ditawarkan diantara keduanya sedikit berbeda. Perbedaan disini mungkin tidak akan kami tulis akan tetapi bagi Anda yang menggunakannya akan dapat merasakan perbedaannya.

Dengan berbekal mesin tersebut, salah satu motor NMAX Yamaha ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 11,1 kW/8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 14,4 nm/6.000 rpm.

Meskipun harga keduanya masih terbilang cukup mahal, namun kedua tipe seri NMAX ini sama-sama sudah dilengkapi dengan sistem bahan bakar Fuel Injection yang mampu membuat penggunaan bahan bakan menjadi jauh lebih irit.

  • Sistem Pengereman

Perbedaan NMAX ABS dan NON ABS
Sumber Gambar: i0.wp.com/beritamotor.ne

Perbedaan utama antara Yamaha NMAX ABS dan Non ABS adalah terletak pada sistem Anti-lock Braking System (ABS). Teknologi ini merupakan teknologi keamanan yang umumnya dipasang pada pesawat, mobil, dan motor besar.

Teknologi pengereman ini cukup penting apalagi ketika kondisi di Indonesia sedang dalam musim penghujan sehingga memungkinkan bagi penggunanya untuk mengerem lebih cepat dan lebih aman terutama ketika kondisi jalanan licin.

Untuk Yamaha NMAX Non ABS, teknologi ABS ini dihilangkan sehingga komponen-komponen seperti hidraulik ABS, ECU ke ABS. dan juga indikator ABS yang terletak di speedometer ditiadakan. Dengan tiadanya teknologi ABS ini, maka berat dari NMAX seri ini pun menjadi berkurang 1 kg.

  • Harga dan Spesifikasi

Sepeda motor Yamaha NMAX ABS dijual dengan harga sekitar Rp. 30,6 juta, sedangkan untuk Yamaha NMAX Non ABS dijual lebih murah yaitu berkisar antara Rp. 27,9 juta.

Adapun spesifikasi lengkap Yamaha NMAX ABS dan Non ABS dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini:

 

Meski terdapat perbedaan antara Yamaha NMAX ABS dan Non ABS, tidak membuat orang yang tertarik pada motor ini akan berpindah ke lain hati. Hal ini karena nama Yamaha yang sudah cukup besar di berbagai negara sehingga menjadikan siapapun yang menggunakan sepeda motor berlogo garpu tala ini akan semakin percaya diri.

Itulah informasi lengkap mengenai perbedaan NMAX ABS dan Non ABS yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang saat ini ingin membelinya namun bingung mau memilih model yang mana.