Manfaat Rebusan Daun Seledri untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Seledri – Hampir semua daun-daunan di bumi ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Termasuk daun seledri. Khususnya untuk kesehatan ginjal dan sistem pencernaan.

Segelas rebusan daun seledri bisa membantu mengurangi racun yang ada di dalam tubuh. Racun tersebut keluar lewat air seni.

Bayangkan jika kita rajin mengkonsumsi rebusan daun seledri. Tentu tubuh kita akan terjaga dari racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, itu adalah salah satu manfaat rebusan daun seledri yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Masih ada manfaat lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk cari tahu lebih banyak.

Baca manfaat daun seledri untuk kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Seledri untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Seledri untuk Kesehatan
Sumber: Pixabay.com

Ada salah satu website yang menceritakan seseorang yang mengalami masalah pencernaan sembuh setelah mengkonsumsi rebusan daun seledri.

Penyebabnya karena jarang minum air putih sehingga mengalami susah buang air besar. Sudah 3 hari tidak bisa buang air besar, setelah minum air seledri langsung sembuh.

Jadi, manfaatnya benar-benar langsung dirasakan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat rebusan daun seledri yang penting untuk kita ketahui.

1. Menyehatkan Ginjal

Kandungan daun seledri bisa membantu memberikan efek diuretik. Apa itu efek diuretik?

Efek diuretik adalah efek yang memberikan kemungkinan besar ginjal bisa mengekskresikan urin lebih banyak.

Yang mana itu akan membuat perubahan keseimbangan cairan sehingga menormalkan kembali volume cairan ekstra sel.

2. Mengurangi Racun di Dalam Tubuh

Seperti yang sudah dibahas di atas, segelas rebusan daun seledri bisa membantu mengurangi racun yang ada di dalam tubuh.

Beberapa kandungan yang ada di dalam daun seledri bermanfaat untuk mengurangi racun di dalam tubuh.

Kandungan tersebut seperti magnesium dan zat besi. Selain itu masih banyak kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

3. Membantu Menetralkan Keasaman/Menyeimbangkan pH

Daun seledri mengandung mineral yang bermanfaat sebagai penyeimbang pH di dalam tubuh sehingga tingkat keasaman menjadi netral.

pH tubuh yang tidak seimbang biasanya menyebabkan sakit pada bagian perut atau lambung.

Jadi, rebusan daun seledri juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut yang disebabkan karena pH tingkat keasaman di dalam tubuh tidak seimbang.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun seledri mengandung polisakarida yang mana kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan. Termasuk menetralkan pH tingkat keasaman lambung yang menyebabkan penyakit maag.

Selain itu, baik juga untuk masalah memperbaiki lapisan lambung yang sudah rusak. Jadi, daun seledri ini memang terbukti secara ilmiah baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

5. Menurunkan Tekanan Darah (Hipertensi)

Dilansir dari alodokter.com, ekstrak daun seledri dipercaya baik untuk membantu menangani masalah tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi.

Namun cara pengolahan daun seledri yang tercantum di informasi, untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus.

Namun, sifatnya tidak diharuskan. Hanya dianjurkan yang tujuannya mungkin supaya lebih maksimal. Jadi untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi, bisa juga dikonsumsi dalam bentuk lain seperti suplemen dan rebusan daun seledri.

Nah, itulah beberapa manfaat rebusan daun seledri untuk kesehatan. Lumayan bukan? Hanya dengan minum rebusan daun seledri bisa bermanfaat untuk bermacam-macam masalah kesehatan.

Bagaimana dengan rasa ramuan ini?

Rasanya tidak pahit, tidak hambar juga tidak bikin mual. Air rebusan daun seledri warnanya “Dark Sea Green“. Aromanya jelas khas daun seledri.

Yang tidak kalah penting adalah ini merupakan ramuan herbal. Otomatis sedikit sekali mengandung resiko.

Jadi, jika masih penasaran, tunggu apalagi. Silahkan mencoba dan rasakan manfaat rebusan daun seledri untuk kesehatan tubuh anda.

Tinggalkan komentar