Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya – Daun mint adalah daun yang terkenal akan sensasi dingin dan menyegarkan. Ciri-ciri daun ini berwarna hijau, bulat lonjong, dan permukaan ditutupi bulu-bulu halus yang cukup tebal.

Ada banyak manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti membantu menjaga kesehatan gigi dan baik untuk meningkatkan fungsi otak.

Meskipun daunnya berukuran kecil, namun kaya akan kandungan. Salah satu kandungannya adalah vitamin A, yang mana vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan mata.

Menarik bukan? Masih ada banyak hal menarik lainnya dari daun mint ini. Semua kami rangkum di artikel tentang manfaat daun mint dan cara mengolahnya.

Baca juga jenis tanaman obat yang sering kita jumpai di lingkungan kita.

Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya
Pixabay.com

Ada banyak manfaat daun mint yang menarik untuk diketahui. Dan juga ada beberapa macam jenis olahan daun mint supaya bisa digunakan dan dimanfaatkan isi kandungannya.

Mari kita baca dan cari tahu lebih jauh informasi tentang daun yang banyak dijadikan bahan campuran membuat pasta gigi ini.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satu alasan kenapa daun mint dijadikan salah satu bahan untuk membuat pasta gigi dan obat kumur adalah karena kandungan menthol dan antiseptiknya.

Menthol ini yang memberikan sensasi dingin dan segar pada pasta gigi dan obat kumur. Sedangkan antiseptik sebagai pembunuh kuman di dalam mulut.

Selain itu, manfaat daun mint pada pasta gigi dan obat kumur benar-benar dimaksimalkan sehingga memberi manfaat untuk gigi jadi lebih sehat, kuat, putih, bersih, dan anti keropos.

2. Membantu Menghilangkan Bau Mulut

Tahukah anda? Kenapa ketika kita bangun tidur tidak jarang bau mulut jadi tidak sedap. Salah satu penyebabnya adalah karena kuman-kuman di dalam mulut.

Nah, setelah kita gosok gigi, mulut jadi terasa segar dan bau mulut pun hilang. Itu tidak lain adalah karena peran daun mint yang dijadikan salah satu bahan pembuatan pasta gigi.

Sebenarnya kita bisa buktikan langsung dengan cara mengkonsumsi langsung daun mint yang masih segar.

Ya, daun mint aman jika dikonsumsi langsung meski tanpa kudapan lain. Aroma mint dan kandungan menthol mampu membunuh kuman penyebab bau mulut, sehingga mulut menjadi lebih segar tanpa bau mulut.

3. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Dilansir dari 99.co, daun mint bisa dijadikan herbal untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Seperti diare, sakit perut, akut, dan gangguan pencernaan lainnya.

Senyawa menthol yang ada pada daun mint bisa memberikan kehangatan pada perut, dimana akan berdampak pada kenyamanan usus.

Dengan kondisi yang nyaman, usus akan bekerja lebih maksimal dalam mencerna makanan yang masuk.

4. Membantu Meningkatkan Kinerja Otak

Otak adalah organ yang sangat penting. Jika kita sering mengalami mudah ngantuk kehilangan konsentrasi dan tidak fokus, bisa coba manfaatkan daun mint.

Daun mint memiliki aroma yang segar. Sangat cocok untuk terapieutik. Tentunya sangat membantu untuk meningkatkan kinerja otak.

Gunakan minyak daun mint dengan cara usapkan pada bagian-bagian yang dekat dengan hidung. Seperti samping luar mata, belakang telinga, dan dada.

5. Membantu Eksfoliasi Kulit

Manfaat daun mint selanjutnya adalah bisa untuk membantu eksfoliasi kulit. Daun mint yang ditumbuk dan diolah dengan minyak zaitun terus ditambah sedikit air, bisa dimanfaatkan untuk eksfloiasi kulit.

Daun mint yang sudah diolah dengan cara tersebut bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik tanpa harus mengalami iritasi atau pun luka goresan.

6. Membantu Kulit Terlindung dari Paparan Sinar UV dan Radikal Bebas

Sinar matahari yang sangat terik bisa saja merusak kulit. Di sini letak kekayaan manfaat daun mint. Selain untuk herbal, daun mint juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pelindung kulit dari paparan sinar Ultra Violet.

Daun mint mengandung vitamin A, C, omega-3, dan folat. Kandungan tersebut merupakan zat yang berpengaruh pada kesehatan kulit.

7. Membantu Meredakan Sakit Kepala

Dilansir dari 99.co, penyebab terjadinya sakit kepala adalah otot-otot kepala mengalami reaksi tegang yang mengakibatkan neuron tertarik sehingga muncul rasa sakit pada kepala.

Umumnya sakit kepala muncul saat kondisi sedang mengalami stres atau kecapean. Ada sebuah riset yang mengatakan bahwa daun mint bisa untuk mengobati sakit kepala.

Caranya adalah dengan minyak yang di dalamnya mengandung ekstrak mint. Karena kandungan mint akan mengeluarkan aroma terapeutik yang bisa membantu melancarkan aliran darah di otak. Sehingga otot-otot menjadi tidak tegang lagi.

8. Membantu Menghilangkan Rasa Stres

Masih ada kaitannya dengan sakit kepala. Stres juga masalah yang timbul dari dalam kepala. Dengan memanfaatkan khasiat daun mint, stres bisa berkurang.

Caranya bisa dengan dimakan langsung atau bisa juga dioleskan pada bagian samping mata. Menghirup aroma daun mint dipercaya bisa memberikan relaksasi yang berpengaruh pada rasa stres.

9. Membantu Program Diet

Kandungan kaori di dalam daun mint sangat rendah dan kaya akan serat. Yang mana serat-serat ini bisa membantu merancang enzim pencernaan.

Enzim ini memiliki fungsi melarutkan lemak dan juga sebagai penyedia nutrisi yang baik. Untuk membantu program diet anda, daun mint bisa diolah dengan cara dijadikan teh mint yang diminum 2 kali sehari.

10. Membantu Mengatasi Heartburn

Apa itu heratburn? Adalah suatu penyakit perih dan panas di bagian dada. Penyakit ini tergolong berbahaya. Karena berkaitan dengan pernafasan.

Jika dibiarkan, tentunya dampak paling fatalnya adalah sebuah kematian. Mengkonsumsi teh mint seminggu 5 kali adalah salah satu cara untuk mencegah Heartburn.

Cara Mengolah Daun Mint

Cara Mengolah Daun Mint
Pixabay.com

Nah, tema pembahasan kita adalah tentang manfaat daun mint dan cara mengolahnya. Di atas sudah kita ulas tentang beberapa manfaat daun mint. Sebenarnya masih ada manfaat lain dari daun mint ini.

Selanjutnya kita ulas tentang cara mengolah daun mint. Diulas dari situs pikiran-rakyat.com, ada beberapa macam olahan daun mint yang bisa kita buat sendiri di rumah.

1. Jus Daun Mint

Langkah pertama untuk mengolah daun mint menjadi jus adalah siapkan seikat daun mint ditambah dengan seikat daun ketumbar.

Siapkan segelas air, garam, lemon, dan lada hitam. Masukan semua daun mint dan ketumbar ke dalam blender. Diikuti dengan memasukan air, lada hitam, dan garam.

Jika sudah, mulailah menyalakan blender dan tunggu sampai halus. Kemudian matikan, peras lemon ke dalam jus daun mint yang sudah halus.

Untuk waktu konsumsi paling baik adalah di pagi hari.

2. Teh Mint

Untuk mengolah daun mint menjadi teh, perlu untuk mengeringkan daun mint terlebih dahulu dengan cara dijemur.

Jika sudah memiliki daun mint yang sudah kering, bisa langsung dibuat teh mint dengan cara seperti membuat teh pada umumnya.

3. Rebusan Daun Mint

Hampir sama dengan teh mint, rebusan daun mint adalah salah satu cara mengolah daun mint sebelum dikonsumsi.

Bedanya dengan teh mint adalah rebusan daun mint menggunakan daun mint yang masih segar, alias baru metik.

Proses pengolahannya adalah dengan merendam daun mint di air mendidih selama 10 menit. Setelah 10 menit, pisahkan daun mint dengan air rebusannya dengan cara disaring.

Sebuah penelitian mengatakan meminum air rebusan daun mint sebanyak 2-3 cangkir teh selama 1 hari merupakan cara untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Mencampurkan Duan Mint ke Makanan

Siapkan beberapa lembar daun mint yang masih segar, lalu tambahkan ke salad kesukaan anda. Hal ini baik untuk mencegah perut kembung.

Dan cara ini juga bisa membantu program diet anda. Namun tetap harus menghindari makanan berminyak, berlemak dan mengandung banyak kalori.

Nah demikian ulasan kami tentang manfaat daun mint dan cara mengolahnya. Masih banyak varian olahan daun mint yang tidak kami sebutkan, ke 4 olahan di atas merupakan jenis yang paling mudah dan cepat diproses.

Tinggalkan komentar