Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat buah semangka memang tidak bisa dianggap remeh. Anda dapat memperoleh berbagai manfaat dari buah yang memiliki banyak kandungan air ini. Baik itu untuk kesehatan tubuh, pelepas rasa dahaga, dan lainnya. Selain itu, manfaat semangka untuk ibu hamil juga banyak lho.

Berbagai kandungan pada semangka ini terbukti dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena kandungan nutrisi di dalam semangka terbilang cukup lengkap, buah ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah semangka ini dapat memberikan efek baik pada ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil? Mari kita bahas bersama-sama.

Lebih lengkap tentang manfaat buah semangka.

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil
Sumber Gambar: doktersehat.com

Seperti yang diketahui, ibu hamil sangat memerlukan asupan gizi yang cukup supaya kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya dapat terpenuhi dengan baik. Lalu apa saja manfaat yang didapat oleh ibu hamil jika mengkonsumsi buah semangka? Berikut penjelasannya.

  • Meredakan Morning Sickness

Buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya yang dapat meredakan morning sickness. Anda dapat membuat jus semangka segar untuk diminum pada pagi hari.

Selain itu, buah semangka juga baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta dapat melancarkan aliran urine dalam tubuh. Biasanya ibu hamil akan cenderung susah untuk buang air kecil, untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat mengkonsumsi buah semangka.

  • Meredakan Asam Lambung

Semangka juga bermanfaat untuk meredakan asam lambung. Pada masa kehamilan, masalah yang sering terjadi biasanya yang berhubungan dengan pencernaan, misalnya saja naiknya asam lambung. Buah ini memiliki efek dapat menenangkan perut pada ibu hamil.

  • Mengurangi Pembengkakan Aliran Darah

Manfaat dari buah semangka yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi pembengkakan aliran darah. Dalam masa kehamilan, ibu hamil sering mengalami pembengkakan kaki dan juga tangan.

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air yang dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan air ini mampu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan juga otot.

  • Mencegah Pigmentasi Kulit

Buah semangka juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mencegah pigmentasi kulit. Masalah ini biasanya terjadi selama masa kehamilan, penyebabnya karena kadar hormon yang terlalu tinggi. Buah ini dapat membantu membersihkan tubuh dari semua racun.

  • Mencegah Dehidrasi

Masalah lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu terjadinya dehidrasi. Maka tetap dalam keadaan terhidrasi pada masa kehamilan menjadi sangat penting karena dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur.

Anda dapat mengkonsumsi semangka untuk menyuplai lebih banyak cairan ke tubuh serta memenuhi kebutuhan gizi Anda.

  • Melancarkan Proses Pencernaan dalam Tubuh

Buah semangka dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini karena semangka banyak mengandung air dan juga serat. Jika mengkonsumsinya secara rutin, maka dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh ibu hamil.

  • Mengobati Sembelit

Dengan mengkonsumsi semangka juga memiliki manfaat yaitu mampu mencegah sembelit yang diderita oleh ibu hamil. Sembelit merupakan masalah yang umumnya sering dialami oleh ibu hamil.

Untuk mencegah masalah tersebut maka Anda perlu mengkonsumsi semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan juga membersihkan sistem pencernaan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah semangka selanjutnya untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan seperti likopen pada semangka ini sangat tinggi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker dan juga penyakit kardiovaskular serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi, seperti vitamin A, C, B6, kalium, dan juga magnesium pada semangka ini penting untuk perkembangan otak, penglihatan, sistem saraf, dan juga kekebalan tubuh.

  • Mencegah Keram pada Otot

Dengan mengkonsumsi semangka, maka dapat mencegah terjadinya keram otot punggung yang dialami oleh ibu hamil. Saat masa kehamilan memasuki usia 6 bulan, perut ibu hamil akan mulai merasakan berat. Hal ini yang menyebabkan otot punggung akan dapat mengalami keram karena menahan beban yang cukup berat.

Nah untuk mengantisipasi hal ini, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bisa melancarkan sistem peredaran darah dan juga cairan tubuh. Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk mengurangi masalah ini adalah buah semangka.

  • Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Maka dengan mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan kandungan likopen dapat membuat jantung kita lebih sehat termasuk juga pada jantung ibu hamil atau si janin.

  • Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Rangka Janin

Dengan mengkonsumsi semangka juga dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan rangka janin. Proses pertumbuhan tulang pada janin ini sangat bergantung terhadap ketersediaan nutrisi mineral yang terdapat di dalam tubuh ibu.

Supaya kebutuhan nutrisi dan mineral seperti kalsium, kalium, dan lainnya dapat terpenuhi, maka bagi si ibu hamil sangat dianjurkan agar mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung mineral, misalnya saja semangka.

Kandungan kalium serta magnesium yang tinggi pada semangka diharapkan mampu untuk membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan rangka janin di dalam kandungan.

  • Membantu Mengurangi Risiko Terkena Preklampsia

Buah semangka juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena preklampsia yang sering dialami oleh ibu hamil. Preklampsia merupakan gangguan kehamilan yang biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan juga kadar protein di dalam urine.

Ketika kadar protein di dalam urin meningkat, itu menandakan terjadinya kerusakan pada ginjal. International Journal of Gynecology and Obstetrics meneliti dan menjelaskan jika mengkonsumsi likopen 4 mg dalam sehari, maka dapat mengurangi risiko terkena preklampsia.

Ketika mengkonsumsinya secara rutin maka risiko terkena preklampsia dapat ditekan hingga 50%. Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung likopen yang menjadikan buah ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Baik untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil dan Janin

Selain dapat mengurangi risiko terkena preklampsia, dengan mengkonsumsi semangka juga baik untuk menjaga kesehatan mata baik untuk ibu hamil atau janin yang di kandungnya. Hal ini karena semangka banyak mengandung vitamin A.

Efek Samping Mengkonsumsi Semangka secara Berlebihan

Manfaat Semangka bagi Ibu Hamil
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Terdapat beberapa hal yang semestinya diperhatikan terlebih lagi untuk ibu hamil. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi semangka secara berlebihan karena bisa mengakibatkan dampak yang buruk.

Inilah beberapa dampak buruk yang diakibatkan mengkonsumsi semangka secara berlebihan.

  • Dapat Menyebabkan Diabetes Gestational

Dengan mengkonsumsi semangka secara berlebihan maka dapat mengakibatkan kadar glukosa tinggi yang dapat menyebabkan diabetes gestational. Hindarilah memakan buah yang memiliki rasa manis secara berlebihan, termasuk semangka.

  • Dapat Membersihkan Nutrisi-Nutrisi Penting di dalam Tubuh

Seperti yang diketahui, buah semangka dapat membersihkan zat-zat yang tersisa di dalam tubuh. Tetapi semangka juga dapat membersihkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka konsumsilah semangka sewajarnya saja.

  • Menyebabkan Masalah pada Lambung

Hindari mengkonsumsi semangka yang sudah di belah dan di simpan di tempat terbuka terlalu lama. Karena bisa menyebabkan masalah pada pencernaan, mual dan juga muntah. Untuk menghindari masalah tersebut, maka konsumsilah buah semangka yang masih segar dan baru di potong.

Jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan ketika Anda berencana untuk memasukkan semangka kedalam menu diet sehat kehamilan. Karena dokter pasti tahu yang terbaik untuk kehamilan Anda serta dapat merekomendasikan hal yang tepat untuk manfaat semangka yang maksimal bagi ibu hamil.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai berbagai manfaat semangka untuk ibu hamil yang dapat menjadi referensi Anda dan juga bisa memasukkan semangka kedalam menu sehari-hari.

Tetap konsumsi semangka sewajarnya saja supaya manfaat semangka untuk ibu hamil ini dapat Anda peroleh dan jika menemukan hal ganjil setelah mengkonsumsi semangka, maka segeralah untuk konsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda.

Tinggalkan komentar