Manfaat Daun Pegangan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Daun Pegangan dan Cara Mengkonsumsinya – Ada banyak khasiat daun pegangan, dan ada beberapa cara mengkonsumsi daun pegangan.

Pegangan adalah jenis tumbuhan gulma. Apa itu gulma? Gulma adalah tumbuhan pengganggu tumbuhan lainnya. Pegangan mudah kita jumpai di pesawahan dan pekarangan rumah.

Tumbuhan yang memiliki nama lain tanaman kaki kuda ini memiliki kelebihan mudah beradaptasi. Sehingga bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Artikel lainnya: Jenis Jenis Tanaman Obat

Manfaat Daun Pegangan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Daun Pegangan dan Cara Mengkonsumsinya
Pixabay.com

Tanaman pegangan atau yang memiliki nama latin Centella Asiatica (linn) Urb.  Meski termasuk dalam jenis tanaman gulma, bukan berarti tanaman ini tidak memiliki manfaat.

Malahan ada banyak manfaat daun pegangan untuk kesehatan tubuh manusia. Daun dari tanaman yang dinamai oleh masyarakat sunda dengan nama antanan rampat ini kaya akan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Seperti Gllikosida triterpenoida, hidrocotylin, kalium, isothankuniside, carotenoid, centellose, thankuniside, madasiatic acid, glikosida saponin, meso inositol, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya kandungan-kandungan yang ada, daun ini sering dimanfaatkan manusia sebagai herbal untuk membantu kesehatan tubuh manusia.

Apa saja manfaat-manfaatnya? Berikut beberapa manfaat yang bisa anda ketahui.

Manfaat Daun Pegangan

Manfaat Daun Pegangan dan Cara Mengkonsumsinya
Pixabay.com

1. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat daun pegangan yang pertama adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Triterpenoid adalah senyawa yang terkandung di dalam daun pegangan.

Senyawa tersebut memiliki fungsi mempercepat proses penyembuhan luka. Dilansir dari bungabunga.co.id, sebuah investigasi pernah diterbitkan oleh International Journal of Lower Extremity Wounds, bahwa uji coba penyembuhan luka pada tikus dengan kandungan daun pegangan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan yang tidak diobati.

Sebuah penelitian di Minerva Chirugica juga menyatakan hasil penelitian terkait daun pegangan terbukti bisa mengurangi bekas luka bedah, setelah memanfaatkan kandungan daun ini sebagai dosis oral.

Selain itu, ada penelitian lain yang mengatakan ramuan daun ini juga membantu mengurangi resiko infeksi pada luka bakar.

2. Membantu Melancarkan Perederan Darah

Sebuah studi yang pernah diterbitkan di jurnal Angiology menunjukan daun ini bisa membantu mengatasi masalah hipertensi vena.

Selain itu, daun ini juga digunakan untuk membantu menangani masalah varises dan insufisiensi vena dengan mengurangi pembengkakan dan mendorong sirkulasi darah.

Ini adalah penyakit penumpukan darah di kaki. Gejala penyakit ini adalah bengkak, rasa sakit, dan kaki terasa berat.

Dengan mengkonsumsi olahan daun ini, gejala-gejala tersebut bisa berkurang. Tentunya karena kandungan-kandungan daun pegangan yang memang memiliki khasiat.

3. Sebagai Anti Peradangan

Daun pegangan bersifat antiinflamasi. Sifat ini ada karena daun ini mengandung triterpen. Sebenarnya kandungan ini lebih banyak dijumpai di batang daun pegangan.

Asam madecassic dan asam asiatic yang ada dalam daun ini, membantu menghambat IL-1 beta, IL-6, dan TNF-alpha yang ada dalam sel yang mengalami infeksi bakteri.

Ini akan meningkatka pembekuan dan membantu mengurangi infeksi.

4. Sebagai Anti Aging

Ada sebuah studi yang berhasil dipublikasikan oleh Journal of Aryuveda and Inegrative Medicine, bahwasanya daun ini bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang ada di tubuh.

Usia yang terus bertambah, menyebabkan berkurangnya produksi kolagen. Ekstrak daun pegangan bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit agar tetap elastis.

5. Menyamarkan Strech Mark

Sebuah penelitian menyatakan bahwa daun pegangan bagus untuk mengurangi munculnya stretch mark. Ada salah satu kandungan daun ini, yang bernama triterpenoid yang berfungsi meningkatkan kolagen di dalam tubuh.

Hal ini bisa menyamarkan strech Mark. Dan sekaligus mencegah adanya strech Mark. Cukup dengan gunakan krim atau olahan lain yang mengandung ekstrak daun pegangan ini. Namun harus tetap berhati-hati, yang bertujuan untuk menghindari terjadinya reaksi negatif.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Tahun 2016 ada sebuah penilitian yang mengatakan asam folat dan efek ekstrak daun pegangan mampu membantu meningkatkan fungsi dari otak setelah stroke.

Setelah diteliti lebih lanjut, tenyata yang lebih berperan dalam meningkatkan fungsi otak setelah stroke adalah ekstrak daun pegangan.

7. Membantu Menyembuhkan Penyakit Alzheimer

Daun pegangan dipercaya bisa dimanfaatkan untuk melindungi sel-sel otak supaya terhindar dari keracunan. Dan, daun ini juga bisa melindungi sel-sel otak supaya terhindar dari plak di otak yang memicu terjadinya Alzheimer.

Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jika anda ingin menggunakan daun ini untuk mengatasi penyakit Alzheimer, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

8. Membantu Mengatasi Masalah Imsonia

Susah tidur kerap kali mengganggu waktu istirahat kita di malam hari. Bagaimana tidak, waktu malam yang seharusnya digunakan untuk istirahat dengan tidur nyenyak malah tidak bisa.

Jika mengalami hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur atau imsonia. Salah satunya dengan mengkonsumsi olahan daun pegangan.

Daun pegangan dipercaya mengandung zat-zat yang membantu untuk mengatasi insomnia.

9. Membantu Mengatasi Stres atau Cemas

Daun pegangan dipercaya mengandung senyawa triterpenoid yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Salah satunya bisa untuk membantu mengatasi stres ataupun rasa cemas.

Dari beberapa penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa ekstrak daun pegangan bisa menggantikan antidepresan.

Nah, itulah beberapa manfaat daun pegangan yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang sudah dicantumkan pada tema artikel ini, yakni manfaat daun pegangan dan cara mengkonsumsinya.

Jika di atas adalah manfaatnya, berarti selanjutnya adalah cara mengkonsumsi daun pegangan. Bagaimana caranya? Mari pantengin terus artikel ini sampai selesai.

Cara Mengkonsumsi Daun Pegangan

Khasiat dan Centella
Pixabay.com

Manfaat dan cara mengkonsumsi daun pegangan merupakan tema artikel ini. Setelah membahas manfaat sekarang tinggal bagaimana cara untuk mengkonsumsi daun ini agar bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Sebenarnya ada banyak olahan dari daun ini. Ada yang mengkonsumsi daun ini dalam bentuk lalapan atau juga urap. Ada juga yang ramuan daun pegangan yang terbuat dari daun pegangan, batang tapak lima, madu, air putih, dan madu.

Selain itu bisa juga memanfaatkan daun ini untuk membantu merawat kecantikan. Caranya bagaimana?

Cukup dengan membut ramuan untuk digunakan sebagai masker. Bahan-bahan untuk membuatnya adalah daun pegangan dan bedak dingin. Jika sudah jadi, langsung kabari saja.

Demikian pembahasan kami tentang manfaat daun pegangan dan cara mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar