Manfaat Lemon Untuk Wajah

Siapa sangka, berbagai manfaat lemon untuk wajah bisa kita dapatkan sebagai bahan alami yang dipercaya mampu untuk merawat kulit wajah.

Dengan menggunakan jeruk lemon sebagai perawatan wajah juga bisa kita lakukan dimana saja dan caranya pun cukup sederhana.

Jeruk lemon sendiri mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Maka tak heran, saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan jeruk lemon sebagai bahan dasar utamanya.

Baca Juga : Manfaat Daun Karet Kebo dan Efek Sampingnya

Berbagai Manfaat Lemon Untuk Wajah

Manfaat Lemon Untuk Wajah
Sumber Gambar: www.teropongonline.com

Kebanyakan dari wanita pasti akan membeli produk-produk untuk perawatan wajah atau mendatangi salon kecantikan hanya untuk mendapatkan wajah yang cerah dan cantik.

Padahal kita bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita untuk membantu merawat kulit wajah. Salah satunya adalah buah lemon.

Terdapat banyak manfaat daripada buah lemon ini untuk wajah kita. Ini karena terdapat banyak kandungan vitamin dan juga mineral yang terdapat di dalam buah lemon.

Kita dapat mengaplikasikan lemon pada wajah kita dengan cara mengolah lemon menjadi jus atau masker wajah. Namun dalam menggunakan buah lemon pada wajah tentunya harus dengan hati-hati terlebih lagi bagi kita yang memiliki kulit sensitif.

Berikut ini adalah berbagai manfaat lemon untuk wajah:

Membersihkan Kulit Wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang pertama adalah dapat membersihkan kulit wajah daripada kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Kotoran-kotoran pada wajah ini dapat terangkat dengan menggunakan air lemon untuk dijadikan sebagai toner pada wajah.

Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Tidak hanya membersihkan kulit pada wajah, lemon juga mampu menjaga kelembapan wajah. Kita cukup menggunakan air perasan buah lemon yang sebelumnya sudah dicampur dengan beberapa tetes air kelapa.

Campurkan kedua bahan tersebut agar dapat menjaga kulit dari hidrasi serta mampu menjaga kulit supaya tetap lembap.

Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat lainnya daripada buah lemon untuk kulit wajah adalah mampu mengecilkan dan menutup pori-pori pada wajah. Ini karena buah lemon mempunyai sifat sebagai astringen kulit yang dapat merangsang pori-pori kulit agar tertutup kembali sehingga kulit wajah terlihat lebih kencang.

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati memang sangat berbahaya bagi kulit wajah. Nah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah maka kita dapat memanfaatkan buah lemon ini. Hal ini karena lemon mengandung antiseptik yang bersifat mengelupas sel-sel kulit yang telah mati.

Mampu Mengobati Jarawat

Jerawat merupakan masalah klasik yang menjadi musuh terbesar para remaja. Tetapi tidak usah khawatir berlebihan, karena lemon mampu mengatasinya.

Kita dapat memanfaatkan buah lemon ini untuk mengobati jerawat. Di dalam buah lemon terkandung bahan yang bersifat antibakteri yang dapat menyingkirkan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Mengatasi Wajah Berminyak

Seperti halnya jerawat, wajah berminyak juga merupakan salah satu masalah yang dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Memiliki minyak berlebih pada wajah dapat membuat wajah terlihat kusam dan tidak cerah.

Kita dapat memanfaatkan lemon untuk mengantisipasi hal tersebut karena lemon mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Menghilangkan Komedo

Selain dapat menghilangkan jerawat dan minyak berlebih, buah lemon ternyata juga mampu menghilangkan komedo. Kandungan pada lemon ini mampu mengangkat serta mengeluarkan kotoran yang bisa menyebabkan adanya komedo di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita dapat mengoleskan air perasan jeruk lemon pada bagian wajah yang terdapat komedo yaitu dengan menggunakan cotton bud. Lakukan cara tersebut dengan rutin dan teratur setiap hari maka wajah kita pun akan terbebas dari komedo.

Memutihkan Wajah

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah bersih dan putih, pasti semua wanita menginginkannya. Beberapa diantaranya rela membeli produk pemutih wajah dengan harga yang mahal sedangkan efeknya tidak terlalu baik untuk wajah.

Daripada membeli produk pemutih wajah yang mahal dan kurang baik untuk kesehatan wajah, maka kita dapat menggunakan bahan alami seperti lemon untuk membuat kulit wajah kita terlihat lebih putih.

Kandungan vitamin C dan juga asam sitrat pada lemon faktanya dapat membantu mencerahkan kulit wajah sehingga terlihat lebih putih dan bersih.

Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Memiliki rasa khawatir terhadap penuaan dini memang cukup wajar. Tanda-tanda seperti keriput, age spot, pigmentasi merupakan beberapa tanda-tanda penuaan dini. Untuk mengantisipasi masalah tersebut sebenarnya kita dapat menggunakan lemon untuk mengatasinya.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon faktanya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membentuk sel-sel pada kulit wajah guna untuk menangkal radikal bebas serta mampu merangsang peningkatan produksi kolagen kulit yang menjadikan tanda penuaan dini dapat dengan cepat teratasi.

Menjadikan Bibir Terlihat Lebih Cerah

Manfaat Lemon Untuk Wajah
Sumner Gambar: anekatop10.com

Selain kulit wajah, lemon juga bermanfaat mampu membuat bibir agar terlihat lebih cerah. Buah lemon dapat membantu mencerahkan warna bibir karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di bibir.

Jika dibiarkan, sel-sel kulit mati ini dapat mengakibatkan bibir terlihat lebih kusam dan gelap. Jadi jika sel kulit mati dapat terangkat maka warna bibir pun akan terlihat lebih indah dan cerah.

Kita dapat dengan mudah mendapatkan buah lemon segar di pasar. Menggunakan bahan alami tentunya sangat aman dari zat-zat yang membahayakan kulit kita. Selain itu, dengan menggunakan bahan alami juga sangat ramah terhadap biaya yang kita keluarkan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat lemon untuk wajah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.