Manfaat Daun Seledri

Pada umumnya manfaat daun seledri banyak dijadikan sebagai pelengkap untuk berbagai masakan khas Indonesia, misalnya bakso, soto dan masakan khas lainnya.

Selain dijadikan sebagai pelengkap untuk berbagai masakan, faktanya manfaat daun seledri juga baik untuk kesehatan lho seperti halnya manfaat lemon untuk wajah.

Berdasarkan penelitian yang terpercaya, daun seledri mengandung antioksidan yang terbilang cukup tinggi. Seperti yang diketahui, antioksidan merupakan suatu zat yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh adanya proses oksidasi dan juga radikal bebas.

11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri
Sumber Gambar: cdn-production-thumbor-vidio.akamaized.net

Memang benar banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena terdapat banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun seledri adalah seperti folate, potasium, vitamin C, vitamin K, dan juga vitamin B6.

Berikut ini adalah 11 manfaat daun seledri yang baik untuk kesehatah:

1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung koroner. Untuk menghindari penyakit mematikan ini, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita, yaitu seledri.

Ekstrak biji seledri dipercaya memiliki manfaat sebagai anti-hipertensi yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga mampu mengontrol tekanan darah agar tidak tinggi.

2. Mencegah Infeksi

Di dalam sebuah penelitian, biji tanaman seledri diketahui mengandung antimikroba khusus yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan biji seledri ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk infeksi.

3. Mencegah Kanker

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kemampuan dapat memproteksi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan polyacetylenes yang terdapat pada seledri ini biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk obat chemoprotective. Obat tersebut merupakan obat untuk pencegah efek samping akibat kemoterapi.

Polyacetylenes dipercaya mampu membasmi racun serta mencegah pembentukan sel kanker, khususnya kanker payudaya, kanker usus dan juga leukimia.

4. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat Daun Seledri
Sumber Gambar: belukab.go.id

Selain dapat mencegah kanker, polyacetylenes dan antioksidan yang terkandung di dalam seledri juga bermanfaat untuk anti inflamasi yang disebabkan oleh kerusakan elemen-elemen tubuh.

Inflamasi ini sangat merusak tubuh karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti arthritis dan penyakit jantung.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seledri mengandung kalori yang terbilang cukup rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi kita yang menderita obesitas. Selain itu, seledri juga memiliki kemampuan sebagai cadangan nutrisi tubuh serta mengelola metabolisme lemak tubuh.

Meskipun kandungan kalorinya rendah, namun seledri dikenal padat nutrisi serta mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat seperti vitamin, antioksidan, elektrolit, dan juga mineral.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi orang yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, maka salah satu cara alaminya adalah dengan mengkonsumsi seledri.

Manfaat daun seledri ini mampu menurunkan kadar kolesterol karena seledri mengandung elemen unik  3-n-butylphthalide (BuPh) yang berfungsi sebagai penurunan kadar lemak dan juga pengontrol kesehatan jantung.

Kita dapat mengkonsumsi suplemen yang berbahan dasar seledri agar dapat menurunkan kolesterol lipoprotein, jumlah kolesterol dan juga konsentrat triglyceride dalam tubuh.

7. Menyehatkan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita. Agar ginjal kita sehat, maka salah satu solusi alaminya adalah dengan mengkonsumsi seledri.

Tanaman seledri merupakan sayuran yang mampu membersihkan liver dengan cara alami. Kandungan vitamin A, B, C dan juga zat besi pada seledri terbilang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perlindungan organ ginjal dan juga liver.

Dengan mengkonsumsi seledri secara rutin maka dapat membantu melindungi ginjal serta dapat mencegah penyakit liver dan juga mampu membersihkan racun dalam tubuh.

8. Sebagai Obat Herbal Antibakteri

Manfaat daun seledri telah digunakan sejak berabad-abad lamanya sebagai obat herbal yang memiliki efek sebagai antibakteri. Bahkan manfaat daun seledri ini telah dipublikasikan pada sebuah penelitian dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology.

Dalam penelitian tersebut menunjukan bahwa ekstrak daun seledri yang dicampur dengan sejumlah bakteri memiliki kemampuan untuk menetralisir bakteri-bakteri tersebut.

Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seledri dapat digunakan untuk menjaga imunitas tubuh secara alami.

9. Melancarkan Pencernaan

Kandungan polisakarida berbasis pektin yang terdapat pada daun seledri dapat mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, membantu untuk melancarkan pencernaan serta dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

10. Meredakan Nyeri Haid

Sebagian wanita ketika haid pasti merasakan nyeri. Nah, untuk meredakan nyeri akibat haid maka dapat mengkonsumsi produk yang bahan dasar mengandung biji seledri dengan beberapa campuran bahan lain.

Selain itu, dengan mengkonsumsi seledri juga dapat mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri yang dirasakan pada saat haid.

11. Mampu Mengusir Nyamuk

Manfaat Daun Seledri
Sumber Gambar: cintaihidup.com

Menurut penelitian, gel pengusir nyamuk yang mengandung ekstrak seledri mampu bertahan lebih dari 4 jam. Menggunakan seledri dan bahan lainnya untuk produk anti nyamuk dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk.

Demikianlah manfaat daun seledri bagi kesehatan. Meskipun memiliki rasa yang kurang menggugah selera makan, namun dengan banyaknya manfaat jika kita mengkonsumsi seledri maka saat ini kita harus rajin dalam mengkonsumsinya agar manfaat-manfaat tersebut dapat kita dapatkan.