Jelaskan Pentingnya Ikhtiar bagi Kehidupan Manusia

Pentingnya Ikhtiar bagi Kehidupan Manusia – Untuk memudahkan supaya tahu dan paham, kita harus tahu arti ikhtiar sendiri itu apa.

Untuk menjawab sebuah persoalan tentu kita harus tahu dan pahami dulu pertanyaan tersebut.

Contoh anda belanja baju di toko baju dan mendapat diskon 45%. Artinya ada potongan harga sebanyak 45% dari harga asli. Nah, tanpa memahami maksud 45%, kita tidak akan tahu jadi berapa harga baju tersebut setelah mendapat diskon 45%.

Untuk menjawab soal jelaskan pentingnya ikhtiar bagi kehidupan manusia tentu kita perlu memahami kata ikhtiar terlebih dahulu.

Baca Juga: Pengertian iman kepada kitab Allah.

Pentingnya Ikhtiar bagi Kehidupan Manusia

Jelaskan Pentingnya Ikhtiar bagi Kehidupan Manusia
Pixabay.com

Apa itu ikhtiar? Kenapa penting bagi kehidupan manusia? Jika tidak ada ikhtiar apakah kita tidak bisa hidup? Apakah hidup jadi tidak penting?

Di sini kami akan berusaha memberikan ulasan yang detail mengenai soal jelaskan pentingnya ikhtiar bagi kehidupan manusia.

Apa itu Ikhtiar?

Ikhtiar adalah sebuah upaya lahiriah yang nyata dan aktif. Jika ada seseorang menginginkan sesuatu, ia pasti akan berusaha untuk mendapatkan apa yang diinginkan itu.

Misal ingin merubah nasib, mendapat ilmu, mendapa rezeki, kesehatan, dan lainnya, tentu harus ada upaya yang dilakukan secara nyata.

Jika hanya ingin, tanpa ada upaya, apakah akan tercapai? Contoh mudahnya begini, aku ingin pergi ke Jakarta, lalu aku berangkat ke Jakarta dengan mengendarai mobil.

Nah, mengendarai mobil ini yang dimaksud dengan ikhtiar. Bayangkan jika anda ingin ke Jakarta, tapi cuma ngomong aku ingin ke Jakarta, apakah anda akan sampai ke Jakarta?

Paham ya? Jadi apa pentingnya ikhtiar bagi kehidupan manusia?

Ikhtiar sudah menjadi bagian dari hidup, tanpa adanya ikhtiar manusia tidak akan hidup.

Untuk hidup saja tanpa disadari kita sudah melakukan banyak ikhtiar. Makan dan minum adalah ikhtiar untuk hidup, tidur juga termasuk ikhtiar untuk hidup sehat, bekerja termasuk ikhtiar menjemput rezeki, yang ujung-ujungnya untuk hidup.

Apakah Hidup Cukup Hanya dengan Ikhtiar?

Iktiar, Doa, dan Tawakal
Pixabay.com

Indonesia adalah negara yang terkenal masyarakatnya beragam Islam. Di dalam ajaran Islam, jika berbicara tentang ikhtiar tidak akan lengkap jika tidak berbicara tentang doa dan tawakal.

Karena islam mengajarkan ketiga hal ini menjadi satu paket yang tidak terpisahkan.

Jadi untuk mencapai sebuah keinginan, harapan kita harus melakukan ikhtiar, doa, dan tawakal.

1. Ikhtiar

Kita ambil contoh tentang seseorang ingin hidup. Nah, untuk mencapai keinginan hidup ini seseorang tersebut harus melakukan ikhtiar atau upaya untuk hidup.

Apa saja yang termasuk upaya untuk hidup?

  • Bekerja atau usaha menjemput rezeki
  • Makan dan minum
  • Tidur

Ketiga itu adalah bentuk ikhtiar manusia untuk hidup. Bayangkan jika manusia tidak bekerja atau usaha untuk jemput rezeki, tentu manusia tidak bisa mendapat makan dan minum.

Tanpa makan dan minum, apakah manusia bisa bertahan hidup? Tentu tidak. Selain itu, tidur juga bagian dari hidup, tidur adalah bentuk dari istirahat. Jika manusia hanya bekerja dan makan saja tentu ia akan mati kelelahan.

2. Doa

Di dalam Islam, doa adalah senjata. Doa dilakukan sembari berikhtiar. Tujuannya supaya dipermudah untuk mencapai keinginannya.

Doa adalah bentuk ikhtiar batiniah. Jadi, ikhtiar lahiriah dan batiniah sudah menjadi satu paket.

Contoh begini, ada seseorang ingin pergi ke Jakarta. Lalu ia berikhtiar lahiriah dengan cara naik kendaraan untuk pergi ke Jakarta.

Nah di sini seseorang tersebut pasti akan membutuhkan ikhtiar batiniah yakni doa. Bentuk dari doa tersebut adalah ucapan yang baik. Misalkan, semoga diberi keselamatan selama perjalanan naik kendaraan.

Atau semoga tidak ada halangan sampai tujuan, dan lain-lain yang intinya ucapan berisi harapan dan kebaikan.

3. Tawakal

Setelah kita berikhtiar dan berdoa, selanjutnya adalah bertawakal. Apa yang dimaksud dengan tawakal?

Tawakal kurang lebihnya adalah berserah diri setelah berikhtiar dan berdoa. Jadi, misal kasus yang tadi, yakni ingin pergi ke Jakarta.

Setelah kita berikhtiar pergi ke Jakarta dengan naik kendaraan, dan sudah berdoa supaya diberi keselamatan selama perjalanan, kemudian berserah diri kepada Tuhan.

Berserah diri artinya siap menerima atau ridha apa yang akan terjadi di perjalanan itu adalah ketentuan Tuhan yang terbaik.

Kesimpulan

Jadi apa kesimpulan dari soal pertanyaan jelaskan pentingnya ikhtiar bagi kehidupan manusia ? Jawabannya sangat penting dengan penjelasan ulasan di atas.

Ikhtiar adalah bagian dari kehidupan manusia. Segala sesuatu yang diinginkan membutuhkan ikhtiar. Tanpa ikhtiar harapan dan keinginan sulit untuk dicapai.

Demikian ulasan dari kami terkait soal jelaskan pentingnya ikhtiar bagi kehidupan manusia.