Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Jepang – Selain bermanfaat sebagai sayuran nikmat, daun ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Salah satu tanaman sayur yang mudah tumbuh dan tidak rumit perawatan adalah tanaman pepaya jepang. Cepat tumbuh besar dan nikmat buahnya.

Daun pepaya Jepang atau yang memiliki nama latin Cnidoscolus Aconitifolius, merupakan jenis daun yang kaya akan nutrisi. Ada protein, zat besi, serat, dan vitamin C.

Oleh sebab itu, daun ini dipercaya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat daun pepaya Jepang bagi kesehatan tubuh? Berikut adalah ulasannya.

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan
Pixabay.com

Jika dibandingkan dengan bayam, daun pepaya Jepang jauh lebih kaya akan nutrisi. Seperti yang sudah disinggung di atas, daun ini mengandung seperti protein, serat, zat besi, dan vitamin C.

Kandungan-kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan tubuh.

Selain kandungan yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya daun ini masih banyak mengandung zat lain. Termasuk senyawa hidrogen sianida atau yang disingkat dengan HCN.

Apa itu HCN ? Ini adalah racun yang dilepas oleh Sianogen glikosida. Dari kandungan ini, daun pepaya Jepang bisa menimbulkan efek samping negatif.

Apa saja efek samping daun pepaya Jepang? Anda bisa membacanya di sini, atau pada bagian akhir artikel ini.

1. Penambah Darah dan Pencegah Anemia

Selama ini daun bayam dipercaya memiliki khasiat sebagai penambah darah dan pencegah penyakit anemia karena kandungan zat besinya.

Tentunya hal itu juga berlaku pada daun pepaya Jepang yang mengandung zat besi 2 kali lebih banyak dari daun bayam.

Dengan begitu, jika kita bosen dengan bayam, bisa gantian dengan daun pepaya Jepang ini.

2. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung di daun pepaya Jepang adalah kisaran 200 – 330 mg/100 g. Jika mengkonsumsi daun ini sehari, maka kebutuhan kalsium tubuh sudah terpenuhi 20 – 33%.

Kalsium merupakan nutrisi tubuh yang berfungsi untuk kesehatan tulang agar lebih kuat. Selain tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk kesehatan saraf-saraf, otot, dan jantung.

3. Bagus untuk Memperkuat Otot Tubuh

Selain kalsium, otot juga membutuhkan protein untuk membangun otot yang sehat dan kuat. Mengkonsumsi banyak protein maka massa otot akan semakin bertambah.

Dengan mengkonsumsi daun pepaya Jepang sebanyak 100 gram, maka kebutuhan protein sudah terpenuhi 12 – 15% dari protein yang dibutuhkan dalam sehari.

4. Bagus untuk Melancarkan Pencernaan

Menurut deherba.com, daun ini memiliki kandungan serat hingga 111% lebih tinggi dari daun bayam. Salah satu fungsi serat adalah melembutkan feses dan menambah berat serta ukuran besar.

Feses akan lebih mudah dikeluarkan jika ukurannya besar, padat, dan lembut. Tentu ini akan mencegah sembelit. Dan jika kita sedang mengalami gangguan pencernaan, serat akan bekerja untuk memadatkan feses.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Salah satu fungsi dari vitamin C adalah menambahkan kekuatan pada sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sebagai penambah antioksidan di dalam darah dan membantu meningkatkan sel-sel darh putih.

Dengan begitu, setidaknya ini adalah langkah terbaik untuk mencegah resiko terkena penyakit kronis ataupun penyakit biasa.

6. Bagus untuk Kesehatan Mata

Selain vitamin C, daun pepaya Jepang juga mengandung vitamin A. Yang mana, vitamin A ini bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Mengkonsumsi daun pepaya Jepang sebanyak 100 gram, maka kebutuhan vitamin A harian sudah terpenuhi sekitar 27% untuk kebutuhan harian.

Dengan kebutuhan vitamin A hariannya sudah tercukupi, maka kemungkinan terkena penyakit mata seperti degenerasi makula akan terminimalisir.

Nah, itulah manfaat-manfaat daun pepaya Jepang yang bisa kita dapatkan jika kita rajin mengkonsumsi daun ini.

Pada intinya, daun ini tergolong mengandung nutrisi yang tinggi, jika dibandingkan daun-daun hijau lainnya.

Jika kita ingin rutin mengkonsumsi daun ini, kita bisa menanamnya sendiri di pekarangan dekat rumah. Sehingga tidak perlu ke pasar untuk membelinya.

Tinggal petik dan rawat pohonnya supaya bisa menikmati kapan saja. Cara menanam dan merawat tanaman pepaya Jepang tergolong mudah dan cepat besar.

Efek Samping Daun Pepaya Jepang

Manfaat Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan
Pixabay.com

Selain manfaat, ada juga efek samping dari daun yang kaya akan kandungan ini. Ini penting untuk diketahui. Karena kalau hanya mengetahui manfaatnya saja bisa berbahaya.

Kenapa berbahaya? Karena jika berlebihan mengkonsumsi daun ini efek samping kemungkinan besar akan timbul dan bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Sudah kami singgung sedikit di atas, bahwa terdapat kandungan yang bernama Sianogen Glikosida yang melepaskan racun di dalam tubuh. Racun itu bernama Hidrogen Sianida atau HCN.

HCN jika melebihi kadar aman di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai efek samping. Apa saja efek samping daun pepaya Jepang ini?

Berdasarkan penjelasan dari lembaga The National Institute for Occupational Safety and Health, HCN bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan dan penggunaan oksigen di dalam tubuh.

Terpapar HCN efeknya akan menyebar ke seluruh tubuh secara sistemik. Terutama pada bagian organ yang bekerjanya bergantung pada oksigen.

Adapun tanda-tanda seseorang yang keracunan HCN adalah pusing di kepala, mual dan muntah, sesak nafas, cemas, dan gelisah.

Tanda-tanda yang lebih serius lagi yaitu mengalami kejang otot, pinsan, koma, sampai kematian.

Efek samping daun pepaya Jepang boleh dikatakan cukup serius. Makanya penting untuk mengetahui dosis dan cara mengkonsumsi daun ini.

Cara Aman Mengkonsumsi Daun Pepaya Jepang

Cara Mengolah Daun Pepaya
Pixabay.com

Melihat begitu penting manfaat daun ini, tentu keinginan kita untuk mengkonsumsi daun ini jadi bertambah. Namun, di sisi lain, ada efek samping yang cukup serius dari kandungan HCN yang ada dalam daun ini.

Lalu, bagaimana cara aman untuk mengkonsumsi daun ini dari efek samping yang bisa sampai fatal? Nah, jika kita tidak membaca sampai sini, tentu tidak akan tahu bahwa efek samping bisa kita minimalisir.

Caranya sangat mudah. Jadi, efek bahaya daun pepaya Jepang poinnya ada pada senyawa HCN. Jika senyawa ini bisa dikurangi atau dinetralkan, kita bisa mengkonsumsi daun ini tanpa ada rasa khawatir.

Pertanyaannya, bagaimana cara menetralkan kandungan HCN ini? Menurut deherba.com, sudah dilakukan penelitian terkait hal ini. Hasilnya mengatakan bahwa kadar HCN bisa dikurangi sampai batas aman dengan cara dimasak atau direbus.

Cukup masak atau rebus daun ini selama minimal 15 menit, maka kandungan senyawa HCN akan berkurang.

Tentang Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya Jepang merupakan salah satu tanaman obat yang mudah ditemukan dan mudah dibudidayakan. Khasiat daun ini tidak sangat mengangkat nilai dari daun ini.

Ada pun efek samping yang ada, sebaiknya jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak mengkonsumsi daun ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan, penyebab efek samping tersebut merupakan senyawa HCN.

Senyawa ini bisa dinetralkan dengan cara dimasak atau merebus daun ini selam 15-20 menit. Jika sudah melalui proses tersebut, maka daun ini sudah aman untuk dikonsumsi.

Itu saja informasi dari kami tentang manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan. Semoga artikelnya bermanfaat.

Tinggalkan komentar