Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat daun kelor tidak seperti ukuran daunnya yang kecil. Manfaatnya begitu penting dalam masalah kesehatan. Sampai-sampai, ada ilmuan yang menyebutnya sebagai Miracle Tree atau pohon ajaib.

Di zaman modern seperti ini, orang-orang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan instan. Banyak orang yang tidak tahu bahwa mengkonsumsi sayur seperti daun kelor yang dimasak memiliki banyak manfaat.

Maka penting untuk mengenalkan manfaat daun kelor pada generasi-generasi sekarang. Caranya bisa dengan memberi tahukan langsung pada generasi-generasi sekarang, dan mencontohkan dengan mengkonsumsi daun kelor.

Jika anda seorang yang sudah berkeluarga, coba agendakan untuk mengkonsumsi daun kelor sebulan sekali atau seminggu sekali. Lebih sering akan lebih baik.

Jika bosan dibikin sayur daun kelor, anda bisa mencoba cara lain untuk mengkonsumsi daun kelor. Anda bisa cari informasi tentang tanaman lain di situs ini.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sumber Gambar: asianparent-assets-id.dexecure.net

Kita harus tahu, bahwa daun kelor mengandung diantaranya ada Potasium tiga kali lipat dari pisang, Vitamin C tujuh kali lipat dari jeruk, dan Kalsium empat kali lipat dari susu.

Itu baru beberapa kandung daun kelor, untuk informasi lebih banyak bisa baca di artikel tentang kandungan daun kelor.

Dengan kandunga-kandungan yang ada, daun kelor memiliki banyak sekali manfaat. Baik manfaat untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan bagi kaum hawa.

Dalam artikel ini, akan kami paparkan manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

A. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Wajah
Sumber Gambar: rumahkelor.com

Dilansir dari bulelengkab.go.id, hampir semua bagian dari tanaman pohon kelor memiliki khasiat. Dan yang paling banyak dan paling mudah dikonsumsi adalah bagain daunnya.

Berikut ini adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan yang dilansir dari situs bulelengkab.go.id.

1. Baik untuk Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap seimbang dengan postur tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sudah dipercaya dan terbukti oleh para ahli, bahwa mengkonsumsi teh daun kelor bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Yang mana jika sistem pencernaan lancar, maka metabolisme tubuh akan optimal membakar kalori.

Daun kelor yang dijadikan teh mengandung polyphenol yang bekerja sebagai antioksidan. Yang mana antioksidan ini berfungsi untuk mendetoksifikasi racun yang ada di tubuh.

2. Baik untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Menyusui

Dilansir dari situs berita health.liputan6.com, seorang dosen di salah satu Universitas terkenal di Indonesia yakni UGM, menjelaskan bahwa di Indonesia pengembangan manfaat dari tanaman kelor tergolong lambat, jika dibandingkan dengan luar negeri.

Meskipun begitu, kesempatan masih terbuka lebar untuk pangsa dalam negeri. Namun, jika tidak segera dilakukan pengembangan, kedepannya bisa saja pangsa pasar dalam negeri bisa dikuasai oleh produsen dari luar negeri.

Menurut dosen tersebut, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan tanaman kelor untuk perbaikan gizi bagi ibu hamil dan menyusui.

Tanaman kelor mengandung zat besi tinggi, lebih tinggi dari bayam, artinya ini sangat bagus untuk kebutuhan ibu usai melahirkan.

Selain itu, kelor mengandung unsur flavonoid yang bagus untuk menghasilkan ASI lebih banyak bagi ibu menyusui.

Namun, untuk ibu hamil pada trisemester pertama perlu menghindari daun kelor.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Vitamin A yang tinggi membuat mengkonsumsi daun kelor bermanfaat untuk kesehatan mata.

Dilansir dari jitunews.com, seorang ahli herbal yang bernama Tati Winarto dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, beliau menjelaskan tentang kandungan Vitamin A dan Kalsium pada daun kelor yang baik untuk kesehatan mata.

Beliau juga mengatakan bahwa daun kelor juga baik untuk seorang terkena diabetes.

4. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Masih dari ahli herbal yakni Tati Winarto, menurut beliau, mengkonsumsi makanan sehat akan membantu kerja ginjal secara optimal. Dan sebaliknya, jika mengkonsumsi makanan tidak sehat, akan menumpuk di ginjal, mengganggu kerja ginjal.

Daun kelor merupakan jenis makanan sehat yang bisa membantu kerja ginjal, bahkan membantu untuk mengembalikan kerja ginjal yang sudah tidak baik.

5. Baik untuk Mengobati Rematik

Manfaat daun kelor lainnya adalah baik untuk mengobati rematik. Daun kelor membantu mengurangi penumpukan asam urat yang ada pada sendi, dan mampu mengurangi rasa sakit pada sendi.

Selain untuk rematik, daun kelor juga baik untuk mengobati masalah sejenis rematik seperti masalah nyeri dan pegal linu.

6. Baik untuk Pencegahan Penyakit Jantung

Menurut bulelengkab.go.id, ada sebuah studi yang dilakukan pada hewan di laboratorium yang terbit dari “Journal of Medicinal Food” pada edisi Februari 2009.

Penelitian menemukan hasil bahwa daun kelor memberikan manfaat antioksidan dan mencegah kerusakan pada jantung.

Dengan hasil tersebut, para meniliti sementara menyimpulkan daun kelor bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan siginifikan. Karena hasil masih sementara, penelitian ini masih membutuhkan kelanjutan penelitian untuk memperkuat.

7. Baik untuk Mencegah Kanker

Sebuah studi edisi tahun 2011 yang diterbitkan pada jurnal “Food and Chemical Toxicology” tentang kultur jaringan sel kanker serviks pada manusia.

Menghasilkan sebuah penemuan bahwa ekstrak kelor bisa untuk mencegah reproduksi dan pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan hasil tersebut, peniliti menyimpulkan daun kelor baik untuk pencegahan alami bagi kanker.

Hal tersebut dikarenakan kandungan daun kelor seperti potaisum dan zat antioksidan, yang berperan dalam memperlambat pertumbuhan kanker, bahkan sampai menghilangkan kanker yang ada pada tubuh.

8. Baik untuk Penyembuhan Diabetes

Daun kelor mengandung zat mineral yang bernama seng. Yang mana ini membuat daun kelor bersifat anti diabetes.

Hal ini juga disebutkan oleh peniliti dari University of Wiconsin LaCrosse. Yang mana sudah dilakukan studi dan diterbitkan “Journal of Diabetes” pada edisi Juni 2012.

Insulin berperan penting dalam proses perubahan gula menjadi energi. Maka produksi insulin di dalam tubuh harus benar-benar dijaga.

Mengkonsumsi daun kelor baik untuk membantu insulin di dalam tubuh. Sehingga daun kelor bisa membantu mengatasi diabetes.

Berdasarkan draxe.com, kandungan asam chlorogenic dan senyawa isothicyanate yang ada pada daun kelor bisa membantu untuk mengatasi masalah diabetes.

9. Baik untuk Sistem Pencernaan

Sifat anti-inflamasi yang ada pada daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mencegah maupun mengobati penyakit hati, maag, kerusakan ginjal, infeksi, dan keluhan pencernaan.

Hal ini tidak lain efek dari detoksifikasi zat berbahaya dan racun yang ada di tubuh. Dan mungkin juga daun kelor baik untuk mengatasi penyakit sembelit, retensi cairan, diare, dan batu ginjal.

 10. Baik untuk Melindungi Tubuh dari Bakteri Jahat

Menurut pakar herbal Tati Winarto, terdapat senyawa antibakteri di dalam ekstrak daun kelor.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, pernah dilakukan riset tentang ekstrak daun kelor. Dan diterbitkan di Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, hasilnya ekstrak daun kelor dapat mencegah berkembangnya mikroorganisme berbahaya.

11. Baik untuk Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam daun kelor baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor bagi kulit, caranya bisa dengan mengkonsumsi secara langsung. Bisa dijadikan sayur atau teh daun kelor.

Sedangkan untuk kulit wajah, bisa dijadikan masker wajah. Caranya cukup mudah, keringkan daun kelor lalu tumbuk sampai jadi bubuk. Lalu campurkan sedikit air supaya bertekstur seperti adonan.

12. Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah

Menurut Tati Winarto yang merupakan pakar herbal, daun kelor baik untuk menjaga tekanan darah atau kadar darah.

Daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, glikosida minyak mustrad, dan nitrile, yang mana zat tersebut baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

13. Baik untuk Kesehatan Otak dan Menstabilkan Mood

Daun kelor merupakan jenis daun yang tinggi protein dan asam amino triptofan. Daun kelor juga bersifat neurotransmitter, termasuk dalam membantu mood menjadi baik.

Kandungan senyawa tiroid dan antioksidan, bermanfaat untuk menjaga energi tubuh. Sehingga bisa mencegah kelelahan, suasana hati buruk, depresi, dan insomnia.

14. Baik untuk Bantuan Arthritis

Menurut studi “Journal of Chinese Integrative Medicine” pada tahun 2011, daun kelor bisa mengurangi rasa sakit dalam beberapa bentuk arthritis, dan juga bisa mengurangi peradangan.

Studi juga menyatakan ekstrak daun kelor bisa untuk mengurangi kepekaan pada rangsangan rasa sakit di sendi rematik. Jadi para peneliti sepakat untuk mencatat hasil kombinasi ekstrak daun kelor dan akar bisa bersinergis mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan. Jadi, beberapa manfaat daun kelor baik untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Maka tidak ada salahnya jika mulai sekarang untuk senang mengkonsumsi daun kelor.

B.  Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah
Sumber Gambar: deherba.com

Selain untuk kesehatan, ternyata baik juga manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah. Jadi, daun kelor bisa dijadikan pembersih muka alami.

Caranya bagaimana? Anda bisa baca di artikel tentang masker daun kelor. Nah, apa saja manfaat daun kelor bagi kecantikan wajah?

1. Baik untuk Menghilangkan Flek pada Wajah

Dilansir dari makassar.tribunnews.com, di beberapa negara sudah memanfaatkan daun kelor sebagai bahan baku pembuatan kosmetik wajah.

Bagian yang digunakan sebagai bahan baku kosmetik adalah daun, bunga, kulit batang, dan biji.

Kandungan seperti kalsium, zat besi, seng, magnesium, mangan dan silika, baik untuk melembabkan kulit dan mengatasi sel kulit mati.

Di dalam daun kelor, terdapat lebih dari 30 zat antioksidan. Yang mana zat tersebut baik untuk kesehatan kulit.

Mineral dan asam amino bisa dimanfaatkan untuk membantu proses produksi kolagen dan protein keratin. Yang mana ini baik untuk kesehatan jaringan kulit yang ada di tubuh.

2. Memperlambat Efek Penuaan

Menurut draxe.com, pada tahun 2014 diterbitkan sebuah studi “Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan” bertujuan untuk menguji manfaat dari kelor.

Kadar enzim antioksidan dipercaya bisa menyeimbangkan hormon dengan alami. Hal ini membuat peneliti mau menyelidiki apakah enzim antioksidan tersebut bisa membantu dalam memperlambat efek penuaan.

Studi dilakukan dengan melibatkan sampai 90 orang perempuan yang berusia 45-60 tahun, kemudian dibagi jadi 3 kelompok.

Hasilnya suplementasi kelor dan bayam terbukti meningkat secara signifikan dalam memperlambat efek penuaan.

3. Baik untuk Mengatasi Jerawat

Penggunaan masker daun kelor bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah. Daun kelor mengandung protease dan vitamin-vitamin seperti vitamin C, yang mana itu baik untuk kesehatan kulit.

Jadi, daun kelor ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup gunakan masker yang terbuat dari daun kelor secara rutin.

Cara membuat masker daun kelor sudah pernah kami bahas di artikel tentang cara membuat masker daun kelor.

4. Baik untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Menurut riset, vitamin A, E, dan C, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak.

Vitamin-vitamin yang dibutuhkan untuk mengatasi kuit wajah berminyak ada semua pada daun kelor. Maka, dengan hal tersebut masker daun kelor bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

5. Mengecilkan Pori pori Kulit Wajah

Pori-pori besar pada kulit wajah membuat wajah kurang halus dan cerah. Pori-pori wajah biasanya membesar disebabkan oleh bekas jerawat atau bisa juga karena terkena paparan sinar matahari.

Untuk mengatasinya, bisa dengan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya yaitu daun kelor.

Jadikan daun kelor sebagai masker, lalu gunakan secara rutin. Penggunaan satu kali atau dua kali biasanya tidak memperlihatkan hasil maksimal. Maka sebaiknya gunakan secara rutin selama beberapa waktu sampai merasakan adanya perbedaan.

6. Baik untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Jika kulit wajah bersih dari jerawat dan flek hitam, otomatis wajah akan terlihat cerah. Terlebih jika kulit halus dan terawat dengan bahan alami, sudah pasti akan nampak cerah secara alami.

Beberapa kandungan daun kelor sudah kami jelaskan bahwa ada yang baik untuk mengatasi flek hitam pada wajah, jerawat, dan kuit wajah berminyak.

Maka secara otomatis dengan tidak adanya masalah pada kulit wajah, wajah akan nampak sehat dan cerah.

Jadi, jika anda memiliki masalah pada wajah, coba gunakan masker daun kelor. Demikian yang dapat kami sajika tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Tinggalkan komentar