Manfaat Bawang Merah Mentah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib saat memasak karena memiliki cita rasa yang khas. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, manfaat bawang merah juga baik untuk tubuh kita lho seperti halnya dengan manfaat cabe.

Hal ini karena bawang merah memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dimana nutrisi ini dapat kalian dapatkan dengan mengkonsumsi bawang merah.

Apa saja sih manfaat yang di dapatkan jika mengkonsumsi bawang merah? Berikut penjelasannya.

Untuk tahu lebih jauh tentang bawang merah, baca juga cara menanam bawang merah yang baik dan benar.

Cari informasi tentang bawang merah di sini.

Manfaat Bawang Merah Mentah

Manfaat Bawang Merah
Sumber Gambar: i.pinimg.com

Terdapat begitu banyak manfaat dari bawang merah jika di konsumsi baik dalam keadaan mentah atau mengolah bawang merah untuk dijadikan bahan makanan. Inilah manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita.

1. Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut

Rambut adalah salah satu bagian terpenting bagi tubuh kita yang terlihat. Coba bayangkan jika rambut kita mudah rontok, rambut lepek, atau rambut kita berketombe! Tentu akan membuat kita kurang percaya diri bukan? Dengan memanfaatkan bawang merah, masalah yang berkaitan dengan rambut akan dapat dengan cepat teratasi.

Dibawah ini adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan rambut yang dapat kalian lawan menggunakan bawang merah.

  • Membuat Rambut Menjadi Lebih Kuat

Masalah rambut seperti rambut rapuh, rambut mudah patah dan juga mudah rontok adalah beberapa masalah yang sering terjadi, terlebih lagi wanita meskipun sebagian pria juga mengalaminya. Jika hal ini terjadi pada kalian, maka solusi alaminya dapat menggunakan bawang merah.

Karena bawang merah mengandung vitamin A, C, dan E yang tinggi dan baik untuk kesehatan juga kekuatan rambut. Bawang merah ini juga mengandung sulfur yang bermanfaat sangat baik untuk meningkatkan kekuatan keratin pada rambut.

  • Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi yang dapat membuat rasa percaya diri menurun. Beberapa hal yang menjadi penyebab kulit kepala berketombe diantaranya adalah debu, kotoran, penggunaan produk rambut yang tidak cocok, atau karena produksi minyak yang berlebih di kepala.

Masalah ini dapat di lawan dengan menggunakan bawang merah. Karena kandungan sulfur dan vitamin C pada bawang merah ini sangat efektif untuk melawan ketombe dari kulit kepala.

  • Menutrisi Rambut

Manfaat bawang merah lainnya adalah menutrisi rambut. Nutrisi yang kurang pada rambut dapat membuat rambut menjadi mudah patah, rontok, terlihat kumal dan kusam.

Meskipun banyak produk-produk sampo yang mengandung bahan-bahan untuk menutrisi rambut, namun hal itu belum cukup untuk mengembalikan rambut supaya terlihat lebih berkilau. Cobalah menggunakan bawang merah sebagai masker rambut agar rambut terlihat lebih berkilau kembali.

  • Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek

Beberapa penyebab rambut berminyak adalah karena rambut terkena debu dan kotoran. Jika rambut tidak segera di bersihkan dan di cuci, maka rambut dapat menjadi lepek. Manfaat lainnya dari bawang merah ini dapat membantu menyerap minyak sehingga dapat mengurangi lepek pada rambut.

Namun dalam hal ini, bawang merah hanya berfungsi untuk mengangkat minyak di kepala.

2. Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, bawang merah juga bermanfaat untuk obat herbal bagi bayi. Bawang merah ini dapat menjadi obat alami untuk bayi yang sedang menderita flu dan batuk.

Caranya dengan menyiapkan 1 sampai 2 siung bawang merah, kemudian iris tipis kasar. Tumbuk bawang merah yang telah diiris lalu balurkan pada punggung bayi, tangan, dan kaki. Jika cuaca dalam kondisi dingin, maka bisa menambahkan minyak telon untuk menciptakan rasa hangat dan juga harum.

3. Manfaat Bawang Merah Untuk Lelaki

Tahukah kalian jika bawang merah juga dipercaya dapat meningkatkan hasrat seksual, baik itu pada pria atau wanita. Inilah manfaat bawang merah untuk lelaki.

  • Meningkatkan Jumlah Sperma

Kandungan antioksidan pada bawang merah dapat meningkatkan jumlah sperma secara alami. Berbagai studi menemukan fakta jika bawang dan jahe dapat meningkatkan jumlah sperma sekaligus dapat menambah hasrat seksual.

Jika mengkonsumsi 1 sdm jus bawang merah yang dicampurkan dengan 1sdt jus jahe sebanyak 3 kali dalam sehari, maka dipercaya dapat meningkatkan libido.

  • Meningkatkan Kadar Testosteron

Universitas Tabriz (Iran) melakukan riset dan menyimpulkan bahwa jus bawang merah segar dapat mendongkrak kadar testosteron. Bawang merah juga dapat meningkatkan kesehatan organ seksual pria dan wanita.

  • Meningkatkan Stamina Pria

Jika sistem imun tubuh lemah maka dapat membuat seseorang menjadi lemas, mudah lelah, dan “bergerak lamban” di atas ranjang. Hal-hal tersebut dapat dicegah dengan cara alami yaitu mengkonsumsi bawang merah secara rutin.

Ini disebabkan karena kandungan fitokemikal dalam bawang mampu mendorong vitamin C untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga racun berbahaya penyebab berbagai penyakit dapat diusir dari tubuh.

4. Manfaat Bawang Merah Mentah Untuk Kulit

Selain baik untuk pria, bawang merah juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit lho! Manfaat apa saja yang bisa di dapatkan dari bawang merah? Berikut ulasannya.

  • Mencegah Jerawat

Bawang merah memiliki sifat antiseptik, anti bakteri, dan juga antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

  • Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya

Manfaat vitamin C bagi tubuh memang sangat banyak. Misalnya saja vitamin C yang terkandung pada bawang merah yang dapat membantu menyehatkan kulit dan juga bercahaya.

  • Menunda Penuaan

Beberapa komponen yang terdapat di dalam bawang merah seperti quercetin dan fitokimia kaya sulfur dapat membantu memerangi kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas, sehingga dapat menunda tanda-tanda penuaan.

  • Mencegah Bahaya Sinar UV

Bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, serta nutrisi penting lainnya. Misalnya vitamin A, vitamin C, serta vitamin E yang sangat penting untuk melawan atau mencegah penyakit kulit. Vitamin-vitamin inilah yang dapat melindungi dari efek berbahaya sinar ultra-violet.

  • Mencegah Masalah Pada Kulit

Kandungan antioksidan yang terkandung pada bawang merah ini dapat membantu mendetoksifikasi tubuh yaitu dengan cara membuang racun dari aliran darah. Detoksifikasi ini nantinya akan memurnikan kulit, sehingga dapat mencegah risiko berkembangnya masalah kulit.

5. Membantu Mencegah Kanker

Salah satu zat yang terkandung pada bawang merah adalah quercetin. Quercetin merupakan zat alami yang membuat bawang merah berwarna merah gelap.

University of Maryland Medical Center berpendapat bahwa zat quercetin termasuk antioksidan yang memiliki peran penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Salah satu dampak yang diakibatkan menumpuknya radikal bebas adalah kanker. Zat quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Terdapat penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan jika zat quercetin pada bawang merah ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker ovarium, kanker prostat, kanker usus, dan kanker endometrial.

6. Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyumbang kematian terbesar di dunia. Bawang merah sendiri mengandung flavonoid yang bisa diandalkan untuk melawan berbagai jenis penyakit, salah satunya diabetes.

Berdasarkan penelitian menunjukan salah satu manfaat bawang merah mampu meningkatkan terjadinya produksi insulin sekaligus dapat membantu dalam merangsang sekresi insulin. Insulin ini dapat menurunkan inflamasi yang berhubungan dengan diabetes.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting di dalam tubuh yang harus selalu di jaga dan dirawat kesehatannya. Nah bawang merah ini berguna untuk membuka arteri yang tertutup serta dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Maka dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur akan dapat mencegah serangan jantung koroner.

8. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah baik untuk kesehatan otak. Hal ini karena bawang merah mengandung folat. Folat termasuk ke dalam salah satu vitamin B yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak serta memiliki kontribusi pada kesehatan mental. Selain itu, kandungan ini juga baik untuk melindungi DNA dan RNA.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan asam amino dan methylallyl sulfida pada bawang merah juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Maka tak heran bagi mereka yang mempunyai riwayat kolesterol disarankan agar rutin mengkonsumsi bawang merah mentah.

10. Mengatasi Sembelit

Mengkonsumsi bawang merah memiliki manfaat baik untuk menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat pada usus. Sehingga pencernaan akan lancar dan juga terhindar dari masalah seperti sembelit.

11. Melegakan Tenggorokan

Dengan mengkonsumsi bawang merah juga memiliki manfaat baik untuk melegakan tenggorokan. Kalian dapat membuat jus bawang merah sebagai obat alami untuk masalah tenggorokan yang sakit karena batuk atau pilek.

Untuk menghilangkan aroma yang di timbulkan oleh bawang merah, maka dapat menambahkan perasa manis berupa madu atau gula merah.

12. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Polifenol yang terdapat pada tanaman bawang mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, ucap Anne Mauney selaku ahli diet di Washington DC.

Kemampuan yang dimiliki bawang ini dapat menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh supaya kuat.

Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin yang terkandung pada tanaman bawang juga dapat mengurangi reaksi alergi dengan cara menghentikan tubuh dari produksi histamin. Histamin merupakan zat yang membuat tubuh kita bersin, menangis, serta gatal saat mengalami reaksi alergi.

13. Manfaat Bawang Merah untuk Membuang Racun

Bawang merah bermanfaat positif dalam meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini dapat memberi pengaruh yang baik terhadap proses detoktifikasi atau pembuangan racun di dalam tubuh manusia.

14. Bawang Merah Baik untuk Bahan Makanan Diet

Untuk kalian yang sedang menjalani program diet, maka mengkonsumsi bawang merah dapat menjadi salah satu solusi alaminya. Meski bawang merah bukanlah makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak, namun bawang merah mengandung nutrisi penting dalam jumlah penting seperti kalium.

Kalium merupakan mineral yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Selain kalium, terdapat juga zat besi yang dapat meningkatkan sirkulasi peredaran oksigen di dalam darah.

Kandungan Gizi Bawang Merah

Kandungan Bawang Merah
Sumber Gambar: images.unsplash.com

Terdapat beberapa kandungan gizi pada bawang merah yang bermanfaat bagi tubuh kita. Diantaranya adalah:

  • Kalori: Bawang merah mengandung kalori rendah. Pada 28 gram bawang merah hanya mengandung 11 kalori.
  • Zat gizi makro: Sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan juga air serta tidak mengandung lemak sama sekali.
  • Vitamin dan mineral: Bawang merah mengandung vitamin yang tinggi, seperti vitamin A, C, E dan juga vitamin B6. Sedangkan jenis mineral yang paling banyak terkandung di dalamnya adalah kromium.
  • Indeks glikemik: Bawang merah termasuk ke dalam makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemik rendah yaitu hanya mencapai 10.

Ternyata terdapat begitu banyak manfaat bawang merah bagi tubuh jika kita mengkonsumsinya. Meskipun bawang merah memiliki banyak manfaat, namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan maka akan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Maka konsumsi lah bawang merah dengan kadar sewajarnya saja.

Tinggalkan komentar