Manfaat Padi

Padi atau Oryza Sativa merupakan tanaman yang banyak di budidaya oleh sebagian besar penduduk bumi. Padi berasal dari India. Salah satu manfaat padi adalah dapat diolah menjadi makanan pokok, yaitu nasi.

Lebih dari separuh penduduk bumi menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, banyak petani yang lebih memilih budidaya padi dari pada tanaman lainnya.

Nah, selain diolah menjadi nasi, padi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia lho! Di kesempatan kali ini, Kami akan bahas secara lengkap mengenai manfaat padi bagi manusia.

Baca juga jenis-jenis tanaman sayur.

Manfaat Padi Bagi Manusia

Apa Manfaat Padi Bagi Manusia
Sumber Gambar: mobile.rilis.id/

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat padi, Kami akan menjelaskan nutrisi yang terkandung dalam satu butir padi. Simak baik-baik ya!

Nutrisi yang Terkandung Pada Padi:

  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Air
  • Vitamin B1 (Thaimine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid)
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Phosphorus
  • Potassium

Bagaimana? Begitu banyak bukan nutrisi yang terkandung dalam padi? Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna bagi tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya Kami akan jelaskan manfaat padi secara lengkap pada pembahasan dibawah ini.

1. Padi Mengandung Karbohidrat Tinggi

Sudah tidak asing lagi jika padi mengandung banyak karbohidrat. Itulah salah satu alasan kenapa padi diolah menjadi nasi dan dijadikan sebagai makanan pokok. Karbohidrat sendiri adalah sumber energi yang tercepat.

Karbohidrat yang terkandung dalam beras adalah 79 g per gram beras. Jika telah diolah menjadi nasi putih maka bisa menjadi alternatif yang baik bagi vegetarian agar tetap bisa mengembangkan tubuh secara alami.

2. Padi Bermanfaat Untuk Mencegah dan Mengobati Gangguan Pencernaan

Padi juga dapat mencegah dan bisa dijadikan sebagai obat untuk yang sedang mengalami gangguan pencernaan lho! Karena kandungan serat rendah yang terdapat dalam padi.

Ketika di olah menjadi nasi maka akan bermanfaat bagi yang sedang menderita radang usus, diare, sembelit, dan susah buang air besar.

Selain itu, manfaat padi lainnya adalah padi memiliki sifat diuretik ringan serta berfungsi membantu pencernaan dan antiinflamasi alami. Kamu bisa mengolahnya dengan membuat agar-agar beras.

3. Manfaat Padi Sebagai Obat Bisul, Bengkak, dan Jerawat

Jika saat ini Kalian sedang menderita bisulan, bengkak, atau jerawatan, maka padi bisa diolah menjadi obat untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya dengan mengolah padi untuk dijadikan beras, lalu di rebus, selanjutnya dikeringkan, dan kemudian di tumbuk/dihaluskan. Kemudian oleskan pada bisul, bengkak, dan daerah yang berjerawat.

Cara ini sudah lama dilakukan oleh orang India sejak zaman dahulu.

4. Ekstrak Padi Sebagai Bahan Obat dan Kosmetik

Ekstrak padi juga dapat diolah sebagai bahan untuk obat-obatan dan kosmetik. Hal ini diyakini karena ekstrak padi dapat menambah volume dan menjadikan rambut menjadi tebal.

Sehingga beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik menjadikan ekstrak padi/beras sebagai bahan campuran dalam shampoo atau produk perawatan lainnya seperti krim pelembab karena memiliki sifat anti penunaan atau anti aging.

Jika ingin menggunakan cara alami, maka Kalian dapat mencampurkan tepung beras dan madu. Oleskan ke daerah wajah, maka dapat mencerahkan wajah secara alami.

5. Manfaat Padi Untuk Perawatan Kulit

Adapun manfaat padi untuk kulit manusia adalah:

  • Padi juga dapat di manfaatkan untuk perawatan kulit. Karena padi sendiri mengandung anti oksidan yang tinggi yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Sangat efektif untuk kulit iritasi, bisa juga digunakan untuk salep kulit, serta dapat membantu mengurangi gatal-gatal.
  • Sebagai sumber yang sangat baik karena mengandung vitamin E yang dapat menjadikan kulit lembab dan melindungi kulit dari sinar UV berbahaya dan menghindari kulit kering.

Bahkan di negara Kanada, padi (Oryza Sativa) dijadikan sebagai bahan yang aman untuk produk perawatan kulit. Sedangkan di Jepang, produk berbahan dasar padi/beras telah digunakan sejak berabad-abad lamanya.

Di negara matahari terbit ini bahan tersebut dipercaya sebagai obat untuk berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit.

6. Manfaat Padi Dapat Mengobati Kanker

Manfaat padi lainnya adalah dapat mengobati penyakit kanker. Namun padi yang dimaksud adalah padi yang menghasilkan beras merah dan beras coklat, bukan beras putih.

Karena beras merah sendiri mengandung vitamin B kompleks. B1 dan B3, asam folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.

Sedangkan mineral yang terkandung dalam padi beras merah adalah kalsium, magnesium, tembaga, zat besi, seng, natrium, kalium, fosfor, dan 18 asam amino termasuk juga lisin dan triptofan.

Padi beras merah juga mengandung sedikit vitamin E dalam bentuk Alpha tokoferol serta vitamin K.

Uji klinis membuktikan bahwa ekstrak beras merah efektif untuk mengobati penyakit kanker payudara. Beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

7. Manfaat Padi Untuk Mengurangi Resiko Terkena Sakit Pernafasan

Untuk Kalian yang saat ini sedang terganggu pernafasannya atau sedang menderita gejala asma, padi beras merah juga dapat menjadi solusi untuk menyembuhkan gejala tersebut lho!

Padi beras merah sendiri mengandung beberapa selenium yang dapat membantu perbaikan DNA didalam sel serta memiliki antioksidan tinggi.

Hal ini dapat membantu mengurangi gejala penyakit asma dan sakit peradangan arthritis. Mangan yang terkandung dalam beras merah sendiri dapat membantu produksi hormon.

8. Manfaat Padi Untuk Mencegah Diabetes

Jika Kalian mengkonsumsi padi beras merah, padi beras hitam, dan padi beras coklat maka akan dapat mencegah diabetes. Berbeda dengan padi beras putih yang banyak mengandung gula.

Beras merah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga hal ini dapat membantu mencegah arteriosklerosis.

Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa padi beras merah bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2.

9. Manfaat Padi Untuk Menurunkan Kolesterol

Selain dapat mencegah diabetes, ketika telah diolah, padi juga dapat mencegah atau menurunkan kolesterol.

Hal ini tentunya dapat membantu Kalian agar terhindar atau memperbaiki tubuh yang terserang penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular atau penyakit jantung.

10. Manfaat Padi Dapat Meningkatkan Sel Darah Merah

Padi beras coklat mengandung senyawa yang dikenal dengan sebutan folacin yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Folacin dapat membantu pengembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi ketika masih dalam kandungan.

11. Padi Dapat Mengontrol Kenaikan Berat Badan

Pada tahuh 2003, sebuah penelitian dari Journal of America Clinic Nutrition menyatakan salah satu manfaat dari padi beras coklat adalah dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.

Ini perlu di coba bagi Kalian yang sedang menjalankan program diet agar mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan nasi coklat.

12. Padi Kaya Akan Antioksidan

Padi beras hitam jika diolah menjadi makanan maka akan memiliki rasa yang begitu nikmat. Namun apakah Kalian tahu selain dapat diolah menjadi makanan yang nikmat nan lezad, padi beras hitam juga kaya akan antioksidan.

Dapat dilihat dari warnanya yang hitam atau ungu. Warna ini mengindikasikan bahwa beras hitam memiliki sifat antioksidan tinggi.

Bahkan kandungan antosianin pada beras hitam lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.

Jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam tetap menempati posisi tertinggi kandungan antosianinnya daripada beras merah, coklat atau putih.

13. Manfaat Padi Untuk Melindungi Kesehatan Jantung

Di dalam diri manusia, terdapat begitu banyak organ-organ yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh. Salah satu organ terpenting dalam tubuh adalah jantung. Coba bayangkan apakah manusia bisa bertahan hidup tanpa adanya jantung? Tentu tidak!

Dengan banyak mengkonsumsi nasi maka akan dapat menjaga jantung supaya tetap sehat dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jika Kalian memiliki penghasilan lebih, maka dapat mengkonsumsi nasi beras hitam.

Beras hitam mengandung anthocyanin fitokimia yang dapat menjaga kadar kolesterol sehat serta mengurangi total kolesterol dan kolesterol jahat.

14. Manfaat Padi Mengurangi Resiko Darah Tinggi

Manfaat padi lainnya adalah dapat mengurangi resiko darah tinggi. Dengan kita mengkonsumsi nasi maka dapat menjadi obat alami untuk menurunkan darah tinggi atau hypertensi.

Jangan khawatir untuk mengkonsumsi nasi, karena nasi tidak banyak mengandung sodium, Sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

15. Manfaat Padi Dapat Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat padi yang terakhir adalah dapat membantu mendetoktifikasi tubuh serta membersihkan hati dari racun yang berbahaya.

Padi yang dimaksud adalah padi beras hitam. Karena padi beras hitam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Fitonutrein yang terkandung dalam beras hitam dapat membantu tubuh untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya dan mengurangi peradangan.

Nah, banyak sekali bukan manfaat padi bagi manusia yang sebelumnya tidak kita sadari? Semoga dengan pembahasan kali ini mengenai manfaat padi bisa menjadikan kita agar tidak malas-malasan lagi untuk mengkonsumsi nasi.

Tinggalkan komentar