Manfaat Temulawak Putih

Berbagai manfaat temulawak putih telah terbukti sejak lama dalam pengobatan tradisional. Manfaat temulawak putih atau temu putih juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Temu putih atau Curcuma zedoaria merupakan tanaman semusim yang tergolong ke dalam rempah-rempah dimana karakteristik daunnya berbentuk bundar dan berwarna hijau muda.

Sedangkan rimpang kunyit putih tumbuh pendek, berwarna pucat, banyak serat, serta memiliki bau yang sangat khas dan rasanya pahit.

Baca Juga : Manfaat Daun Jarak

Manfaat Temulawak Putih untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak Putih
Sumber Gambar: asianparent-assets-id.dexecure.net

Meskipun tidak sepopuler kunyit kuning, namun temulawak putih juga sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional China dan juga Jepang. Hal ini karena di dalam temulawak putih mengandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam temulawak putih mengandung senyawa kimia bernama flavonoid dan kurkuminoid. Selain itu, rimpang kunyit putih ini mengandung minyak atsiri, sulfur, astringensia, dan sedikit mengandung lemak.

Adapun kandungan lainnya pada temulawak putih yang berguna bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti alkanoid, phenol, glikosida, steroid, saponoid, dan juga terpenoid. Lantas apa saja manfaat temulawak putih bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasan selengkapnya.

Menghambat Perkembangan Bakteri

Manfaat Temulawak Putih
Sumber Gambar: hellosehat.com

Manfaat temulawak putih yang pertama adalah dapat membantu menghambat perkembangan bakteri Streptococcus viridans.

Bakteri ini dapat mengakibatkan sepsis dan pneumonia pada orang neutropenia atau yang memiliki riwayat neurotrofil yang sangat sedikit dalam darah yang dapat mengakibatkan sepsis dan juga meningitis pada bayi.

Beberapa penelitian lain juga mengungkap bahwa manfaat temulawak putih berguna sebagai antimikroba untuk bakteri Gram positif atau pun negatif. Bakteri-bakteri yang dimaksud adalah Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa dan bakteri Staphylococcus aureus.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Temulawak putih juga berguna untuk membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini karena temulawak putih mengandung flavonoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, ethyl pmethoxycinnamate dan kurkuminoid yang dipercaya sebagai zat antikanker.

Berdasarkan penelitian, kandungan-kandungan tersebut mampu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar dan kanker ovarium.

Baca Juga : Manfaat Susu Bear Brand

Mengatasi Masalah Sistem Percernaan

Dengan kita mengkonsumsi temulawak maka dapat merangsang produksi cairan empedu pada kantong empedu yang menjadikannya untuk membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh.

Bukan hanya itu, menurut para ahli, temulawak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi perut kembung, membantu pencernaan tidak lancar dan meningkatkan nafsu makan.

Penawar Racun

Temu putih dipercaya mampu untuk dijadikan sebagai penawar racun dari gigitan ular atau binatang berbisa lainnya. Hal ini karena kandungan pada temu putih yang dapat merusak neurotoksin dan enzim yang terdapat pada racun ular yang dapat melumpuhkan tubuh jika tidak segera diatasi.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri

Membantu Mengatasi Gejala Alergi

Temulawak putih mengandung senyawa curcuminoids. Senyawa curcuminoids ini dapat berperan sebagai anti-alergi yang terbukti mampu mengatasi gejala alergi pada kulit.

Sebagai obat alergi, temu putih ini bekerja seperti antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan serta dapat mencegah pelepasan histamin. Histamin ini merupakan zat kimia yang dapat memicu reaksi alergi.

Menjaga Kesehatan Liver

Stientific Researh Journal mengungkapkan bahwa ekstrak temulawak terbukti mengandung manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti acetaminophen dan tetraklorida.

Hepatotoksin merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan efek buruk pada hati. Dengan demikian, temulawak bisa menjadi cara alami yang dapat dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati.

Menurunkan Berat Badan

Jika mengkonsumsi antioksidan secara teratur dalam jumlah yang pas maka dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Temulawak putih ini juga dapat dijadikan alternatif untuk membantu meluruhkan lemak dengan cara alami karena mengandung antioksidan.

Mengatasi Jerawat

Dalam dunia kecantikan, temulawak juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Ini disebabkan karena temulawak atau temu putih memiliki sifat astringent.

Astringent dapat mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Kandungan antiseptik pada temulawak juga dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, jika jerawat meradang maka akan berangsur membaik dan sembuh.

Mengurangi Bau Nafas

Nafas bau sudah pasti membuat kita kurang percaya diri serta dapat mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah bau mulut ini, kita dapat melakukan cara alami, yaitu cukup dengan mengunyah temu putih beberapa saat.

Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat Temulawak Putih
Sumber Gambar: curearthritis.org

Osteoarthritis merupakan penyakit sendi degeneratif, yaitu kondisi dimana sendi-sendi akan terasa sakit dan kaku. Sebuah Journal of Alternative and Complementary Medicine, mengungkapkan bahwa efek temulawak putih mirip seperti pada efek ibuprofen.

Ibuprofen merupakan salah satu jenis obat untuk penghilang rasa sakit yang biasa diberikan pada pasien osteoarthritis. Jadi dengan mengkonsumsi temulawak dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah osteoarthritis.

Baca Juga : Manfaat Lemon untuk Wajah

Mengatasi Demam

Manfaat terakhir daripada rempah temulawak putih ini adalah dapat membantu mengatasi demam. Hal ini karena temu putih mengandung curcumenol yang dapat membantu mengatur suhu tubuh.

Temulawak putih umumnya digunakan seperti halnya tanaman rimpang lainnya, yaitu sebagai bumbu aromatik pada makanan. Temu putih ini bisa kita jumpai dalam bumbu kari serta biasanya digunakan untuk menyedapkan olahan makanan laut (seafood).

Meskipun temulawak putih mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, namun penggunaan untuk obat sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena belum banyak penelitian yang mengungkap efek samping temu putih ini jika dikonsumsi secara berlebihan.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai manfaat temulawak putih. Agar manfaat rempah ini bisa kita dapatkan, maka konsumsilah sewajarnya saja dan jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.