Manfaat Cabe

Hallo sahabat tanam, bagi kalian yang suka terhadap makanan pedas pasti tidak sempurna bukan jika mengkonsumsi makanan yang memiliki cita rasa nikmat namun tidak mengandung rasa pedas? Selain dijadikan bahan makanan, manfaat cabe juga baik buat kesehatan tubuh lho.

Sama seperti cara menanam singkong, cabe juga mudah untuk ditanam. Bahkan saking mudahnya menanam cabe, kebanyakan ibu rumah tangga lebih memilih menanam cabe di pekarangan rumah.

Terdapat berbagai nutrisi yang terkandung pada cabe, dimana nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja manfaat cabe bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Macam macam sayuran

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan

Manfaat Cabe untuk Kesehatan
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Beberapa kandungan pada cabe memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsi.

Sama halnya dengan manfaat sawi, cabe juga mengandung zat seperti vitamin A, vitamin C, kapsaikin, kapsisidin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baiklah, langsung saja kita bahas bersama beberapa manfaat cabe bagi kesehatan.

1. Meredakan Rasa Sakit Akibat Osteoarthritis

Manfaat cabe yang pertama adalah dapat meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh osteoarthritis. Cabe mengandung capsaicin, dimana capsaicin topikal ini telah menjadi pilihan untuk pengobatan osteoarthritis.

Hasil studi menyimpulkan, salah satu manfaat capsaicin dapat meredakan nyeri dan mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan penyakit ini.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sebagian orang menganggap, dengan mengkonsumsi cabe maka akan timbul masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Tetapi apakah kalian tahu, jika mengkonsumsi cabe malah dapat menyehatkan pencernaan?

Banyak penelitian membuktikan, cabe sebenarnya bisa mencegah gangguan pencernaan kronis, memicu fungsi peristaltik usus, dapat membunuh bakteri penyebab tukak lambung, dan rasa pedas pada cabe tidak menyebabkan penyakit refluks asam.

Kandungan kapsikin pada cabe mampu merangsang mikroorganisme baik di pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat cabe selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin ini dapat mendorong stimulasi lemak dan juga mendorong kinerja metabolisme tubuh.

Jika metabolisme meningkat, maka akan menghasilkan pembakaran lemak supaya lebih optimal.

Hal inilah yang menyebabkan berat badan dapat turun secara alami. Tetapi jangan beranggapan hanya dengan mengkonsumsi cabe berat badan akan turun.

Imbangi juga dengan sering olahraga secara teratur dan juga mengkonsumsi makanan yang rendah lemak.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cabe juga memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C pada cabe inilah yang mempengaruhi meningkatnya sistem imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk kesehatan kulit.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Tubuh

Tubuh memerlukan jumlah oksigen serta zat besi yang tepat guna mencapai dan juga mempertahankan kinerja kognitif yang baik.

Cara ini bisa dilakukan dengan mencampurkan cabe ke makanan setiap hari agar mengurangi kemungkinan tubuh mengalami gangguan kognitif seperti contohnya demensia atau penyakit Alzheimer ketika usia memasuki masa tua.

6. Mengurangi Rasa Pegal

Cabe mengandung senyawa kapsisikol yang mampu memberikan rasa hangat alami cabe. Senyawa ini yang dapat membantu bagi yang menderita pegal-pegal akibat melakukan pekerjaan berat.

Dengan keunggulan ini, beberapa perusahaan memproduksi koyo yang berbahan dasar cabe agar memudahkan konsumennya untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Mengatasi Pilek

Begitu banyak manfaat dari capsaicin ini. Selain dapat mengurangi rasa sakit, rasa panas dan pedas pada cabe ini dapat merangsang sekresi yang dapat membantu membersihkan lendir di hidung dan juga mampu mengatasi paru-paru sesak.

8. Menghambat Penyebaran Kanker Prostat

Kandungan capsaicin pada cabe merupakan senyawa yang bertanggung jawab menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat. Pada tanggal 15 Maret 2006, sebuah penelitian menerbitkan bahwa capsaicin dapat membunuh kedua jenis sel kanker prostat serta merangsang pertumbuhan hormon laki-laki supaya tidak terpengaruh.

9. Mengatasi Diabetes

Salah satu penyebab diabetes tipe 2 adalah tingkat insulin yang tinggi. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan menambahkan sekitar 24% cabe kedalam makanan. Peptida sendiri dapat mendorong hati supaya lebih mampu terhadap insulin yang berlebih dengan adanya cabe.

10. Mencegah Stroke

Dengan mengkonsumsi cabe maka dapat meminimalisir risiko terkena stroke, impotensi, penyumbatan pembuluh darah, dan juga jantung koroner. Cabe mengandung capsaicin, dan jika capsaicin dikonsumsi secara rutin maka darah akan tetap encer serta kerak lemak di pembuluh darah tidak bisa terbentuk.

Sehingga hal ini akan membuat darah dapat mengalir dengan lancar. Jadi, manfaat cabe ini dapat berkhasiat untuk mengurangi terjadinya penggumpalan darah atau biasa disebut trombosis.

11. Meredakan Demam Tinggi

Jika kalian saat ini sedang menderita deman tinggi, maka dengan memilih cabe dapat menjadi solusi alternatif sebagai obat alami. Namun yang dipilih bukanlah buahnya, melainkan daun cabe.

Caranya dengan mengambil daun cabe rawit kira-kira segenggam, kemudian tumbuk hingga halus. Lalu tambahkan satu sendok minyak selada kemudian campurkan dengan daun cabe yang telah di tumbuk.

Balurkan atau tempelkan pada ubun-ubun. Kemudian selimuti badan agar keringat keluar dan hasilnya panas pada badan akan menurun.

12. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat selanjutnya dari cabe adalah dapat meningkatkn nafsu makan. Karena capsaicin pada cabe dapat merangsang produksi hormon endorphin, yaitu hormon yang mampu membangkitkan kebahagiaan dan rasa nikmat yang membuat nafsu makan meningkat.

13. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Bagi penderita anemia atau sedang kelelahan, maka mengkonsumsi cabe dapat menjadi solusinya. Salah satu faktor terjadinya Anemia dan kelelahan adalah karena kekurangan zat besi.

Cabe mengandung tembaga dan besi yang memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah baru. Selain mengandung tembaga dan besi, cabe juga kaya akan asam folat. Asam folat ini dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah dan juga dapat melawan Anemia.

14. Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi cabe setiap hari, maka akan dapat meningkatkan penglihatan. Selain itu, cabe juga bisa mencegah kebutaan pada malam hari dan juga degenerasi makula.

15. Mampu Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan dimana kondisi kulit merasa gatal yang dapat menyebabkan bercak pada kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi jelek.

Capsaicin yang terkandung pada cabe secara signifikan dapat mengurangi jumlah sel agar dapat bereplikasi serta membantu pembalikan yang nantinya menghilangkan gatal pada kulit.

16. Mencegah Bau Nafas

Terbayang kan betapa risihnya kita saat bicara dengan orang lain namun mulut kita bau? Selain rajin sikat gigi, dengan mengkonsumsi bubuk cabe yang terdapat kandungan capsaicin dapat menjadi solusinya.

Manfaat cabe ini didapat karena capsaicin bertindak sebagai desinfektan terhadap udara yang kita hirup sehingga dapat mencegah bau nafas.

Melihat begitu banyak manfaat cabe bagi kesehatan, sudah tentu dengan mengkonsumsi cabe maka tubuh kita akan banyak mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Akan tetapi dengan begitu banyaknya makanan yang diolah menggunakan bahan dasar cabe, justru dapat menghilangkan manfaat cabe dan malah beresiko mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.

Oleh sebab itu, meskipun cabe memiliki bentuk yang kecil, kalian tetap harus berhati-hati dalam memilih cabe yang akan dikonsumsi serta konsumsi cabe dalam jumlah sewajarnya saja. Semoga dengan pembahasan kali ini mengenani berbagai manfaat cabe kita tidak lagi takut atau sungkan untuk mengkonsumsi cabe.

Tinggalkan komentar