Manfaat Daun Jeruk Purut

Beberapa manfaat daun jeruk purut biasanya dijadikan sebagai bahan campuran untuk berbagai makanan dengan tujuan agar memperoleh aroma yang menyegarkan.

Seperti yang diketahui, daun jeruk purut mampu mengeluarkan aroma segar yang dapat menambah kelezatan pada setiap masakan yang diberi tambahan daun jeruk purut ini.

Selain dapat dijadikan sebagai tambahan bumbu untuk memasak, ternyata manfaat daun jeruk purut juga baik bagi kesehatan tubuh seperti halnya manfaat susu bear brand.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri

15 Manfaat Daun Jeruk Purut Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Jeruk Purut
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Bukan hanya manfaat daun seledri saja yang baik untuk kesehatan tubuh, daun jeruk purut juga mengandung berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat daun jeruk purut bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun jeruk purut yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan mulut. Bukan hanya buahnya saja yang banyak mengandung vitamin C, namun faktanya daun jeruk purut juga dapat menjaga kesehatan mulut.

Kita dapat menggosokan langsung daun jeruk purut pada gusi sehingga dapat membunuh berbagai bakteri berbahaya yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi.

Selain dapat menggosok gusi secara langsung menggunakan daun jeruk purut, kita juga dapat memanfaatkan minyak ekstrak daun jeruk purut yang telah dicampur dengan pasta gigi atau obat kumur. Manfaatnya adalah dapat membuat mulut, gigi dan gusi akan lebih sehat.

2. Mengobati Sariawan

Vitamin C memang sangat baik untuk membantu menyembuhkan sariawan. Daun jeruk purut dipercaya banyak mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat efektif dalam menyembuhkan sariawan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita perlu menyiapkan air hangat yang dicampur dengan daun jeruk purut untuk membantu menyembuhkan sariawan agar lebih cepat sembuh.

3. Mengatasi Peradangan

Terdapat banyak jenis peradangan seperti radang sendi, asam urat, rematik, edema atau jenis peradangan lainnya. Beberapa masalah yang berhubungan dengan radang ini dapat kita lawan hanya dengan daun jeruk purut.

Manfaat daun jeruk purut yang sudah dihaluskan faktanya dapat digunakan sebagai obati topikal untuk mengatasi nyeri peradangan. Hal ini karena daun jeruk perut memiliki sifat anti-inflamasi yang baik.

4. Sebagai Anti Bateri

Anti-bakteri merupakan salah satu khasiat penting yang terdapat di dalam daun jeruk purut yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Kita hanya perlu mengkonsumsi daun jeruk purut ini dengan dicampur ke dalam berbagai olahan makanan atau minuman agar manfaat anti-bakteri bisa maksimal.

5. Menjaga Stamina Tubuh

Daun jeruk purut bisa dikonsumsi pada saat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga mengakibatkan gejala lemas, lesu dan juga kelelahan. Manfaat daun jeruk purut ini mampu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan stamina tubuh.

Baca Juga : Manfaat Lemon Untuk Wajah

6. Mampu Mengurangi Stres

Manfaat Daun Jeruk Purut
Sumber Gambar: headtopics.com

Karena daun jeruk purut banyak mengandung antioksidan yang tinggi yang berasal dari minyak atsiri yang ada di dalamnya, maka aroma daun jeruk purut dapat digunakan untuk membantu menghilangkan stres dengan cara merangsang otak untuk menghasilkan hormon untuk meningkatkan mood.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mencampurkan daun jeruk purut ke dalam makanan seperti soto. saus cabai, salad, sup dan juga beberapa makanan lainnya.

7. Membantu Merawat Kesehatan Rambut

Kita pasti pernah mendapati produk pembersih rambut seperti sampo yang bahan dasarnya menggunakan jeruk purut atau ekstrak jeruk purut, ya kan?

ini karena kandungan minyak pada jenis jeruk purut ini sangat efektif untuk membersihkan minyak dan kotoran yang terdapat di rambut. Selain itu, jeruk purut juga bisa dijadikan sebagai anti-bakteri untuk membantu melawan kutu dan ketombe.

8. Merevitalisasi Tubuh

Seperti halnya manfaat susu bear brand, daun jeruk purut juga memiliki kandungan yang dapat membantu merevitalisasi tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh serta dapat membantu menghasilkan sel sehat baru untuk menggantikan sel yang telah rusak.

9. Mengobati Influenza

Apakah saat ini kalian sedang menderita infulenza? Jika iya maka kalian perlu mengkonsumsi daun jeruk purut untuk menangkal virus.

Daun jeruk purut ini bisa digunakan sebagai solusi batuk serta dapat menyembuhkan influenza dengan cara melawan virus yang menghasilkan lebih banyak sel darah putih daripada sistem kekebalan alami pada tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini maka kita dapat mencampurkan daun jeruk ini ke dalam makanan atau minuman untuk membantu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

10. Mencegah Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit penyumbang terbesar kematian pada manusia. Untuk mencegah sel kanker ini, maka kita dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat disekitar kita, misalnya daun jeruk purut.

Jika kita rajin dan teratur dalam mengkonsumsi daun jeruk purut ini akan dapat menjaga tubuh kita supaya tetap sehat serta dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

11. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada daun jeruk berguna dalam pengobatan berbagai penyakit pencernaan, seperti sembelit, bisul, sakit perut dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

Jika kita mendapati masalah tersebut maka dapat mengkonsumsi daun jeruk purut dengan teratur untuk membantu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, salah salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Mengkonsumsi daun jeruk purut secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta dapat membantu memulihkan cahaya alami kulit dan juga mampu mencegah jerawat.

13. Sumber Antibiotik

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa manfaat daun jeruk purut dapat dijadikan sebagai benteng tubuh. Daun jeruk purut sendiri mengandung efek antibiotik yang dapat melawan semua jenis penyakit.

Jika kita sedang dalam kondisi penurunan daya tahan tubuh, maka alangkah baiknya jangan langsung meminum antibiotik buatan pabrik.

Namun konsumsilah rebusan air jeruk purut ini setiap pagi sebelum melakukan aktivitas agar manfaat antibiotik yang serupa dengan obat-obatan bisa kita dapatkan menggunakan bahan alami ini.

14. Untuk Relaksasi

Daun jeruk purut juga dapat membantu agar tubuh kita menjadi lebih rileks karena aroma wangi yang dikeluarkannya.

15. Untuk Mengusir Serangga

Manfaat Daun Jeruk Purut
Sumber Gambar : tokohinspiratif.id

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang sering kali membawa penyakit seperti malaria dan juga demam berdarah.

Untuk dapat mengatasi gigitan nyamuk berbahaya ini, kita dapat menggunakan serai dan juga jeruk purut.. Serai sendiri mengandung minyak citronella yang mampu mencegah datangnya serangga secara alami.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat daun jeruk purut yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!