Perbedaan Antara Gema dan Gaung Terletak Pada

Sebenarnya perbedaan antara gema dan gaung terletak pada apa? Ini terdapat di dalam pelajaran Fisika, dimana salah satu babnya ada yang membahas mengenai getaran dan juga gelombang suara.

Di dalam bab ini pasti akan muncul 2 istilah yang berkaitan dengan perabotan gelombang suara, yaitu gema dan gaung.

Gema dan gaung sebenarnya sering terjadi pada kehidupan manusia, seperti contohnya ketika seseorang berteriak di goa atau perbukitan. Lantas sebenarnya perbedaan antara gema dan gaung terletak pada apa? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Penjelasan Mengenai Perbedaan Antara Gema dan Gaung Terletak Pada Apa

Perbedaan Antara Gema dan Gaung Terletak Pada
Sumber Gambar: pahamify.com

Terdapat beberapa cara untuk membuktikan perbedaan antara gema dan gaung terletak pada apa, berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan gema dan gaung:

  • Jarak Sumber Suara dengan Penghalang

Perbedaan antara gema dan gaung dapat dilihat dari jarak sumber suara dengan penghalangnya. Gema ini memiliki jarak sumber suara yang cukup jauh dengan penghalang gelombangnya.

Seperti misalnya tempat yang mempunyai penghalang gelombang dengan jarak yang jauh adalah perbukitan. Jika seseorang berada di daerah perbukitan, teriakan tersebut akan menghasilkan gema yang bisa di dengar dengan jelas.

Adapun untuk gaung, jarak sumber suaranya dekat dengan penghalang gelombangnya. Jadi ketika seseorang berteriak di ruangan yang sempit, maka suara pantulannya disebut gaung.

  • Datangnya Bunyi Pantul

Perbedaan gema dan gaung juga dapat dilihat dari datang atau pun terdengarnya bunyi pantul. Gema akan dapat terdengar ketika suara asli atau sumber suara selesai di ucapkan atau diteriakan yang menjadikannya terdapat 2 nada suara yang dapat di dengar dengan jelas.

Sedangkan gaung akan terdengar ketika sumber suara atau suara aslinya belum selesai diteriakan. Sehingga suara asli atau pantulannya akan bercampur serta terdengar bersamaan. Hal inilah yang akan membuat suara aslinya akan terdengar kurang jelas.

  • Bunyi yang Terdengar

Antara gema dan gaung sama-sama menghasilkan suara pantulan. Akan tetapi, suara yang dihasilkan keduanya jelas sangat berbeda. Suara dari gema dapat terdengar dengan jelas karena suara pantulan akan datang ketika suara asli selesai diucapkan.

Jadi nantinya akan terdapat 2 suara yang bisa di dengar dengan jelas. Ketika seseorang berteriak di suatu tempat dimana terdapat penghalang gelombang yang berjarak jauh, maka orang tersebut akan dapat mendengar 2 bunyi teriakan dengan jelas.

Suara gaung juga dapat terdengar namun berbeda dengan suara gema. Suara gaung ini akan terdengar kurang jelas dikarenakan datangnya gaung ketika sumber suara atau suara asli belum selesai diucapkan.

  • Kecepatan Pantulan Suara

Kecepatan pantulan suara yang dihasilkan oleh gema dan gaung pun juga berbeda. Gema memiliki kecepatan pantulan suara yang lambat. Hal ini karena jarak antara penghalang gelombang dengan sumber suara terpaut sangat jauh sehingga gema akan terdengar ketika seseorang sudah selesai berteriak.

Berbanding terbalik dengan gaung. Gaung memiliki kecepatan pantulan suara yang tinggi. Ini karena letak penghalang gelombang dengan sumber suara cukup dekat.

  • Manfaat

Perbedaan Antara Gema dan Gaung Terletak Pada
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Cara terakhir untuk mengetahui perbedaan antara gema dan gaung adalah dengan melihat daripada manfaatnya. Salah satu manfaat luar biasa dari gema adalah untuk mengukur kedalaman laut.

Penggunaan gema untuk mengetahui kedalaman laut adalah dengan menggunakan prinsip kerja sonar. Nantinya sebuah gelombang akan dikirim ke dasar laut, kemudian gelombang bunyi akan kembali terpantul ke permukaan laut dalam jangka waktu tertentu.

Perambatan waktu inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui kedalaman laut. Untuk mengukur kedalaman laut menggunakan gema bisa dilakukan dengan rumus S = ½ . v . t .

Dimana S = kedalaman laut (m), v = cepat rambat bunyi dalam air (v/s), dan t = selang waktu dari bunyi asli yang dikirim sampai dengan bunyi pantulan kembali terdengar atau diterima (s).

Manfaat gema memang sangat berguna untuk membantu kehidupan manusia, hal ini berbanding terbalik dengan gaung yang bahkan malah memberikan kerugian bagi kehidupan.

Seperti misalnya ketika kita menonton film di bioskop, suara yang berasal dari film yang kita tonton akan memantul sehingga sangat mengganggu bagi kita yang sedang menyaksikan film tersebut.

Dengan adanya masalah ini, maka pada dinding bioskop pasti diberi peredam suara sehingga tidak akan terjadi gaung.

Nah itulah perbedaan antara gema dan gaung terletak pada apa yang telah kita bahas bersama-sama diatas. Agar dapat menghasilkan gema atau gaung maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai tempat sumber suara. Semoga bermanfaat.