Pengertian Hak dan Kewajiban

Dalam menjalani kehidupan sosial yang utuh sebagai warga negara maka kita tidak terlepas dari pengertian hak dan kewajiban sebagai warga negara itu sendiri.

Seperti pada pengertian interaksi sosial, Indonesia merupakan negara demokratis yang terbuka, sehingga di dalamnya mengandung banyak nilai dan norma yang mengatur tiap warga negaranya.

Dengan memiliki aturan yang jelas dan tidak bermakna ganda, maka pengertian hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia akan dapat menjadi pengetahuan yang wajib bagi tiap-tiap masyarakatnya.

Pengertian Hak dan Kewajiban

Pengertian Hak dan Kewajiban
Sumber Gambar: site.ptun-surabaya.go.id

Pengertian hak dan kewajiban menjadi salah satu pengetahuan yang sangat penting demi untuk menghindari banyak kekeliruan dan juga kesalahpahaman.

Hak merupakan sesuatu yang mutlak yang dimiliki oleh setiap orang dimulai sejak lahir serta penggunaannya tergantung pada pribadinya masing-masing.

Seperti yang dijelaskan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak adalah benar, milik, kepunyaan, kekuasaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu yang sebelumnya telah ditentukan oleh undang-undang, aturan atau kekuasaan yang benar atas sesuatu.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan/diwajibkan, dilaksanakan, baik itu pekerjaan atau tugas menurut hukum, atau segala sesuatu yang menjadi tugas sebagai manusia.

Hak dan kewajiban ini dapat memperkuat masyarakat dan juga memberikan lebih banyak stabilitas. Dimana kedua hal ini dapat mengarah pada pengembangan kesadaran sosial.

Jenis-Jenis Hak

Terdapat beberapa jenis-jenis hak yang wajib kita ketahui sebagai warga negara, diantaranya adalah:

Hak Umum

Hak umum merupakan suatu hak yang dimiliki oleh seluruh manusia tanpa terkecuali. Dalam kosakata bahasa Inggris, hak umum dikenal dengan alami right atau human right (hak asasi manusia).

Hak Khusus

Hak khusus adalah hak yang muncul dalam suatu hubungan khusus baik antara beberapa individu atau karena peranan khusus antara satu orang terhadap orang yang lainnya. Maksudnya adalah hak khusus merupakan suatu hak yang hanya dimiliki oleh satu atau beberapa orang saja.

Hak Legal

Hak legal adalah hak yang di dasar berdasarkan hukum di dalam suatu tatanan. Hak legal ini berasal dari undang-undang, hukum, peraturan atau beberapa arsip legal lainnya.

Hak Moral

Sedangkan hak moral adalah hak yang berperan di dalam struktur moral. Hak ini di dasarkan berdasarkan asas atau peraturan-peraturan moral saja.

Hak Positif

Hak positif merupakan suatu hak yang memiliki karakter positif. Maksudnya adalah kita mempunyai hak jika orang lain berbuat sesuatu untuk kita.

Hak Negatif

Hak negatif yaitu suatu hak yang memiliki karakter negatif. Maksudnya yaitu jika kita bebas melaksanakan atau mempunyai sesuatu, dalam definisnya: Orang lain tidak dapat menjauhi kita untuk memiliki atau melakukan situasi tersebut.

Selain itu, hak negatif terbagi menjadi 2, diantaranya:

Hak Aktif (Hak Independensi)

Hak aktif merupakan hak untuk melakukan atau tidak berbuat seperti yang orang kehendaki. Dimana orang lain tidak dapat menjauhi kita (aku) untuk melaksanakan sesuatu.

Hak Pasif (Hak Keamanan)

Sedangkan yang kedua adalah hak pasif. Hak pasif merupakan suatu hak untuk tidak diperlakukan orang lain atas aturan-aturan khusus.

Hak Sosial

Hak ini dimiliki oleh badan populasi bersama dengan anggota-anggotanya yang lain.

Hak Individual

Sedangkan hak individual adalah hak yang dimiliki tiap-tiap individu di negara mana pun.

Jenis-Jenis Kewajiban

Menurut George Nathaniel Curzon, kewajiban dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, seperti:

Kewajiban Mutlak

Kewajiban mutlak merupakan kewajiban seseorang kepada dirinya sendiri serta tidak berhubungan dengan hak dan juga tidak mutlak untuk melibatkan hak di lain pihak.

Kewajiban Publik

Kewajiban publik merupakan suatu kewajiban yang berhubungan dengan hak-hak publik. Seperti misalnya kewajiban agar patuh terhadap peraturan hukum pidana.

Kewajiban Primer

Kewajiban ini dapat timbul dari suatu tindakan yang bukan/tidak melawan hukum. Contohnya kewajiban agar tidak mencemarkan nama baik dan juga kewajiban yang sifatnya memberikan sanksi.

Kewajiban primer ini bisa timbul karena perbuatan melawan hukum, misalnya adalah kewajiban untuk membayar kerugian dalam hukum perdata.

Kewajiban Umum dan Khusus

Kewajiban umum atau kewajiban universal merupakan kewajiban yang ditunjukkan untuk seluruh warga negara secara umum tanpa terkecuali.

Sedangkan untuk kewajiban khusus adalah ditunjukkan untuk golongan tertentu, bidang hukum tertentu, atau perjanjian-perjanjian.

Kewajiban Positif dan Negatif

Kewajiban ini merupakan sebuah kewajiban yang mengharuskan seseorang untuk atau tidak melakukan sesuatu.

Kewajiban positif menghendaki untuk dilakukannya sesuatu. Sedangkan kewajiban negatif adalah kewajiban menghendaki untuk tidak dilakukannya sesuatu.

Contoh Hak dan Kewajiban Setiap Individu

Pengertian Hak dan Kewajiban
Sumber Gambar: www.nesabamedia.com

Dibawah ini adalah beberapa contoh mengenai hak dan kewajiban kita dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai individu atau warga negara.

Contoh Hak

Contoh hak bagi tiap individu atau warga negara:

  • Hak untuk menyampaikan pendapat
  • Hak untuk mendapatkan perlindungan untuk anak-anak
  • Hak bicara dalam lingkup keluarga
  • Hak untuk mendapatkan kasih sayang keluarga
  • Hak sebagai siswa untuk mendapatkan pelajaran di sekolah
  • Hak mendapatkan penghidupan yang lebih layak
  • Setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum
  • Selain itu, tiap warga negara juga berhak untuk mempertahankan wilayah kesatuan NKRI.

Contoh Kewajiban

Setelah mengetahui beberapa contoh hak seperti yang telah di jelaskan di atas, selanjutnya adalah beberapa contoh kewajiban kita sebagai individu atau sebagai warga negara.

  • Kita wajib menjunjung tinggi dasar negara dan menaati peraturan-peraturan yang berlaku
  • Membayar uang pendidikan
  • Sebagai warga negara, kita juga wajib untuk membayar pajak
  • Selain itu, kita juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan
  • Ikut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa supaya lebih berkembang dan maju

Sebagai individu atau warga negara yang baik, seharusnya kita dapat menaati serta mengikuti segala hak dan kewajiban yang ada agar kehidupan atau pekerjaan kita dapat terlaksana dengan aman, nyaman dan juga adil.

Itulah penjelasan mengenai pengertian hak dan kewajiban, jenis-jenis hak dan kewajiban dan contoh hak dan kewajiban bagi individu atau sebagai warga negara. Dengan pembahasan tersebut, semoga kita lebih paham dan mengetahui akan hak dan kewajiban kita sebagai individu dan sebagai warga negara.