Manfaat Kayu Secang

Halo sahabat @PakTani11, berikut ini akan kita bahas tentang manfaat kayu secang untuk kesehatan. Jangan lupa baca juga artikel kami tentang jenis tanaman obat.

Sudah puluhan tahun yang lalu, kayu secang sudah dipercaya sebagai tanaman yang bermanfaat oleh masyarakat pedesaan.

Orang-orang dulu memanfaatkan kayu secang sebagai ramuan tradisional yang mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Di zaman tekhologi canggih seperti sekarang ini, dunia kedokteran bisa membuktikan bahwa kayu secang memang kaya akan manfaat. Apa saja manfaatnya? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga tanaman herbal lainnya.

Manfaat Kayu Secang

Manfaat Kayu Secang
Sumber Gambar: harapanrakyat.com

Kayu secang bisa bermanfaat karena adanya kandungan-kandungan zat alami yang cocok untuk mendukung kesehatan tubuh manusia.

Diantaranya zat alami tersebut adalah Caesalpin P dan Sappanchalcone. Jika ingin tahu lebih banyak apa saja kandungan-kandungan dari pohon secang, nanti kami akan bahas di pembahasan setelah manfaat kayu secang.

1. Anti Alergi

Berdasarkan studi kasus, mengkonsumsi air rebusan kayu secang bisa membantu dalam melemahkan sampai menghilangkan efek alergi pada tubuh manusia.

Hal ini dipengaruhi adanya senyawa kalkon yang ada pada kayu secang. Boleh dikatakan kayu ini bahan yang efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar anti alergi.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Kerusakan sel-sel tubuh dapat menyebabkan dampak serius bagi kesehatan. Hal ini bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi rebusan kayu secang.

Hal yang berkaitan dengan sel-sel tubuh adalah imunitas tubuh. Kita sangat perlu memperkuat imun tubuh untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Salah satu cara untuk memperkuat imunitas adalah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan kayu secang.

Ada beberapa kandungan yang bersumber dari kayu secang bermanfaat untuk mengatasi masalah imun tubuh.

3. Bagus untuk Membantu Menyembuhkan Diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat berdampak pada kesehatan.  Penyakit yang berhubungan dengan gula darah adalah penyakit diabetes.

Beberapa kandungan yang ada di dalam kayu secang dipercaya oleh dunia kesehatan baik untuk mengobati penyakit diabetes.

4. Membantu Sistem Peredaran Darah

Mengkonsumsi wedang secang atau rebusan kayu secang, dapat merelaksasikan pembuluh darah. Jika rutin mengkonsumsi sesuai anjuran, ini akan membuat badan jadi segar bugar.

Dengan pembuluh darah yang baik, penebalan ateri dapat dicegah, dan peredaran darah pun jadi lebih lancar. Apabila darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, maka akan berdampak pada kesegaran tubuh.

5. Menangkal Jantung Koroner

Jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Jika tidak dicegah atau ditangkal sejak dini, penyakit ini bisa menyerah sewaktu-waktu.

Salah satu tindakan untuk mengantisipasi penyakit jantung koroner adalah dengan mengkonsumsi wedang secang.

Zat antioksidan yang terdapat dalam rebusan kayu secang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

6. Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat kayu secang berikutnya adalah bagus untuk pencegahan penyakit hati. Kerusakan hati bisa terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya adalah penurunan angka SAT.

Dengan mengkonsumsi olahan kayu secang, secara tidak langsung anda atau kita sudah melakukan pencegahan penyakit kerusakan hati.

7. Membantu Menyembuhkan Penyakit Diare

Diare bisa menyerang kapan saja, dimana saja, dan siapa saja. Penyakit ini terbilang cukup merepotkan. Karena berkaitan dengan sistem pencernaan.

Mengkonsumsi rebusan daun secang, merupakan salah satu cara untuk mengobati penyakit yang satu ini. Beberapa kandungan zat yang ada dalam kayu secang, bagus untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan.

8. Membantu Mengatasi Asam Urat

Umumnya penyakit asam urat menyerang pada orang yang sudah tidak muda lagi. Mungkin penyakit ini tergolong umum terjadi.

Asam urat atau yang memiliki nama lain gout merupakan peenyakit yang berkaitan erat dengan sendi-sendi.

Kandungan Caesalpin P dan Sappanchalcone yang ada dalam kayu secang bersifat antinflamasi, yang mana sifat ini bagus untuk menyembuhkan asam urat.

9. Mencegah Pertumbuhan Penyakit Tumor dan Kanker

Berikutnya adalah manfaat kayu secang untuk mencegah penyakit yang mematikan, yakni tumor dan kanker.

Ada beberapa senyawa yang terdapat di dalam kayu secang bagus untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kedua penyakit tersebut.

Diantara senyawa-senyawa tersebut adalah kloroform, metanol air, dan butanol. Senyawa tersebut memiliki sifat toksik untuk sel tumor dan sel kanker.

10. Mencegah Jerawat

Timbul jerawat di wajah dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri tampil di muka umum.

Jika sudah keliatan tanda-tanda munculnya jerawat di wajah, segeralah cegah supaya tidak semakin banyak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat adalah dengan menggunakan rebusan kayu secang.

Gunakan sebagai pencuci muka. Dan lakukan secara rutin. Brazilein dan pigmen merah yang merupakan ekstrak dari kayu secang, dapat dimanfaatkan untuk melawan Propionibacterium acnes. Salah satu bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Kandungan Kayu Secang

Kandungan dan Manfaat Kayu Secang
Sumber Gambar: jaheazwa.com

Melihat kayu secang memiliki banyak sekali manfaat, tentu kita perlu tahu apa saja kandungan yang terdapat pada kayu secang.

Buat anda yang penasaran dengan kandungan kayu secang, berikut adalah kandungan-kandungan kayu secang.

  • Saponin.
  • Tanin.
  • Terpenoid.
  • Kardenolin.
  • Fenil Propana.
  • Antrakinon.
  • Flavonoid.
  • Alkaloid.
  • Brazilin.
  • Brasilien.
  • Asam galat.
  • Resin.
  • Delta-a Phellandrene.
  • Resorsin.
  • Minyak atsiri.
  • Oscimene.
  • Sappanchalcone.
  • Caesalpin P.

Mengenal Lebih Jauh Kayu Secang

Mengenal Pohon Kayu Secang
Sumber Gambar: bibitbunga.com

Buat anda yang belum pernah melihat dan sama sekali belum tahu informasi tentang kayu secang, bisa baca ulasan tentang mengenal lebih jauh kayu secang ini.

Dinamakan kayu secang karena kayu ini diambil dari pohon secang atau yang memiliki nama lain Caesalpinia Sappan.

Perlu diketahui bahwa nama kayu secang di setiap daerah berbeda-beda. Seperti di Aceh, kayu secang dinamakan Seupeung. di Minangkabau dinamakan Cacang/Lacang.

Di Batak kayu secang namanya Sopang. Di negeri sakura, kayu ini disebut dengan Soun. Dan di negara-negara yang berbahasa Inggris kayu secang disebut Sappanwood.

Pohon secang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri pohon ini termasuk bisa tumbuh subur. Sehingga kita orang Indonesia cukup mudah mendapatkan kayu secang.

Olahan kayu secang sebagai wedang, cukup banyak disukai oleh berbagai kalangan. Termasuk orang-orang keraton.

Tidak hanya kayunya yang bermanfaat, kulit pohon secang pun bisa dimanfaatkan. Salah satunya sebagai pewarna alami makanan.

Di bumi ini, tumbuh beribu-ribu bahkan jutaan jenis tanaman yang secara umum memiliki manfaat untuk manusia. Termasuk kayu secang ini. Manfaat kayu secang adalah bagian dari nikmat Tuhan yang dianugrahkan kepada manusia.

Satu pemikiran pada “Manfaat Kayu Secang”

  1. Artikel yang menarik dan bermanfaat. Salah satu dosen dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Indonesia telah melakukan penelitian tentang potensi kayu secang sebagai obat kumur. Untuk artikel lebih lengkapnya akan saya bagikan link artikel di bawah ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
    news.unair.ac.id/2020/04/08/potensi-kayu-secang-sebagai-obat-kumur/
    Sekian dan Terima Kasih

Tinggalkan komentar