Manfaat Sawi

Halo sahabat @PakTani, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat sawi. Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang jenis-jenis sawi dan cara menanam sawi di lahan terbuka dan di polybag/pot.

Sawi merupakan sayuran yang memiliki rasa yang enak, terlebih lagi sawi hijau atau caisim yang selalu menjadi pilihan sebagai pelengkap makanan seperti mie ayam atau bakso. Tetapi, manfaat sawi lainnya juga banyak lho!

Sayur sawi ini sangat mudah di temukan di pasar, atau bahkan supermarket. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, namun terdapat banyak kandungan nutrisi di dalam sayur sawi ini.

Dimana nutrisi-nutrisi ini sangat dibutuhkan bagi tubuh. Penasaran nutrisi apa saja yang terkandung pada sayur sawi, manfaat sawi bagi kesehatan, dan apa efek samping mengkonsumsi sawi? Berikut penjelasannya.

Baca cara menanam sawi di lahan terbuka dan di polybag/pot.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

1. Antioksidan

Manfaat sawi yang pertama adalah sawi mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalian tidak perlu bingung dalam memilih jenis sawi mana yang mengandung antioksidan. Karena semua jenis sawi baik sawi hijau, sawi putih, atau jenis sawi lainnya terdapat kandungan antioksidan.

Selain antioksidan, sawi juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi dan juga senyawa lainnya yang membuat sawi menjadi salah satu sayuran yang dapat menangkal radikal bebas serta melindungi sel tubuh dari kerusakan.

2. Mencegah Kanker

Sama halnya dengan manfaat singkong, sawi juga mempunyai manfaat dapat mencegah kanker. Hal ini karena sawi mengandung mineral, vitamin, dan juga antioksidan tinggi.

Sawi juga mengandung suatu komponen glucosinolate yang biasa terkandung pada sayuran yang memiliki aroma tajam seperti lobak. Komponen inilah yang menjadi salah satu penyebab dapat menangkal pertumbuhan sel kanker.

3. Detoktifikasi Tubuh

Manfaat sawi selanjutnya adalah dapat mendetoktifikasi tubuh atau membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Pada saat melakukan aktifvitas atau mengkonsumsi makanan cepat saji, tentunya kita tidak bisa mengontrol zat-zat apa saja yang masuk kedalam tubuh.

Tanpa disadari terdapat berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Mungkin jumlahnya tidak banyak, akan tetapi seiring berjalannya waktu, racun-racun tersebut nantinya dapat menumpuk di dalam tubuh dan dapat mengancam jiwa.

Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan perlindungan untuk menangkal zat-zat berbahaya tersebut. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Sawi sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu melawan racun di dalam sistem pencernaan. Sayur sawi juga mengandung klorofil yang dipercaya dapat membantu mengeluarkan zat berbahaya atau racun di dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Proriasis

Proriasis adalah penyakit peradangan kulit yang dapat membuat kulit menjadi kering, bersisik, menebal, mudah mengelupas, dan munculnya ruam merah. Beberapa penyebabnya adalah kekebalan tubuh yang buruk dan juga karena faktor keturunan.

Meskipun penyebab ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Nah, salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi sawi hijau. Karena sawi hijau memiliki kemampuan sebagai anti peradangan yang baik.

5. Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan

Vitamin C memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Selain memiliki sifat sebagai anti peradangan dan juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh, Kandungan vitamin C pada sawi juga mampu meredakan masalah pernapasan seperti sinus dan asma.

Dengan mengkonsumsi sawi secara rutin maka masalah pernapasan pun akan dapat teratasi.

6. Mengatasi Menopause

Menopause adalah kondisi dimana hormon reproduksi berkurang dan menyebabkan gejala kesehatan tubuh. Masalah ini umumnya terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.

Biasanya di usia ini, kesehatan tulang akan menurun, kulit mengendur atau masalah kesehatan lainnya. Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi sawi hijau.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung pada sawi memiliki manfaat sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat ini akan membantu lambung dan juga usus dalam menyerap nutrisi makanan lalu meneruskan ke usus besar. Jika saluran pencernaan lancar, maka organ-organ pencernaan lainnya akan dapat terjaga kesehatannya.

8. Mengontrol Kolesterol

Jika kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan dapat membahayakan jiwa. Salah satu penyebab kadar kolesterol dalam tubuh tinggi adalah melalui makanan yang dikonsumsi.

Meskipun beberapa makanan dapat menjadikan kadar kolesterol tinggi, tetapi terdapat juga makanan yang bisa membantu mengontrol agar kadar kolesterol normal.

Perhatikan makanan yang akan kita konsumsi, melakukan pola hidup sehat, sering olahraga adalah beberapa hal yang dapat menjadikan kadar kolesterol normal.

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti sawi juga dapat menjadi pilihan karena kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah serta dapat mencegah meningkatnya kadar kolesterol jahat.

9. Menjaga Imunitas Tubuh

Sayur sawi juga dapat menjaga sistem imun tubuh. Imunitas tubuh ini bertugas melindungi tubuh serta dapat melawan patogen yang bisa menyebabkan infeksi. Salah satunya agar sistem imunitas tubuh terjaga yaitu dengan menjaga asupan makanan.

Dengan mengkonsumsi sawi secara rutin maka akan dapat menjaga sistem imuntas tubuh serta dapat bekerja dengan baik karena sawi mengandung vitamin C yang tinggi. Manfaat sawi ini didapat karena sawi memiliki sifat antiinflamasi. Antiinflamasai ini dapat mencegah supaya peradangan tidak semakin parah.

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari sayur sawi adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Namun manfaat ini tentunya bukan manfaat secara langsung. Maksudnya dengan banyak mengkonsumsi sawi tidak akan berpengaruh pada jumlah berat badan yang akan turun.

Sayur sawi merupakan sayuran yang kaya akan kandungan serat serta nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga sawi sangat cocok dijadikan sebagai menu makanan pada program penurunan berat badan.

Imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi lainnya dan juga olahraga secara teratur agar berat badan dapat turun secara efektif.

11. Baik di Konsumsi Oleh Ibu Hamil

Mengkonsumsi sawi juga sangat baik bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi sawi maka akan dapat menambah asupan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan bayi karena akan berpengaruh pada pembentukan sel serta DNA.

Baca artikel tentang cara menanam sawi.

Kandungan Nutrisi pada Sawi

Kandungan Sawi dan Manfaanya
Sumber Gambar: katadokter.web.id

Sawi adalah tumbuhan yang berasal dari marga Brassica. Terdapat beberapa jenis sawi, diantaranya sawi hijau, sawi putih, dan sawi huma. Sedangkan kandungan nutrisi pada tiap-tiap jenis sawi tidak jauh berbeda.

Beberapa nutrisi dan mineral yang terkandung pada sayur sawi ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantara nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin C, dan juga vitamin K.

Sayur sawi juga memiliki kandungan mineral, seperti fosfor, kalsium, kalium, sodium, dan juga zat besi. Seperti sayur hijau lainnya, sawi juga mengandung serat yang tinggi.

Efek Samping Sawi

Efek Samping Sawi
Sumber: khasiatsehat.com

Beberapa orang menganggap sayur sawi mengandung goitrogens yang bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Maka mengkonsumsi sayuran mentah sebaiknya dihindari pada individu yang memiliki masalah disfungsi tiroid.

Tetapi jika kondisi tubuh baik dan sehat, maka mengkonsumsi sayur mentah tidak menjadi masalah yang berarti. Sawi sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang yang menderita batu ginjal oksalat.

Pada 100 gram sawi hijau mentah mengandung lebih dari 500 miligram vitamin K. Ini melebihi nilai rata-rata harian yang normal atau direkomendasikan. Maka dari itu, konsumsilah sawi secara sewajarnya saja dan tidak berlebihan pada orang yang memakai antikagulan seperti warfarin.

Dengan mengolah sawi secara baik dan benar, serta mengkonsumsi dengan tidak berlebihan maka manfaat sawi akan dapat dirasakan oleh tubuh. Jika perlu, konsultasikan pada dokter ketika akan mengkonsumsi sawi jika kalian menderita penyakit seperti yang disebutkan diatas.

Tinggalkan komentar