Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan buah yang tergolong kedalam anggota keluarga dari tanaman berbunga yang bernama Cucurbitabeae. Manfaat buah semangka ini sangat banyak. Anda dapat memperoleh manfaat yang terkandung di dalamnya baik dari semangka yang memiliki daging buah berwarna merah atau kuning.

Nama ilmiah dari buah ini adalah Citrullus lanatus dan merupakan tanaman runcing rendah ke tanah. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan di negara asalnya, tanaman ini tumbuh liar layaknya tanaman liar.

Buah semangka sangat cocok dikonsumsi di kala cuaca panas, karena buah ini banyak mengandung air yang dapat menghilangkan rasa dahaga. Meskipun buah ini memiliki harga yang terjangkau, namun terdapat banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Baca juga informasi tentang jenis tanaman buah yang ada di sekitar kita.

Berbagai Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka
Sumber Gambar: cosmopolitan.co.id

Sebenarnya terdapat berbagai jenis buah semangka yang tersebar di seluruh dunia. Namun jenis semangka merah dan kuning merupakan jenis semangka yang paling mudah ditemukan di negara kita ini.

Meskipun cara menanam semangka tergolong mudah, akan tetapi manfaat dari buah semangka ini terbilang cukup banyak. Anda dapat memperoleh manfaat buah semangka baik dari jenis semangka merah atau kuning.

Inilah berbagai manfaat buah semangka yang dapat kalian dapatkan jika mengkonsumsinya.

1. Manfaat Semangka Merah

Manfaat Buah Semangka Merah
Sumber Gambar: s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Dalam 100 gram buah semangka merah terdapat nutrisi diantaranya fosfor, magnesium, zat besi, asam folat, selenium, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan juga vitamin B6.

Jenis semangka merah juga kaya akan serat, protein, serta niasin. Dengan berbagai kandungan pada semangka merah inilah yang menjadikan semangka merah mampu mencegah dehidrasi, kanker, sembelit, nyeri otot, dan juga peradangan pada tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet juga dapat mengkonsumsi semangka merah, karena jenis semangka ini masuk kedalam sumber kolagen alami yang sangat baik untuk menunjang program diet Anda. Selain itu, dengan mengkonsumsi semangka merah juga dapat membantu untuk merawat kesehatan ginjal.

2. Manfaat Semangka Kuning

Manfaat Semangka Kuning
Sumber Gambar: blog.sayurbox.com/

Serupa dengan semangka merah, jenis semangka kuning juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini karena semangka kuning kaya akan kandungan vitamin serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan lainnya pada semangka kuning adalah asam amino, citruline, likopen, kalium, vitamin A dan C. Semangka kuning juga kaya akan kandungan serat dan gula alami yang baik untuk penderita diabetes.

Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan mengkonumsi semangka kuning maka akan mampu menjaga kesehatan mata dan juga tekanan darah, serta dapat mencegah datangnya stroke dan penyakit jantung.

Dengan tingginya kandungan vitamin C pada semangka kuning, maka semangka jenis ini memiliki manfaat yaitu mampu mencegah sariawan dengan lebih baik.

3. Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil
Sumber Gambar: gimg.kumpar.com

Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi pada saat hamil memang sangat dianjurkan supaya kehamilannya sehat. Buah semangka merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berbagai manfaat buah semangka untuk ibu hamil diantaranya adalah:

  • Meredakan Morning Sickness

Buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya yang dapat meredakan morning sickness. Anda dapat membuat jus semangka segar untuk diminum pada pagi hari.

Selain itu, buah semangka juga baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta dapat melancarkan aliran urin dalam tubuh. Biasanya ibu hamil akan cenderung susah untuk buang air kecil, untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat mengkonsumsi buah semangka.

  • Meredakan Asam Lambung

Semangka juga bermanfaat untuk meredakan asam lambung. Pada masa kehamilan, masalah yang terjadi biasanya yang berhubungan dengan pencernaan, misalnya saja naiknya asam lambung.

Buah ini memiliki efek menenangkan perut pada ibu hamil. Sedangkan kandungan vitamin A pada buah semangka bermanfaat untuk ibu hamil yaitu dapat menjaga organ penglihatan pada janin.

  • Mengurangi Pembengkakan Aliran Darah

Manfaat dari buah semangka yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi pembengkakan aliran darah. Dalam masa kehamilan, ibu hamil sering mengalami pembengkakan kaki dan juga tangan.

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air yang dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan air ini mampu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan juga otot.

  • Mencegah Pigmentasi Kulit

Buah semangka juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mencegah pigmentasi kulit. Masalah ini biasanya terjadi selama masa kehamilan, penyebabnya karena kadar hormon yang terlalu tinggi. Buah ini dapat membantu membersihkan tubuh dari semua racun.

  • Mencegah Dehidrasi

Masalah lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu terjadinya dehidrasi. Maka tetap dalam keadaan terhidrasi pada masa kehamilan menjadi sangat penting karena dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur.

Anda dapat mengkonsumsi semangka untuk menyuplai lebih banyak cairan ke tubuh serta memenuhi kebutuhan gizi Anda.

  • Mengobati Sembelit

Dengan mengkonsumsi semangka juga memiliki manfaat mampu melawan sembelit yang diderita oleh ibu hamil. Sembelit merupakan masalah yang umumnya sering dialami oleh ibu hamil.

Untuk melawan masalah tersebut maka Anda perlu mengkonsumsi semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan juga membersihkan sistem pencernaan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah semangka yang terakhir untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan seperti likopen pada semangka ini sangat tinggi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker dan juga penyakit kardiovaskular serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi, seperti vitamin A, C, B6, kalium, dan juga magnesium pada semangka ini penting untuk perkembangan otak, penglihatan, sistem saraf, dan juga kekebalan tubuh.

4. Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan
Sumber Gambar: asianparent-assets-id.dexecure.net

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, semangka juga baik untuk kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh.

  • Mencegah Kanker

Vitamin C dan likopen yang tinggi pada semangka memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Seperti yang diketahui, radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit kanker. Antioksidan pada semangka juga berperan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka kaya akan likopen yang mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah Impoten

Mengkonsumsi semangka juga baik untuk pria. Karena semangka dapat dijadikan sebagai obat kuat alami yang dapat menjaga kesuburan. Maka dengan mengkonsumsi semangka akan dapat mencegah serta mengobati impoten.

Impoten merupakan kondisi dimana penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi meskipun adanya rangsangan seksual.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Semangka juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Ini karena buah semangka memiliki efek yang baik untuk mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah. Sehingga semangka bermanfaat dapat mencegah hipertensi.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasiun pada semangka juga mampu membantu membersihkan endapan racun di dalam ginjal. Selain itu, semangka juga bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi asam urat yang dapat membantu untuk mengurangi kerusakan ginjal dan juga pembentukan batu ginjal.

Kandungan air yang tinggi pada semangka juga bisa membantu membersihkan ginjal dengan cara mendorongnya bersamaan dengan keluarnya air seni.

  • Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino citruline pada semangka juga mampu membantu meredakan nyeri otot dengan cara membuat otot menjadi lebih santai serta meredakan ketegangan.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Mengkonsumsi semangka juga baik untuk kesehatan rambut. Hal ini karena kandungan vitamin A pada semangka yang membantu batang rambut supaya tetap lembap.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan air yang tinggi pada semangka juga mampu memberikan kelembapan pada kulit Anda. Hal ini tentunya menjadi cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering. Salah satu penyebab kulit kering yaitu karena kurangnya kandungan air di dalam tubuh.

Anda dapat mengkonsumsi semangka secara langsung atau dapat menggunakan semangka untuk di jadikan masker wajah.

  • Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Asam amino citruline pada semangka juga secara efektif dapat mengatasi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Buah semangka mampu melemahkan sel-sel lemak di dalam tubuh serta melarutkannya dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang menjadikan buah semangka baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalani program diet.

5. Manfaat Kulit Semangka

Manfaat Kulit Buah Semangka
Sumber Gambar: reviewbekasi.com

Anda pasti salah satu orang yang jika mengkonsumsi semangka lalu kulitnya di buang begitu saja. Perlu diketahui, kulit semangka juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Diantara nutrisi pada kulit semangka adalah vitamin A, C, B6, kalium dan juga seng.

Kulit semangka juga mengandung kadar kalori rendah. Inilah berapa manfaat kulit semangka bagi kesehatan.

  • Membantu melawan Radikal Bebas

Kulit semangka juga mengandung senyawa citrulline yang mampu melawan radikal bebas pada tubuh. Zat ini berperan penting untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Maka dengan mengkonsumsi semangka akan dapat membantu melindungi tubuh dari racun berbahaya.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya dari kulit semangka yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Hal ini karena kandungan citrulline. Selain mampu melawan radikal bebas, senyawa ini juga dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

  • Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan saluran air kemih. Terdapat cara alami untuk mencegah penyakit ini, yaitu dengan mengkonsumsi kulit semangka.

Hal ini karena kulit semangka mengandung kalium yang tinggi yang dapat mengendalikan kadar asam dalam air seni. Kandungan kalium yang tinggi ini juga dapat membantu untuk mengeluarkan racun pada ginjal.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit semangka selanjutnya adalah dapat membantu program diet. Ini dikarenakan kulit semangka mengandung serat yang baik untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan serat ini yang menjadikan seseorang yang mengkonsumsinya mudah untuk kenyang.

Jika rutin mengkonsumsi kulit semangka yang segar dan bersih maka akan dapat membantu untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Energi saat Berolahraga

Manfaat yang terakhir jika mengkonsumsi kulit semangka yakni dapat meningkatkan energi disaat sedang berolahraga. Penyebabnya adalah pada kulit semangka mengandung antioksidan dan magnesium yang bisa membuat tubuh lebih bertenaga.

Dengan mengkonsumsi kulit semangka sebelum berolahraga maka dapat membuat badan lebih bugar serta lebih berenergi.

Berbagai manfaat buah semangka dapat kita dapatkan seperti yang telah disebutkan di atas. Sehingga sangat disayangkan jika buah ini tidak masuk ke dalam menu makanan harian Anda. Jika bosan mengkonsumsi buah semangka secara langsung, maka dapat mengolah semangka untuk dijadikan jus, sup buah, atau olahan lainnya.

Tinggalkan komentar