Manfaat Minyak Bumi

Manfaat minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Minyak diekstraksi ini bersumber langsung dari kerak tambang atau kilang minyak.

Coba bayangkan jika bumi tidak mengandung minyak, apakah manusia dapat bertahan hidup hingga sekarang? Tentu pasti tidak!

Ini karena minyak merupakan komponen lengkap yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar dan sumber kehidupan.

Baca Juga : Manfaat Temulawak Putih

Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Minyak Bumi
Sumber Gambar: petrotrainingasia.com

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kehidupan manusia tidak akan bisa terlepas dari yang namanya minyak bumi. Hal ini karena terdapat begitu banyak manfaat minyak bumi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Lantas apa sajakah manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia? Berikut penjelasan selengkapnya.

Sebagai Bahan Bakar

Manfaat Minyak Bumi
Sumber Gambar: i2.wp.com/ardiantoyugo.com

Manfaat minyak bumi yang pertama adalah untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Namun sebelumnya harus melalui berbagai tahapan agar minyak bumi dapat digunakan sebagai bahan bakar yang tidak membahayakan manusia.

Proses pengolahan minyak bumi ini melalui berbagai tingkatan, misalnya proses pemurnian untuk mendapatkan komponen-komponen minyak bumi yang lebih ringan.

Minyak bumi yang telah melalui tahap penyulingan ini nantinya akan menjadi bahan bakar residu seperti bensin, pertalite, pertamax, solar, benzena serta minyak tanah.

Beberapa minyak ini nantinya akan menjadi bahan bakar untuk berbagai kendaraan yang menggunakan tenaga mesin dan diesel.

Sumber Gas Cair

Manfaat Minyak Bumi
Sumber Gambar: static.ussfeed.com

Manfaat minyak bumi selanjutnya adalah sebagai sumber gas cair yang biasa kita gunakan di dapur, misalnya LPG.

LPG atau Liquefied Petroleum Gas merupakan produk dengan nilai jual lebih tinggi daripada bahan bakar kendaraan yang diproduksi dari sumber minyak bumi yang disiapkan oleh proses pemurnian khusus, kemudian dilanjutkan dengan penyulingan.

Industri Kimia

Senyawa yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak bumi juga berguna untuk bahan dasar industri kimia. Beberapa produk yang diambil dari minyak bumi adalah seperti produk cat minyak, cat kayu, cat dinding, cat mobil dan juga beberapa produk plastik.

Produksi Energi Listrik

Manfaat Minyak Bumi
Sumber Gambar: i0.wp.com/gushaironfadli.com

Dalam produksi listrik juga memerlukan minyak untuk dijadikan sebagai sumber panas. Minyak yang digunakan untuk pembangkit listrik ini nantinya akan dikonversi secara khusus untuk menghasilkan uap.

Uap panas ini kemudian akan menggerakkan bagian turbin generator lalu diambil dengan cara menggerakkan solenoid untuk pembangkit listrik.

Penggerak Listrik Tenaga Surya

Tenaga surya merupakan salah satu cara manusia untuk menghasilkan listrik. Pada saat sumber listrik dibatasi oleh alam, maka matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik.

Energi matahari menyediakan sumber listrik alami yang sangat besar dan tidak memerlukan biaya mahal. Akan tetapi sumber yang digunakan untuk menggerakkan listrik tenaga surya ini tetap menggunakan minyak bumi sebagai bahan resin.

Jadi, minyak bumi tetap digunakan meskipun bukan dijadikan sebagai pokok utama dari pengolahan minyak.

Produksi Bahan Serat

Beberapa bahan serat seperti rayon, nilon, poliester, dan bahan tekstil sintetis lainnya dalam bahan dasar pembuatannya juga menggunakan komponen minyak bumi lho!

Namun hal ini harus melewati berbagai tahap pemrosesan terlebih dahulu agar nantinya menghasilkan berbagai produk, salah satunya yaitu untuk bahan campuran serat yang tidak mudah terbakar.

Sumber Produksi Polimer

Minyak mentah memungkinkan untuk memproduksi polimer khusus yang penting dalam pembuatan komponen industri. Salah satu industri yang menggunakan polimer minyak mentah ini adalah industri plastik.

Manusia membutuhkan plastik untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menyimpan barang, membungkus makanan, minuman dan lain sebagainya.

Bahan Poliuretan

Sebenarnya bahan ini dapat dengan mudah ditemukan di rumah kita, namun kita tidak menyadarinya. Bahan poliuretan ini merupakan bahan yang digunakan untuk berbagai barang yang mengandung busa.

Seperti yang diketahui, busa merupakan benda yang tahan terhadap tekanan serta sangat baik untuk menangani properti.

Bahan dasar busa ternyata menggunakan minyak bumi sebagai bahan polyurethane. Meskipun terbuat dari bahan dasar minyak bumi, namun busa merupakan salah satu produk yang sangat aman digunakan oleh manusia serta sangat ramah lingkungan.

Bahan untuk Produksi Mobil

Bagian-bagian mobil seperti kabel instalasi listrik, blok tubuh, dan beberapa perangkat lainnya di dalam mobil juga tentunya memerlukan minyak mentah.

Manfaat minyak bumi khususnya minyak mentah ini diperlakukan dengan berbagai cara untuk menghasilkan produk utama dan juga produk sampingan.

Beberapa serat diproduksi dari hasil pemrosesan minyak kemudian diubah menjadi lapisan-lapisan batang tubuh. Beberapa komponen elektronik yang lebih ringan serta beberapa cairan otomotif seperti minyak rem, minyak pelumas dan bahan bakar otomotif juga menggunakan bahan dasar minyak mentah.

Sebagai Produk Keperluan Dapur dan Furniture

Berbagai produk-produk rumah tangga/dapur seperti kunci, lemari es, panel pintu dan kursi pasti menggunakan minyak di dalam proses produksinya. Minyak ini digunakan sebagai sumber pemrosesan baik itu untuk sumber panas atau sebagai produk sampingan dalam pemrosesan baja, besi dan aluminium.

Komponen Medis

Manfaat minyak bumi yang terakhir adalah untuk membantu dalam komponen medis. Minyak bumi ini dapat menghasilkan berbagai produk atau senyawa yang mudah terbakar.

Selain itu, terdapat salah satu senyawa yang berbahan dasar minyak yang dijadikan sebagai bahan pembuatan obat-obatan, misalnya obat sakit kepala dan obat yang mengandung aspirin. Komponen hidrokarbon yang berbahan dasar minyak bumi merupakan bahan utama di dalam pembuatan obat-obatan tersebut.

Baca Juga : Manfaat Daun Jarak

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Manfaat Minyak Bumi
Sumber Gambar: materikimia.com

Setelah kita membahas mengenai manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia, namun apakah kita mengetahui bagaimana caranya dalam proses pembentukan minyak bumi sehingga dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan manusia? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini:

  • Minyak bumi berasal dari berbagai fosil tumbuhan dan juga binatang yang terkubur di kerak bumi selama ratusan juta tahun yang lalu.
  • Fosil tumbuhan dan juga binatang yang telah terkubur ini selanjutnya terbawa ke kerak bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi.
  • Sisa-sisa tumbuhan dan tulang binatang yang telah menjadi fosil ini akan bereaksi dengan gas alam secara alami.
  • Setelah bereaksi dengan gas alam, maka fosil-fosil ini berubah menjadi cairan atau minyak hitam.

Minyak bumi ini berperan sangat penting di dalam kehidupan manusia. Sementara itu, negara-negara yang terkenal akan cadangan minyak buminya yang sangat melimpah adalah Saudi Arabia, Iran, Irak, Amerika, serta beberapa negara di kawasan Asia, seperti Indonesia dan Cina.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat minyak bumi di dalam kehidupan manusia? Meskipun demikian, kita harus tetap bijak dalam menggunakan minyak bumi ini karena sebanyak apapun persediaan minyak mentah yang terdapat di dalam bumi maka akan tetap menemui titik dimana persediaan minyak bumi tersebut akan habis.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai berbagai manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.