Manfaat Tomat

Manfaat Tomat –  Halo sahabat @PakTani, yuk baca dan cari tahu tentang manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan. Pemanfaatan tomat untuk wajah bisa dengan cara membuat tomat menjadi masker tomat. Sedangkan untuk kesehatan bisa dijadikan jus, atau dimasak, atau lainnya.

Kendati sering disangka ke dalam jenis sayuran, namun faktanya tomat termasuk ke dalam jenis buah-buahan. Tomat biasanya diolah menjadi sambal tomat, jus tomat, atau dijadikan bahan campuran sayur-sayuran. Diluar daripada itu, manfaat tomat juga banyak misalnya saja untuk perawatan wajah atau untuk kesehatan tubuh.

Pada umumnya tomat berwarna merah atau oranye tergantung dari jenisnya. Beberapa jenis tomat yang biasanya mudah ditemukan disekitar kita adalah jenis tomat besar, tomat merah, tomat hijau, dan juga tomat ceri.

Lalu apa saja manfaat tomat untuk kecantikan serta kesehatan tubuh? Berikut akan kami jelaskan secara rinci tentang berbagai manfaat tomat baik untuk kecantikan, kesehatan, atau lain sebagainya.

Manfaat Tomat untuk Wajah

Manfaat Tomat untuk Kecantikan
Sumber Gambar: res.cloudinary.com

Untuk menjaga kecantikan, kalian tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan perawatan kecantikan di salon atau di klinik kecantikan. Kalian dapat memperoleh kecantikan ini dengan bahan alami yang sangat mudah ditemukan. Yaitu dengan menggunakan buah tomat. Inilah beberapa manfaat tomat untuk wajah.

  • Mengatasi Jerawat

Buah tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat membantu untuk mengurangi jerawat. Kalian bisa mengaplikasikan tomat dengan cara memotong tomat menjadi dua bagian kemudian gosok potongan tomat tersebut dengan gerakan melingkar pada kulit yang berjerawat sekitar 10 menit. Bilas menggunakan air bersih.

  • Menunda Penuaan Dini

Agar penuaan dini tidak berlangsung cepat, maka dapat memanfaatkan tomat untuk dijadikan masker wajah. Tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah bisa disamarkan menggunakan masker wajah berbahan dasar tomat ini.

Kalian cukup mengupas buah tomat kemudian hancurkan daging tomat menggunakan blender. Campurkan juga tepung agar teksturnya berubah menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan pada wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas menggunakan air dingin.

  • Membantu Mengecilkan Pori-Pori Terbuka

Untuk membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka pada wajah, maka bisa membuat jus tomat dengan sedikit campuran jus lemon yang kemudian aplikasikan pada kulit wajah.

Setelah itu, biarkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Agar memperoleh hasil yang maksimal, maka lakukanlah cara ini dua kali dalam seminggu maka pori-pori pada wajah akan terlihat mengecil.

  • Mampu Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi kalian yang mempunyai masalah dengan minyak berlebih di muka, maka dapat menggunakan buah tomat untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan mencampurkan jus tomat dan jus mentimun, lalu aplikasikan pada wajah menggunakan bantuan bola kapas.

Kalian bisa melakukan cara ini setiap hari agar masalah minyak berlebih pada wajah dapat teratasi. Hal ini karena tomat memiliki sifat zat alami yang membantu mengurangi kadar minyak berlebih, sedangkan mentimun bisa membantu mendinginkan kulit.

  • Membantu Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar UV

Tomat mengandung lycopene yang dapat membantu meredakan efek paparan sinar UV yang disebabkan oleh matahari. Kalian cukup membuat jus tomat yang dicampur dengan butter-milk, kemudian aplikasikan ke kulit yang terbakar sinar matahari selama 30 menit.

Setelah itu, bilaslah mengunakan air. Cara ini dapat meringankan luka bakar serta dapat membantu menyamarkan belang pada kulit.

  • Membuat Kulit Bersinar

Kulit kusam adalah salah satu masalah yang membuat kita kurang percaya diri. Tetapi tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena dengan menggunakan bahan alami masker wajah yang terbuat dari pure tomat dan yogurt dapat menjadi solusinya. Karena tomat memiliki efek dapat menetralkan serta mendinginkan kulit.

  • Membantu Mengelupas Sel Kulit Mati

Jika di biarkan, sel kulit mati dapat membahayakan kulit kita. Untuk membantu mengelupas sel kulit mati maka dapat mencelupkan potongan tomat ke dalam mangkuk gula kemudian gosok wajah dengan lembut.

Cara ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Aplikasikan cara ini ke wajah sebanyak dua kali dalam seminggu supaya memperoleh hasil yang maksimal.

  • Membersihkan Kulit

Supaya wajah terlihat lebih bersih, maka bisa menggunakan buah tomat yang dicampur dengan buah alpukat. Dengan melakukan perawatan ini akan dapat mengakibatkan dampak baik untuk kalian yang memiliki kulit kombinasi.

Buah alpukat mempunyai sifat hydrating sedangkan buah tomat mempunyai sifat astringent alami dimana keduanya bekerja dengan baik untuk menutrisi kulit.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
Sumber Gambar: image-cdn.medkomtek.com

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

  • Mengatasi Peradangan

Tomat dapat bermanfaat sebagai anti-peradangan karena terdapat kandungan tomatine di dalamnya. Buah tomat juga mampu mengangkat lemak serta kotoran di wajah karena tomat mengandung asam sitrat. Selain itu, tomat juga bermanfaat sebagai antioksidan karena terdapat kandungan beta-karoten dan juga vitamin C.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Dengan mengkonsumsi tomat ternyata bisa membuat mata lebih sehat karena adanya kandungan beta-karoten. Beberapa penelitian menemukan makanan yang kaya akan vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina mata terutama ketika dalam pencahayaan yang kurang.

Hal ini karena tomat mengandung antioksidan lutein, karotenoid, dan juga zeaxanthin yang mampu mengurangi gejala mata kelelahan, serta dapat mengurangi risiko penyakit mata karena penuaan.

  • Mencegah Kanker

Didalam tomat terkandung antioksidan seperti karotenoid, likopen, dan polifenol yang dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel yang diakibatkan oleh radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Dalam hal ini tomat dipercaya mampu mencegah berbagai kanker yang berbahaya, seperti kanker kolorektal, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker lambung, dan kanker kandung kemih.

Meskipun demikian, manfaat tomat ini masih memerlukan bukti serta penelitian lebih lanjut dikarenakan beberapa penelitian yang dilakukan masih menunjukkan data yang belum konsisten.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tomat juga berperan dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat dan juga mengurangi asupan garam ke tubuh maka akan mampu mengurangi tekanan darah pada mereka yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi ringan.

  • Mampu Mengatasi Penyakit Jantung

Antioksidan likopen yang terdapat di dalam tomat dipercaya mampu mengatasi penyakit jantung. Berbagai penelitian menunjukkan, manfaat tomat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Ini karena kandungan likopen dan kaliumnya yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta dapat membantu menjaga kestabilan irama jantung. Nutrisi pada buah tomat ini terbukti mampu mengurangi peradangan yang berkaitan dengan risiko serangan jantung dan stroke, terutama pada penderita obesitas.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Selain dapat mengatasi risiko penyakit jantung, tomat juga bermanfaat untuk membantu fungsi lever, penyakit empedu, mengatasi gangguan pencernaan, hingga dapat mencegah kolera.

  • Menjaga Berat Badan

Buah tomat rendah kalori, lemak, dan juga rendah karbohidrat. Meski demikian tomat kaya akan nutrisi lainnya yang memiliki manfaat untuk menjaga berat badan. Manfaat tomat ini penting untuk membantu dalam menurunkan berat badan dikarenakan terdapat berbagai kandungan gizi pada buah tomat yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi terutama saat menjalani program diet.

  • Mengobati Keseleo

Selanjutnya tomat dapat dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati keseleo. Caranya yaitu dengan memblender tomat bersama wijen. Lalu dipanaskan sampai berminyak. Minyak inilah yang digunakan untuk memijat sendi yang keseleo.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, buah tomat juga baik untuk dikonsumsi. Karena tomat merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh serta mengandung rendah lemak dan gula. Manfaat tomat dari kandungan nutrisi yang melimpah ini merupakan salah satu makanan dengan indeks gikemik rendah.

Maka tak heran jika tomat dianggap sebagai makanan yang baik bagi penderita diabetes.

  • Dapat Mencegah Depresi

Manfaat tomat untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat mencegah depresi. Beberapa penelitian menunjukkan, manula yang mengkonsumsi tomat setiap minggu lebih kecil risiko mengalami depresi. Namun manfaat tomat ini masih memerlukan pengkajian lebih lanjut.

Kandungan Nutrisi pada Tomat

Kandungan Tomat
Sumber Gambar: s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Setelah mengetahui berbagai manfaat tomat baik untuk perawatan wajah atau kesehatan tubuh, maka kali ini kita akan bahas nutrisi-nutrisi yang terkandung pada tomat. Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi pada buah tomat.

  • Serat

Tomat merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik. Dalam satu buah tomat ukuran sedang mengandung 1,5 gram serat pangan yang baik bagi tubuh khususnya pada sistem pencernaan. Sebagian serat yang terkandung pada tomat merupakan jenis serat yang terlarut dengan air.

Kalian dapat mengkonsumsi tomat sebanyak 2-3 buah untuk dijadikan camilan. Jika tidak suka mengkonsumsi tomat secara langsung, maka dapat membuat jus tomat yang ditambahkan dengan apel untuk memberikan rasa sedikit manis serta serat.

Hindarilah membuat jus tomat dengan tambahan gula yang terlalu banyak karena mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan.

  • Karbohidrat

Selain serat, tomat juga mengandung karbohidrat namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal ini dapat diketahui dari rasa tomat yang cenderung asam yang menunjukan kandungan glukosa dan juga fruktosanya tidak terlalu banyak. Karena kadar gula yang rendah, tomat aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  • Vitamin dan Mineral

Tomat mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi untuk mendapatkan manfaat ini, kalian harus mengkonsumsi tomat secara rutin. Diantara vitamin dan mineral yang terkandung pada tomat adalah:

– Vitamin C. Pada satu buah tomat yang berukuran sedang, kalian bisa mendapatkan vitamin C sekitar 28%. Jika kita mengkonsumsi 3-4 buah tomat dalam sehari maka kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat tercukupi setiap harinya.

Dalam hal ini kandungan vitamin C pada tomat terbilang cukup banyak, sama halnya dengan manfaat strawberry yang juga banyak mengandung vitamin C.

– Vitamin K1. Tomat juga mengandung vitamin K1 ini. Fungsi vitamin ini untuk menjaga kesehatan dari darah dan juga tulang misalnya menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah.

– Folat atau Vitamin B9. Manfaat dari vitamin ini sangat baik untuk menjaga pertumbuhan sel pada tubuh supaya tidak terganggu serta dapat meningkatkan regenerasi. Untuk wanita hamil, vitamin B9 atau folat ini berguna untuk menjaga kesehatan janin.

– Dengan mengkonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat dapat membuat tubuh mendapatkan cukup banyak potasium yang dapat menjaga tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal. Kesehatan jantung juga dapat terjaga.

  • Antioksidan

Kandungan nutrisi pada tomat yang terakhir adalah tomat mengandung cukup banyak antioksidan. Antioksidan pada tomat berasal dari:

– Kandungan antioksidan ini dapat dilihat dari warna merah pada buah tomat. Dari beberapa studi yang pernah dilakukan, likopen sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah terjadinya sakit dan juga infeksi.

– Kulit tomat masuk kedalam jenis flavonoid. Zat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya inflamasi di tubuh.

– Asam chlorogenic merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

– Beta karoten adalah antioksidan yang memberikan warna oranye pada buah atau sayuran. Jika masuk kedalam tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini sangat baik bagi tubuh terutama bagi kesehatan mata.

Meski tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun manfaat tomat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar mendapatkan bukti yang lebih kuat. Tetapi jangan takut untuk menambahkan tomat kedalam makanan sehari-hari kalian karena nutrisi-nutrisi tersebut memang diperlukan oleh tubuh.

Tinggalkan komentar