Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Manfaat daun Binahong untuk wajah ada cukup banyak. Seperti manfaat daun Binahong untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ada efek samping dari daun ini.

Menjaga kesehatan kulit wajah dengan bahan-bahan alami akan membuat wajah tampil cantik alami.

Daun Binahong adalah salah satu dari beberapa jenis-jenis daun-daunan yang berkhasiat untuk membantu menjaga kecantikan kulit wajah secara alami.

Baca lebih banyak informasi tentang daun binahong.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah
Sumber Gambar: Canva.com

Daun Binahong memiliki kandungan yang memang berkhasiat untuk menyehatkan kulit wajah.

Diantara kandungan tersebut yaitu saponin, minyak astri, flavanoid, dan terpempid. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat daun Binahong untuk wajah bisa didapat dengan cara yang sederhana. Umumnya daun ini dijadikan masker wajah. Namun bisa juga dengan cara membasuh air rebusan daun Binahong ke kulit wajah.

Berikut ini ada beberapa manfaat daun Binahong untuk wajah yang perlu kita ketahui supaya menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan bisa dipraktekan dengan mudah.

1. Membantu Menghilangkan Komedo di Wajah

Bagi seseorang yang sering beraktifitas di luar ruangan atau di lapangan, tentu tidak mungkin bisa terhindar dari debu-debu polusi.

Debu-debu ini akan dengan mudah menempel pada kulit wajah dengan bebasnya. Jika tidak sering dibersihkan, maka debu-debu ini akan menjadi kotoran yang menumpuk sehingga bisa menyebabkan munculnya komedo.

Jika terdapat komedo di kulit wajah, walaupun hanya sedikit, ia akan mengganggu kecerahan kulit. Bahkan berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat.

Maka sebaiknya bersihkan komedo-komedo yang menempel pada wajah setiap hari dengan cara mencuci muka.

Namun tentunya tidak cukup jika hanya dengan mencuci muka saja. Maka manfaatkan daun Binahong yang berkhasiat ini untuk membantu membersihkan komedo-komedo pada kulit wajah.

Caranya cukup mudah dan tidak ribet. Rebus daun Binahong, lalu saring untuk diambil air rebusannya. Tunggu sampai air rebusan daun Binahong tidak panas. Jika sudah tidak panas, mulailah dengan cara membasuh muka dengan air rebusan tersebut.

2. Membantu Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah yang lebih besar dari pada komedo. Karena jerawat biasanya berukuran lebih besar dan tentunya lebih mengganggu kecerahan kulit wajah.

Umumnya jerawat akan muncul ketika kulit wajah diabaikan kebersihannya. Wajah berminyak, sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut atau pori-pori yang ada pada wajah akan menyebabkan peradangan kulit yang akhirnya menjadi jerawat.

Maka penting untuk selalu membersihkan kulit wajah meski hanya dengan mencuci muka dengan air bersih saja.

Namun, terkadang minyak pada wajah yang berlebihan menjadi sebab besar munculnya jerawat. Karena minyak berlebih tidak akan cukup dibersihkan dengan membasuh muka dengan air saja.

Maka dengan itu, perlu untuk menggunakan bahan-bahan pembersih muka untuk membantu membersihkan minyak pada wajah.

Dari banyaknya bahan-bahan pembersih muka, daun Binahong menjadi salah satunya.

Daun Binahong menjadi bahan pembersih muka alami yang dipercaya mampu membersihkan wajah bahkan menghilangkan jerawat wajah.

Caranya bisa seperti penggunaan untuk membersihkan komedo, yakni dengan air rebusan daun Binahong. Atau bisa juga dengan menjadikan daun Binahong sebagai masker.

3. Membantu Menghaluskan Kulit Wajah

Banyak cara untuk menghaluskan kulit wajah, dari yang berbau kimia sampai yang alami. Menghaluskan kulit wajah dengan bahan alami salah satunya adalah dengan daun Binahong.

Tentunya menghaluskan kulit wajah dengan bahan alami lebih sedikit resiko, dan akan menghasilkan kulit wajah yang cerah alami.

Bagaimana cara menggunakan daun Binahong untuk menghaluskan kulit wajah? Caranya sama seperti cara yang digunakan untuk membersihkan komedo dan jerawat.

Jadi, dengan menggunakan daun Binahong untuk menghilangkan komedo, secara tidak sadar kita sudah melakukan penanganan juga untuk menghaluskan kulit wajah.

4. Melembabkan Kulit Wajah

Terkadang kulit bersih dari komedo dan jerawat saja tidak cukup untuk terlihat cerah. Kulit wajah halus saja juga bisa terlihat tidak cerah.

Salah satu unsur terciptanya kulit wajah yang cerah adalah tingkat kelembaban. Kulit wajah halus tapi kering, maka akan terlihat pucat seperti orang sakit.

Maka kelembaban kulit berperan penting pada tingkat kecerahan kulit wajah. Apakah daun Binahong juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah?

Jawabannya iya benar. Jadi, pada intinya kita membutuhkan kulit wajah yang bersih dan sehat supaya bisa terlihat cerah.

Menggunakan daun Binahong bisa membersihkan kulit sekaligus menyehatkan kulit wajah.

Jadi, manfaat daun Binahong untuk wajah memang rekomended. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, kita butuh waktu dan kekonsistenan. Jika penggunaan hanya 1 atau 2 hari tentu tidak akan merasakan manfaatnya.

Tinggalkan komentar