Perbedaan Lada dan Merica

Perbedaan Lada dan Merica – Sahabat @PakTani11, apa perbedaan dari lada dengan merica? Rempah-rempah bumbu dapur yang sudah populer di kalangan ibu rumah tangga. Yuk cari jawabannya di pembahasan ini.

Berbicara tentang rempah, Indonesia merupakan gudangnya rempah-rempah. Berbagai manfaat rempah ini salah satunya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan. Dari sekian banyaknya rempah yang dijadikan sebagai bumbu masak, kadangkala kita tidak bisa membedakan antara perbedaan lada dan merica dan juga ketumbar.

Dengan mengetahui perbedaan bumbu yang satu dengan bumbu lainnya merupakan salah satu faktor utama yang dapat menjadikan makanan yang kita olah memiliki citarasa yang nikmat.

Lantas, apa perbedaan lada dan merica dan juga ketumbar? Karena jika kita lihat secara sekilas, kedua rempah atau bumbu dapur ini memiliki bentuk yang hampir sama. Meskipun kedua bumbu ini nyaris sama, namun kedua bumbu ini memiliki rasa dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan Lada dan Merica

Perbedaan Lada dan merica
Sumber Gambar: hargabulanini.com

Lada atau merica merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia. Seperti minyak lemak, minyak lada, dan pati. Tanaman ini mempunyai nama latin Piper Albi Linn. Cek juga manfaat merica untuk kesehatan.

Rempah yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak komoditas perdagangan dunia. Lebih dari 80% hasil lada Indonesia ini diekspor keluar negeri.

Selain menjadi komoditas perdagangan dunia, lada mempunyai sebutan The King of Spice atau Raja Rempah-Rempah dimana kebutuhan dunia akan lada pada tahun 2000 mencapai 280.000 ton.

Tanaman yang satu ini pada umumnya berkembang biak dengan biji, namun banyak petani yang membudidayakannya dengan cara penyetekan.

Merica merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk bulat dengan tekstur sedikit keras. Rempah ini memiliki warna hitam atau putih serta aromanya yang cukup menyengat. Lada atau merica ini memiliki rasa yang cukup pedas.

Bumbu dapur ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan misalnya sop, tumis dan berbagai masakan lainnya. Ketika sudah dihaluskan menjadi bubuk, merica disebut dengan lada.

Kesimpulannya adalah merica atau pun lada merupakan bumbu dapur yang sama. Perbedaan diantara keduanya yaitu merica adalah bumbu yang masih utuh berupa butiran-butiran merica sedangkan lada adalah merica yang sudah dihaluskan menjadi bubuk.

Ketumbar

Perbedaan Merica dan Ketumbar
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Ketumbar atau Coriandrum sativum merupakan bumbu masak yang tergolong kedalam rempah-rempah yang memiliki ciri-ciri berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan.

Jika dibandingkan dengan merica, ketumbar memiliki butiran lebih kecil serta bertekstur lebih lembut dan juga mudah retak karena bagian tengahnya kopong atau kosong.

Biasanya ketumbar digunakan sebagai bumbu masakan ringan misalnya tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, ikan goreng atau masakan lainnya. Selain dijadikan bumbu masakan ringan, ketumbar juga digunakan sebagai penguat rasa dalam masakan.

Aroma yang keluar dari ketumbar ini terbilang cukup ringan namun khas. Aroma pada ketumbar ini disebabkan oleh komponen kimia yang terdapat didalam minyak atsiri ketumbar.

Komponen utama pada minyak atsiri ketumbar ini adalah linalool serta didukung oleh komponen lainnya seperti geraniol, geranil asetat dan juga camphor. Rasa ketumbar ini tidak sepedas rasa merica atau lada.

Cara Mengolah Merica dan Ketumbar

Cara Mengolah Merica dan Ketumbar
Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

Kedua rempah ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau pun di pasar modern. Kita dapat menemukan rempah ini di pasaran baik dalam keadaan masih berupa butiran-butiran atau sudah diolah menjadi bubuk halus.

Sebenarnya cara mengolah merica dan ketumbar dapat dikatakan sama. Untuk menjadi bubuk, kita dapat menumbuk atau menggerus rempah ini untuk dicampurkan dengan bumbu dapur lainnya.

Namun untuk ketumbar, sebelum ditumbuk, sebaiknya ketumbar di sangrai terlebih dahulu sampai harum dan berubah warna menjadi coklat.

Cara Menyimpan

Cara Menyimpan Merica dan Ketumbar
Sumber Gambar: sukamasak.com

Lada dan merica dapat disimpan dalam toples atau wadah kedap udara. Letakkan di suhu ruangan serta jauhkan dari sinar matahari. Ketumbar sebaiknya di sangrai terlebih dahulu sampai coklat. Hal ini bertujuan supaya ketumbar lebih awet dan tidak mudah membusuk.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan lada dan merica dan juga ketumbar. Mulai sekarang, jangan sampai salah untuk membedakan kedua bumbu dapur yang telah kita bahas ini.

Tinggalkan komentar