Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal – Ginjal adalah organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Apabila fungsi ginjal rusak, maka bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Menjaga pola hidup dan pola makan merupakan cara menjaga kesehatan ginjal dan merupakan bagian penting dari mencegah kerusakan ginjal.

Selain itu, mengkonsumsi air putih yang cukup juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Tidak berlebihan mengkonsumsi minuman-minuman manis dalam kemasan, dan masih masih banyak lagi cara untuk menjaga kesehatan ginjal.

Termasuk dengan mengkonsumsi olahan daun seledri.

Sudah banyak informasi baik dari website-website kesehatan, berita, dan website lainnya yang melansir bahwa seledri baik untuk kesehatan ginjal.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengolah daun seledri untuk kesehatan ginjal. Nah, mari kita bahas lebih dalam.

Baca juga: Lebih banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal
Sumber Gambar: Pixabay.com

Siapa yang tidak tahu daun seledri. Semua pasti sudah tahu. Selain mudah ditemukan, daun seledri juga kerap digunakan untuk bahan campuran penyedap masakan.

Selain bisa untuk penyedap masakan, daun seledri juga bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan ginjal. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal dengan memanfaatkan daun seledri?

Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal

Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal
Pixabay.com

Khusus untuk kesehatan ginjal, daun seledri sebaiknya diolah menjadi rebusan daun seledri. Jika belum tahu langkah-langkah membuat rebusan daun seledri, anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Siapkan Daun Seledri

Sebelum proses perebusan daun seledri, langkah awal adalah menyiapkan daun seledri yang berkualitas.

Umumnya yang belum lama dipetik. Cuci sampai daun seledri benar-benar bersih. Jika sudah dicuci bersih, langkah berikutnya adalah memotong daun seledri kecil-kecil.

Setelah itu baru menyiapkan alat untuk memasaknya/merebusnya.

2. Rebus Daun Seledri

Untuk proses perebusan, tidak ada yang berbeda dengan merebus lainnya. Maksudnya rebus di dalam air sampai air benar-benar mendidih.

Proses pencampuran daun seledri dengan air rebusan bisa saat air belum mendidih, atau bisa juga saat air sudah mendidih.

Rebus kurang lebih selama 10 menit. Setelah air mendidih dan proses perebusan sudah sekitar 10 menit, matikan api lalu angkat dan diamkan sampai dingin.

3. Pisahkan Daun Seledri dengan Air Rebusan

Jika sudah benar-benar dingin, rebusan daun seledri bisa dipisahkan antara air dengan daun seledrinya.

Tujuannya untuk mempermudah saat diminum. Karena kalau tidak disaring atau dipisahkan, maka daun seledri bisa terbawa saat diminum, dan itu akan sedikit mengganggu.

4. Air Rebusan Daun Seledri Siap untuk Dikonsumsi

Nah, untuk mengkonsumsinya, sebaiknya segelas per hari. Boleh diminum di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Atau bisa juga 2-3 jam setelah makan siang. Berarti sekitar jam 15.00 – 16.00. Dengan mengkonsumsi rebusan daun seledri setiap hari, maka ginjal akan lebih terjaga.

Setidaknya ada 3 manfaat minum rebusan daun seledri yang berkaitan dengan kesehatan ginjal. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal

Ada banyak kandungan daun seledri yang bermanfaat untuk kesehatan. Contohnya seperti Vitamin C, K, zat besi, dan asam folat.

Salah satu kandungan yang paling berpengaruh pada kesehatan ginjal adalah zat antioksidan. Karena zat tersebut memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk melawan radikal bebas.

1. Mengoptimalkan Fungsi Ginjal

Zat antioksidan yang terkandung di dalam daun seledri dipercaya mampu mencegah munculnya masalah pada ginjal.

Dilansir dari winnetnews.com, ada sebuah study di University of Alabama tahun 2011 yang mengatakan zat antioksidan bisa menaikkan fungsi ginjal hingga 30% pada seseorang yang mengalami penyakit ginjal kronis.

Artinya, daun seledri mampu membantu mengoptimalkan fungsi ginjal secara drastis pada pasien penyakit grinjal kronis.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah di bagian ginjal.

Jika itu terjadi, maka ginjal akan mengalami kesulitan dalam membuang sisa cairan yang ada di dalam tubuh.

Mengkonsumsi rebusan daun seledri dapat membantu melancarkan peredaran darah, yang membuat tekanan darah turun dan potensi kerusakan ginjal menurun.

3. Daun Seledri Mengandung Flavonoid yang Bagus bagi si Ginjal

Flavonoid adalah salah satu zat yang terkandung di dalam daun seledri. Zat ini memiliki manfaat yang bagus untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Menurut winnetnews.com, zat ini membantu melindungi ginjal dari potensi yang bisa menyebabkan cedera ginjal akut dan ginjal kronis.

Video Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal

Video di atas adalah sebuah tutorial bagaimana cara mengolah daun seledri supaya bermanfaat untuk ginjal.

Video tersebut bersumber dari chanel youtube AURA VIDEOGRAPHY, Selamat menonton.

Demikian artikel kami tentang manfaat daun seledri untuk ginjal. Semoga penjelasannya mudah anda pahami. Manfaat daun seledri tidak hanya untuk kesehatan ginjal saja, anda dapat mencari informasi manfaat daun seledri lainnya di sini.

Tinggalkan komentar