Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Jika dilihat secara sekilas, hampir tidak ada perbedaan ikan mujair dan nila. Terlebih lagi bagi kita yang sebelumnya tidak pernah berkecimpung di dunia perikanan.

Adapun diantara keduanya merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi karena memiliki tekstur daging yang sangat lembut.

Kedua jenis ikan tersebut juga tergolong ke dalam ikan yang sangat mudah dibudidayakan karena memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik terhadap lingkungan yang baru.

Baca juga seputar pengetahuan menarik lainnya di nmtchicago.org

Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
Sumber Gambar: i2.wp.com/hewanpedia.com

Di pasaran, harga jenis ikan nila dan mujair pun terbilang cukup terjangkau sehingga sangat banyak peminatnya. Oleh sebab itu, dengan membudidayakan ikan nila atau mujair ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Namun, jika kita ingin mencoba untuk membudidayakan kedua jenis ikan ini, maka sebelumnya kita harus mengetahui perbedaan ikan nila dan mujair.

Hal ini karena meskipun keduanya terlihat sangat mirip, namun jika diamati dengan seksama, maka akan terlihat jelas perbedaannya.

Nah, agar kita lebih mengetahui mengenai perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair, maka kita dapat melihat ciri-ciri diantara keduanya. Berikut ini adalah cara mengetahui perbedaan ikan nila dan mujair jika dilihat dari ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Ikan Nila

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
Sumber Gambar: medialampung.co.id

Untuk lebih mengetahui mengenai ciri-ciri yang dimiliki oleh ikan nila, maka perhatikan penjelasan selengkapnya dibawah ini:

  • Ikan nila memiliki ukuran tubuh yang terlihat lebih besar, lebih lebar dan lebih bulat jika dibandingkan dengan ikan mujair.
  • Memiliki bentuk mulut kecil tidak lebih besar dari mulut ikan mujair.
  • Pada bagian pipi atau wajahnya tidak bertotol.
  • Bentuk matanya terlihat lebih besar daripada ikan mujair.
  • Memiliki sirip punggung yang lebih panjang dimana tulang siripnya terlihat jelas dan tajam.
  • Selain itu, ikan nila memiliki sirip belakang yang terdapat motif garis-garis memotong tulang siripnya.
  • Sedangkan di bagian sirip bawahnya berbentuk pendek namun melebar.
  • Ciri terakhir yang dimiliki oleh ikan nila adalah memiliki ekor yang terdapat motif garis-garis memotong tulang ekornya.

Ciri-Ciri Ikan Mujair

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
Sumber Gambar: arenahewan.com

Setelah mengetahui ciri-ciri ikan nila, selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri ikan mujair. Ini bertujuan agar kita dapat lebih mudah untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya. Beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh ikan mujair adalah:

  • Ikan mujair memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada ikan nila. Meskipun ukuran tubuhnya terlihat lebih kecil, namun ikan mujair memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Ini berbeda dengan ikan nila yang memiliki bentuk tubuh lebar dan bulat.
  • Meskipun memiliki ukuran tubuh lebih kecil, akan tetapi ikan mujair memiliki bentuk mulut lebih besar daripada ikan nila.
  • Di bagian wajahnya terlihat bertotol.
  • Sedangkan bola matanya lebih kecil daripada ikan nila.
  • Ikan mujair memiliki sirip punggung yang lebih pendek dimana ujung siripnya berwarna kemerahan.
  • Selain itu, pada bagian sirip belakang ikan mujair tidak memiliki motif garis-garis.
  • Sirip bagian bawah terlihat lebih lonjong dan berwarna hitam.
  • Pada bagian ekornya berwarna hitam namun tidak terdapat motif garis-garis.

Secara umum, ikan nila dan ikan mujair dapat kita bedakan dengan mudah yaitu dengan melihat ukuran tubuhnya dan warna atau motif garis-garis yang terdapat pada tubuh kedua jenis ikan yang ini.

Dengan kita memperhatikan secara lebih teliti mengenai perbedaan diantara keduanya, maka pasti kita tidak akan merasa kesulitan lagi untuk mengetahui perbedaan ikan nila dan mujair. Sehingga kita dapat memastikan bahwa diantara keduanya memang merupakan jenis ikan yang berbeda.