Manfaat Merica untuk Kesehatan

Manfaat Merica – Sahabat @PakTani11, Merica atau ketika sudah dalam keadaan bubuk disebut lada merupakan salah satu rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu dapur.

Terdapat dua jenis lada yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan, yaitu lada putih dan lada hitam. Selain dijadikan sebagai bumbu masak, terdapat juga manfaat merica untuk kesehatan.

Berdasarkan catatan sejarah, pada abad ke-18, Vasco de Gama yang merupakan seorang penjelajah yang berasal dari Portugis memimpin sebuah ekspedisi yang dalam misinya yaitu mencari keberadaan lada untuk diperdagangkan.

Lada merupakan salah satu rempah yang dijadikan sebagai komoditas utama untuk diperjualbelikan di seluruh dunia. Bahkan, lada sudah lama terkenal dijadikan sebagai pengobatan tradisional India.

Manfaat Merica untuk Kesehatan

Manfaat Merica
Sumber Gambar: primarasa.co.id

Hingga saat ini, banyak yang menganggap manfaat merica dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kondisi tertentu, misalnya sakit perut, malaria, bronkitis, atau pun kolera.

Daripada menebak yang tidak-tidak, maka di kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama tentang manfaat merica bagi kesehatan.

Simak juga informasi tanaman lainnya.

1. Membantu Meredakan Radang Sendi

Manfaat merica yang pertama adalah dapat membantu meredakan radang sendi. Hal ini karena kandungan piperin pada lada yang memiliki sifat anti radang yang diduga mampu untuk mengurangi nyeri dan juga peradangan pada penderita arthritis.

Beberapa penelitian mengungkapkan piperin yang terkandung pada lada berfungsi untuk menghambat hormon prostaglandin dan zat interleuktin yang bisa memicu peradangan pada sendi. Namun penelitian ini masih sebatas uji coba yang dilakukan terhadap hewan.

2. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Menurut penelitian, ekstrak lada dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti bakteri E. coli, Salmonella, Listeria, dan bakteri Staphylococcus. Hal tersebut karena lada memiliki sifat anti bakteri alami yang dapat mencegah bakteri-bakteri yang telah disebutkan diatas berkembang di makanan.

3. Meredakan Hidung Tersumbat

Jika Anda masalah hidung tersumbat, maka Anda dapat memanfaatkan merica atau lada sebagai obat alami untuk membantu melawan masalah tersebut. Kandungan dekongestan alami pada lada mampu mengencerkan penumpukan lendir didalam saluran pernapasan.

Untuk membantu meredakan hidung tersumbat, maka Anda dapat mencampurkan sedikit lada kedalam masakan berkuah, misalnya sup ayam.

4 Mencegah Kerusakan Sel

Radikal bebas adalah salah satu penyebab terbesar yang mengakibatkan kerusakan sel-sel didalam tubuh. Dengan mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, maka akan dapat mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kandungan antioksidan ini dapat diperoleh dari berbagai sayuran atau buah-buahan. Lada merupakan salah satu bumbu masakan yang banyak mengandung antioksidan tinggi dan lada juga mampu mencegah kerusakan pada sel.

5. Membantu Mengobati Penyakit Lambung

Manfaat merica atau lada yang selanjutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit lambung. Lada juga diketahui dapat membantu orang yang kesulitan menelan makanan, misalnya saja pada manula.

Ekstrak lada hitam memiliki efek sebagai anti radang dan juga anti bakteri yang ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori yang bisa menyebabkan tukak lambung.

6. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat minyak lada dipercaya dapat mencegah diabetes tipe 2. Terdapat penelitian yang mengungkapkan, bahwa kandungan piperin pada lada mampu menurunkan kadar glukosa didalam darah.

Pada penelitian lain mengatakan piperin berguna untuk menghambat enzim amilase dalam memecah pati untuk diubah menjadi glukosa. Meskipun demikian, penelitian ini dilakukan terhadap hewan serta belum ada penelitian yang berani memastikan manfaat merica untuk obat diabetes pada manusia.

7. Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Bekas jerawat pada wajah memang dapat membuat kepercayaan diri menurun. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat cara alami untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan memanfaatkan bubuk merica atau lada.

Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk lada dengan sedikit air kemudian jadikan sebagai masker. Pakailah masker ini sekitar 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Ketiak

Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, lada juga dapat melawan bau tidak sedap di area ketiak. Anda cukup menggunakan lada yang dicampur dengan kapur sirih dan minyak zaitun. Balurkan bahan-bahan tersebut secara rutin sampai ketiak tidak lagi mengeluarkan bau tak sedap.

9. Mengobati Rematik atau Asam Urat

Pada usia lanjut biasanya mudah untuk terkena berbagai penyakit, ini disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun. Salah satu masalah yang sering dialaminya adalah masalah pada otot atau persendian.

Untuk membantu mencegah masalah seperti rematik atau asam urat, maka bisa memilih merica untuk dijadikan obatnya. Cukup dengan mencampurkan 1 sendok merica dengan temu ireng, daun tarum, pepaya, dan juga sedikit garam.

Kemudian tumbuk semua bahan tersebut sampai halus lalu tambahkan 1/2 gelas air panas. Jika sudah, tinggal peras semua bahan yang telah dicampurkan ini lalu minum air perasannya 2 kali dalam sehari secara rutin.

10. Mencegah Kanker Prostat

Salah satu penyakit yang dapat mengancam jiwa manusia adalah kanker prostat. Pertumbuhan kanker prostat dapat menghambat aliran darah ke kandung kemih. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan kesulitan untuk buang air kecil.

Selain dapat mempengaruhi kelancaran keluarnya air kecil, penyakit ini juga dapat mempengaruhi kesuburan pada pria dewasa! Agar terhindar dari penyakit ini, maka dapat mengkonsumsi ramuan yang terdapat kandungan merica secara teratur.

11. Menyehatkan Kulit

Dengan bertambahnya usia, kesehatan kulit pun dapat terganggu. Supaya kesehatan kulit terjaga, maka solusi alaminya yaitu dapat mengkonsumsi merica. Salah satu kandungan utama pada merica seperti piperine dapat merangsang pembentukan pigmen melanocytes yang mengakibatkan warna kulit lebih merata.

Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penelitian dari Oregon Health & Science University.

Selain dapat meratakan warna kulit, pigmen ini juga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan juga paparan sinar UV dari mantahari.

12.Membantu Menurunkan Berat Badan

Merica juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini tentunya kabar yang baik bagi Anda yang sendang menjalankan program diet. Dilansir dari Food NDTV, kulit bagian terluar pada merica mengandung phytonutrient yang bisa membantu untuk memecah lemak serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Diluar daripada itu, ketika mengkonsumsi beberapa butir merica segar maka badan akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat. Sehingga racun-racun yang ada didalam tubuh juga ikut keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.

Namun Anda harus mengontrol ketika mengkonsumsi merica agar tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh.

13. Meredakan Sakit Kepala

Salah satu penyebab sakit kepala yaitu karena terdapat syaraf yang tegang di kepala, hal ini mengakibatkan aliran darah ke otak menjadi terhambat. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah karena masuk angin, kurang istirahat, stress atau masalah-masalah lainnya.

Kandungan yang ada didalam merica ini ternyata dapat menenangkan syarat-syaraf yang tegang sehingga dapat menyebabkan aliran otak supaya lebih lancar sehingga rasa nyeri atau sakit kepala hilang.

Manfaat Merica Lainnya

Manfaat merica untuk kesehatan dan kecantikan
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com/

1. Mengusir Nyamuk

Manfaat merica lainnya adalah dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengusir nyamuk. Anda cukup mencampurkan lada dengan minyak nimba kemudian tambahkan air panas. Setelah campuran tersebut menghangat, tambahkan juga ragi kemudian tutup menggunakan penutup yang telah dilubangi.

Gas yang dihasilkan dari bahan-bahan tersebut dapat membuat nyamuk enggan mendekati rumah.

2. Mengusir Tikus

Selain dapat mengusir nyamuk, merica juga memiliki manfaat dapat mengusir tikus. Faktanya tikus merupakan binatang yang tidak suka terhadap bau yang menyengat, salah satunya adalah bau merica atau lada.

Anda cukup menaburkan lada atau merica pada area yang dilalui oleh tikus, maka tikus dengan sendirinya akan pergi jauh karena tidak tahan dengan aroma yang dikeluarkan oleh lada.

Berbagai manfaat merica tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan, namun banyaknya manfaat merica ini mirip dengan banyaknya manfaat sayur kangkung. Sebaiknya konsumsi merica atau lada dengan kadar secukupnya saja supaya tidak menimbulkan masalah terhadap kesehatan tubuh.

Tinggalkan komentar