Manfaat Daun Afrika dan Cara Minumnya

Daun Afrika dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sejak dulu daun ini memang sudah dijadikan sebagai obat tradisional. Lalu apa manfaat daun Afrika dan cara minumnya seperti apa, supaya lebih maksimal untuk penyembuhan.

Menurut hellosehat.com, Ada banyak sekali manfaat daun Afrika ini yang belum diketahui oleh masyarakat umum. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang manfaat daun Afrika dan cara meminumnya.

Baca juga: Daun Sambung Nyawa

Manfaat Daun Afrika dan Cara Minumnya

Manfaat Daun Afrika dan Cara Minumnya
Sumber Gambar: moondoggiesmusic.com

Daun Afrika atau yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina, dipercaya memiliki kandungan berbagai protein dan mineral.

Vitamin A, C, dan E, juga ada dalam kandungan daun herbal ini. Adapun mineral yang tekandung dalam daun Afrika tersebut adalah jenis kalsium, magnesium, kalium, zink, zat besi, dan natrium.

Dengan kandungan tersebut, tentu menjadikan daun Afrika ini kaya akan manfaat atau khasiat. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Daun Afrika

Cara Mengolah Daun Afrika
Sumber Gambar: honestdocs.id

1. Baik untuk Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan Journal of Vascular Health and Risk Management yang dilansir oleh hellosehat.com, daun Afrika bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Yang mana perlu diketahui bahwa kolesterol jahat atau LDL, merupakan salah satu faktor penyebab datangnya serangan jantung pada manusia.

2. Baik untuk Membantu Menyembuhkan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang tidak bisa diremehkan. Banyak nyawa yang tidak terselamatkan karena penyakit kanker.

Ekstrak yang ada pada daun Afrika dipercaya mampu menurunkan kadar estrogen yang terlalu tinggi. Yang mana jika kadar estrogen terlalu tinggi bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Sebuah penelitian menyatakan ekstrak daun ini bisa mematikan sel kanker yang ada di daerah tenggorokan dan hidung.

3. Baik untuk Penyembuhan Demam

Manfaat daun Afrika selanjutnya adalah membantu penyembuhan demam. Jika anda atau keluarga anda sedang mengalami panas tinggi, jika tidak sedia obat-obatan demam, coba gunakan herbal alami dari daun Afrika.

Anda bisa memetik daun Afrika untuk direbus, lalu diminum sebagai langkah penanganan demam.

Jangan lupa sebelum direbus, cuci terlebih dahulu daun Afrika sampai bersih. Dan perlu diperhatikan, jangan berlebihan meminum rebusan daun Afrika. Cukup 2 cangkir teh sehari.

4. Membantu Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan

Ada suatu zat dari dalam daun Afrika yang mampu membunuh virus penyebab infeksi tenggorokan.

Virus-virus dan kuman-kuman yang menyebabkan terjadinya infeksi tenggorokan bisa diatasi dengan meminum rebusan daun Afrika.

Minum maksimal 2 cangkir teh sehari secara rutin. Kenapa 2 cangkir saja sehari? Supaya lebih aman, karena jika mengkonsumsi daun Afrika secara berlebihan bisa menyebabkan sakit.

5. Baik untuk Organ Pencernaan

Salah satu tanda anda sedang mengalami gangguan pencernaan adalah susah buang air besar. Minum rebusan daun Afrika dipercaya bisa membantu menyehatkan organ-organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Jadi daun Afrika baik untuk kesehatan usus, lambung, dan organ sistem pencernaan lainnya. Caranya sama yaitu dengan mengkonsumsi rebusan daun Afrika.

Itulah 5 manfaat daun Afrika. Selanjutnya adalah bagaimana cara mengkonsumsi daun Afrika supaya bisa diminum.

Cara Minum Daun Afrika

Manfaat daun Afrika
Sumber Gambar: doktersehat.com

Jika anda ingin mengkonsumsi daun Afrika untuk diminum, maka ada 2 cara untuk mengkonsumsi daun ini.

Pertama yaitu rebusan daun Afrika, cara pertama cukup mudah dan sederhana. Ambil beberapa lembar daun Afrika, kemudian rebuskan air 2-3 cangkir air bersih.

Rebus sampai air mendidih. Untuk mempermudah mengkonsumsinya silahkan pisahkan daun ini dengan air rebusannya. Nantinya yang air rebusan tersebut yang akan dikonsumsi.

Cara kedua yaitu dengan cara dibuat jus. Alternatif untuk meminum daun Afrika selanjutnya adalah dengan menjadikannya jus daun Afrika.

Ambil beberapa lembar daun herbal ini kemudian cuci dan siapkan untuk dihaluskan dengan mesin blender.

Demikian artikel kami tentang manfaat daun Afrika dan cara minumnya. Semoga memberikan pencerahan.

Tinggalkan komentar