Manfaat Daun Jarak

Manfaat daun jarak sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit.

Penggunaan tanaman untuk dijadikan obat memang dikenal efektif karena tanaman memiliki sifat alami, sehingga beberapa orang menganggap tidak akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh meskipun dikonsumsi dalam jangka yang panjang.

Lantas apa saja sih manfaat daun jarak bagi kesehatan? Apakah manfaatnya sama seperti pada manfaat daun jeruk purut? Berikut penjelasan selengkapnya.

11 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Jarak
Sumber Gambar: milenials.id

Daun jarak atau Ricinus communis merupakan jenis tanaman semak tahunan yang tergolong ke dalam keluarga Euphorbiaceae yang berasal dari Meksiko dan Amerika bagian selatan.

Tumbuhan jarak ini dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Sejumlah manfaat daun jarak ini tidak lepas dari zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya menyebutkan bahwa daun jarak mengandung beberapa senyawa aktif seperti alkaloid, astragalin, kaempeferol dan quercetin.

Senyawa-senyawa tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang berbeda-beda. Diantaranya ada yang bersifat sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, atioksidan dan juga sejumlah fungsi lainnya yang sangat penting untuk merawat fungsi tubuh.

Meski tanaman jarak tergolong ke dalam tanaman liar, namun tanaman ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat daun jarak bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Susu Bear Brand

1. Mengatasi Sakit Gigi

Terdapat cara alami untuk mengatasi sakit gigi, yaitu dengan menggunakan getah daun jarak. Daun jarak yang dimaksud adalah daun jarak jenis pagar dan jarak wulung.

Jika kita atau saudara kita mengalami sakit gigi, maka cukup oleskan getah daun jarak ini ke bagian gigi yang sedang sakit. Berdasarkan penelitian, kandungan fitofarmaka bernama alkaloid yang terdapat pada getah daun jarak ini dipercaya efektif untuk meredakan sakit gigi.

2. Mengatasi Sariawan

Selain dapat mengatasi sakit gigi, getah daun jarak juga mampu mengatasi sariawan. Di dalam getah daun jarak mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat menjadi cara alternatif alami untuk mengobati sariawan.

Kita dapat mengambil getah daun jarak menggunakan kapas halus kemudian oleskan ke bagian yang terkena sariawan. Lakukanlah cara ini dengan rutin sekitar 2-3 hari agar dapat mengobati sariawan.

3. Mengatasi Ketombe

Salah satu masalah pada rambut adalah adanya ketombe. Ketombe ini umum dialami oleh banyak orang. Ada beberapa cara alami yang mampu mengatasi ketombe ini, salah satunya dengan menggunakan daun jarak.

Ambillah sekitar 5 helai daun jarak untuk kemudian di tumbuk hingga benar-benar halus. Jika telah halus maka selanjutnya oleskan tumbukan daun jarak ini pada rambut secara merata. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas rambut menggunakan sampo dan air bersih maka masalah rambut berketombe akan dapat teratasi.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri

4. Membantu Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat Daun Jarak
Sumber Gambar: i2.wp.com/ngopi88.com

Untuk menjadikan rambut sehat, maka kita perlu merawatnya. Manfaat daun jarak ternyata mampu untuk membantu merawat kesehatan rambut lho! Namun kali ini yang lebih berperan adalah pada bagian biji jarak.

Tumbuk 20-30 biji jarak lalu peras hingga keluar minyaknya. Selanjutnya adalah mengoleskan minyak dari biji jarak ini ke rambut secara merata. Diamkan sekitar 15 menit, lalu kemudian cuci rambut sampai benar-benar bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka kita perlu melakukan cara ini secara rutin.

5. Mengatasi Sembelit (Konstipasi)

Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang sangat sulit untuk buang air besar (BAB). Ada cara alami untuk mengatasi sembelit ini, yaitu dengan memanfaatkan daun jarak pagar.

Manfaat daun jarak pagar untuk dapat mengatasi sembelit ini tentunya tidak sesederhana seperti yang orang-orang katakan, yaitu cukup dengan menempelkan daun jarak pada perut.

Cara tersebut merupakan mitos, jadi bisa dikatakan hanyalah kepercayaan. Cara yang benar untuk dapat mengatasi sembelit adalah dengan merebus daun jarak menggunakan air mendidih. Setelah itu minum air rebusan daun jarak ini agar dapat membantu mengobati sembelit.

6. Penghasil Minyak

Manfaat Daun Jarak
Sumber Gambar: saatsantai.com

Pada daun jarak mengandung getah yang disebut ricin. Ini adalah alasan mengapa tanaman ini disebut juga Ricinus Communis.

Getah ricin yang terdapat di dalam daun jarak ini mempunyai manfaat untuk dapat menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan rumah tangga. Manfaat daun jarak ini dapat diperoleh dari jenis tanaman jarak pagar dan juga jarak wulung.

7. Mengobati Radang

Radang (inflamasi) yang terjadi pada daun telinga dapat diobati dengan memanfaatkan tanaman jarak. Pada daun jarak pagar dan juga beberapa daun jarak lainnya berkhasiat untuk mengobati peradangan yang diakibatkan karena adanya senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi.

Lakukan perebusan pada daun jarak ke dalam air mendidih dalam waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya adalah meminum air rebusan daun jarak tersebut secara rutin hingga radang sembuh.

8. Mengobati Luka

Daun jarak sendiri memiliki senyawa anti-bakteri yang mampu membantu mengobati luka pada kulit, terutama luka pada kulit yang sudah terlanjur terinfeksi oleh bakteri. Untuk memperoleh manfaat ini, kita cukup mengoleskan getah daun jarak pada kulit yang terluka. Diamkan beberapa saat hingga luka mengering.

9. Obat tetes Mata

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minyak jarak ini, salah satunya adalah untuk mengatasi gangguan pada kelenjar meibom pada mata. Teteskan 1 tetes minyak jarak untuk membantu membuat permukaan bola mata kembali lembap.

Perlu diingat, sebelum melakukan hal tersebut, kita perlu berkonsultasi dengan dokter. Jangan gegabah untuk segera meneteskan minyak jarak ini tanpa persetujuan dokter. Hal ini sangat penting agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Manfaat Lemon Untuk Wajah

Efek Samping Daun Jarak

Seperti pada penjelasan diatas, memang sangat banyak manfaat daun jarak ini. Namun perlu diketahui, bahwa tanaman jarak juga memiliki beberapa efek samping yang cukup berbahaya, seperti gangguan pencernaan, gangguan lambung, mual-mual serta iritasi.

Jika setelah kita memanfaatkan daun jarak namun merasakan efek samping tersebut, maka segera konsultasikan dengan dokter agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat segera teratasi.

Penelitian akan manfaat daun jarak juga dapat dikatakan masih terbatas. Jadi jangan terlalu bergantung pada tanaman herbal ini untuk membantu mengobati atau merawat luka. Demikian penjelasan akan manfaat daun jarak bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.