Manfaat Kacang Tanah

Banyak yang menganggap jika mengkonsumsi kacang tanah, maka dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Padahal itu sebuah pernyataan yang salah! Faktanya, banyak manfaat kacang tanah yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita.

Kacang tanah termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan yang memiliki rasa lezat dan renyah. Walaupun memiliki ukuran yang kecil namun kacang tanah memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Pada kesempatan kali ini Kami akan menjelaskan tentang manfaat kacang tanah, apa itu kacang tanah, nutrisi yang terkandung pada kacang tanah, serta dampak negatif ketika mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan.

Baca juga informasi tanaman lainnya.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan
Sumber Gambar: image-cdn.medkomtek.com

Sama halnya dengan manfaat singkong, kacang tanah juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat kacang tanah bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Ini cocok di konsumsi bagi Kalian yang saat ini sedang menjalankan program diet. Karena kacang tanah dapat memberikan rasa kenyang.

Rasa kenyang akibat mengkonsumsi kacang tanah ini dapat mencegah supaya tidak mengkonsumsi makanan berlebih. Hal ini dikarenakan kacang tanah termasuk jenis kacang-kacangan yang mengandung serat makanan tidak larut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak berbeda dengan manfaat singkong, manfaat kacang tanah juga dapat menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi kacang tanah, maka kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

Kacang tanah dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol berlebih serta dapat meningkatkan produksi oksida nitrat.

3. Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan pada kacang tanah terbilang cukup tinggi. Kacang tanah juga mengandung vitamin, mineral, serta zat gizi lain yang dapat memberikan energi tinggi bagi tubuh.

Antioksidan ini dapat membersihkan darah dari radikal bebas. Sedangkan jika mengkonsumsi kacang tanah dengan cara direbus, maka kandungan antioksidan ini menjadi lebih aktif serta lebih ampuh untuk menangkal radikal bebas tersebut.

4. Mendukung Pertumbuhan Tubuh

Kacang tanah juga sangat baik dikonsumsi bagi Kalian yang saat ini sedang dalam masa pertumbuhan. Karena manfaat kacang tanah lainnya adalah dapat mendukung pertumbuhan tubuh.

Kandungan protein yang banyak dan kandungan asam amino pada kacang tanah dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh supaya tumbuh lebih pesat/cepat.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit,mengingat kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6, dan nutrisi lainnya.

Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara teratur, maka dapat membantu kulit agar terhindar dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Manfaat kacang tanah untuk kesehatan pada kulit lainnya adalah:

6. Mencegah Kulit Keriput

Dengan kandungan vitamin E pada kacang tanah, maka dapat membantu mengurangi garis atau kerutan pada kulit. Selain vitamin E, kacang tanah juga mengandung vitamin B dan riboflavin yang dapat membuat kulit lebih bersinar.

7. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat mencegah kulit keriput, kacang tanah juga dapat mencegah penuaan dini. Sebuah studi penelitian menunjukan pada kacang tanah terdapat molekul antiviral reservatrol tinggi dimana kandungan ini juga ditemukan pada anggur merah.

Kandungan antiviral reservatrol dapat mengurangi radikal bebas serta meminimalisir kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari. Reservatrol ini juga bisa menghambat perkembangan/pertumbuhan tumor dan kanker kulit.

8. Mampu Meningkatkan Kesuburan

Kacang tanah baik dikonsumsi pada pasangan yang baru menikah yang menginginkan kehamilan supaya lebih cepat karena dapat meningkatkan fertilitas. Dengan mengkonsumsi kacang tanah 100 gram perhari maka dapat meningkatkan kemungkinkan untuk hamil.

Sedangkan untuk yang sedang dalam masa kehamilan, kacang tanah juga baik dikonsumsi karena kandungan asam folatnya yang dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

9. Mengontrol Koleterol

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa kacang tanah dapat membantu mengontrol atau menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi pada kacang tanah. Kandungan asam lemak yang tinggi ini juga mampu mencegah penyakit jantung koroner.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Untuk yang mempunyai riwayat diabetes, maka mengkonsumsi kacang tanah juga dapat menjadi solusinya. Karena manfaat kacang tanah lainnya adalah dapat membantu mengontrol gula darah.

Kandungan mangan yang terdapat di dalam kalsium dapat mengatur kadar gula darah agar tidak berlebih. Kadar gula darah normal memang sangat penting agar tubuh tidak mengalami gangguan metabolisme.

11. Mengatasi Stress

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah mampu mengatasi stress atau depresi!  Kondisi stress atau depresi disebabkan karena rendahnya kadar serotonin.

Sedangkan kacang tanah mengandung triptofan yang dapat meningkatkan pelepasan zat-zat kimia tertentu yang dapat mempengaruhi terjadinya depresi. Pelepasan zat kimia ini dapat meningkatkan kadar serotenin sehingga stress/depresi dapat teratasi.

Kalian bisa mengkonsumsi kacang secara langsung atau diolah menjadi selai kacang, kacang rebus, atau bisa juga diolah menjadi kacang goreng.

12. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang menyumbang kematian terbesar di dunia. Dengan melakukan pola hidup sehat, olahraga teratur, makan-makanan bergizi, serta istirahat yang cukup maka dapat mencegah risiko terkena kanker.

Namun apakah Kalian tahu, bahwa mengkonsumsi kacang tanah juga dapat mencegah penyakit kanker? Karena faktanya kacang tanah mengandung asam p-coumaric yang baik untuk membantu tubuh agar dapat mencegah resiko kanker.

13. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Study menyembutkan jika pada saat meneliti kacang tanah, terdapat nutrisi yang terkandung di dalamnya dimana nutrisi ini baik untuk menurunkan risiko batu empedu. Kacang tanah juga memiliki manfaat dapat mencegah infeksi pada hati, kantung empedu, atau organ tubuh lainnya.

14. Dapat Meningkatkan Memori

Manfaat kacang tanah yang terakhir adalah dapat meningkatkan memori. Hal ini disebabkan karena kacang tanah mengandung niacin dan resveratrol yang bisa melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan memori.

Selain dapat menguatkan memori atau ingatan, kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi dan juga mampu membuat tidur lebih lelap.

Apa Itu Kacang Tanah?

Apa itu kacang tanah
Sumber Gambar: iksan.n9s.com/

Kacang tanah, atau beberapa masyarakat jawa menyebutnya dengan sebutan kacang jebrul adalah tanaman  polong-polongan. Sedangkan nama latin kacang tanah adalah Arachis hypogaea L. Kacang tanah ini tergolong dalam golongan suku Fabaceae.

Peanut atau groundnut adalah nama lain kacang tanah dalam bahasa Inggris. Kacang-kacangan ini pertama kali tumbuh di Amerika bagian selatan.

Cara menikmati kacang tanah ini dapat dimakan mentah secara langsung, atau diolah menjadi kacang rebus, kacang goreng, selai, atau lainnya.

Nutrisi yang Terkandung Pada Kacang Tanah

Kandungan Kacang Tanah
Sumber Gambar: ibudanmama.com/

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, cara menanam kacang tanah juga terbilang cukup mudah, namun jangan menyepelakan kandungan nutrisi pada kacang tanah! Terdapat beberapa nutrisi yang terkandung pada kacang tanah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di antara nutrisi-nutrisi yang terkandung pada kacang tanah adalah karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serat, sodium, kalsium, potasium, dan zat besi.

Sedangkan lemak yang terkandung pada kacang tanah pun adalah lemak baik bagi tubuh, yaitu lemak nabati. Lemak ini adalah lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kacang tanah juga mengandung omega-6 dalam jumlah yang cukup banyak.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Kacang Tanah Secara Berlebihan

Segala hal yang berlebihan pasti juga akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi yang melakukannya. Seperti halnya jika mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan. Konsumsi lah kacang tanah sewajarnya saja.

Karena jika mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan maka dapat mengakibatkan menurunnya kadar mineral dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal!

Bagaimana sahabat tanam, begitu banyak bukan manfaat kacang tanah bagi tubuh kita? Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun mengkonsumsi nya pun harus secukupnya saja. Hal ini guna untuk menghindari risiko terkena gagal ginjal.

Tinggalkan komentar