Khasiat Sirih Merah dan Efek Sampingnya

Khasiat daun sirih merah dan efek sampingnya merupakan hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan daun herbal ini. Daun sirih merah merupakan salah satu jenis daun herbal yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia.

Sejak dulu, daun ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tertentu. Yang paling terkenal adalah sebagai obat mimisan. Dan di kalangan orang tua, daun sirih sering dijadikan bahan campuran untuk nginang (menyirih).

Masyarakat suku Madura yang berada di kabupaten Sumenep mempercayai daun sirih sebagai herbal untuk mengatasi penyakit jantung. Cara mengolah daun sirih merah untuk penyakit jantung adalah dengan beberapa campuran bahan alami lainnya.

Menurut pustakasehat.com, 3 lembar daun sirih merah dicampur dengan 14 biji kemukus, 3 siung bawang merah, 1 sendok teh jinten putih, dan air sebanyak 5 sendok makan. Kemudian bahan-bahan tersebut ditumbuk sampai halus dan terakhir disaring airnya sebagai ramuan.

Mengkonsumsi ramuan tersebut sehari 2 kali secara rutin, dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung.

Itu salah satu khasiat daun sirih yang dipercaya oleh masyarakat suku Madura. Entah sudah teruji secara penelitian atau belum, tidak bisa kami pastikan. Biasanya ramuan-ramuan seperti itu memang terbukti tanpa harus melalui penelitian.

Lanjut ke pembahasan khasiat daun sirih merah dan efek sampingnya. Selain kaya manfaat, daun sirih merah juga bisa menimbulkan efek samping yang perlu diperhatikan.

Khasiat Sirih Merah dan Efek Sampingnya

Kita mulai dari pembahasan khasiatnya terlebih dahulu. Karena berdasarkan informasi yang kami dapat dari berbagai sumber termasuk situs kesehatan, mengatakan ada banyak khasiat daun sirih merah untuk kesehatan.

Berikut ini kami lampirkan beberapa khasiat daun sirih merah untuk kesehatan. Sebenarnya jika dijabarkan ada lebih banyak dari yang kami lampirkan.

Cari tahu lebih banyak tentang jenis tanaman obat di sini.

Khasiat Sirih Merah

Khasiat Sirih Merah dan Efek Sampingnya
Pixabay.com

1. Untuk Mengatasi Bau Badan

Badan bau tidak sedap tentu membuat kita menjadi kurang percaya diri. Bau badan tidak selamanya bersumber karena belum mandi. Tetapi, bisa saja dari keringat dari dalam tubuh yang terlalu banyak mengandung zat yang berbau tidak sedap.

Selain menggunakan sabun mandi, kita bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan bau badan. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara alami, yakni meminum rebusan daun sirih merah.

Cukup sediakan kira-kira 5 lembar daun sirih merah, lalu rebus dengan 2 gelas air putih. Penggunaan untuk mengatasi bau badan, bisa dengan cara meminum air rebusan sirih merah tersebut.

2. Sebagai Antiseptik

Daun sirih merah dipercaya sebagai antiseptik yang bagus. Meski belum melalui penelitian lebih jauh.

Daun ini dipercaya sebagai antiseptik yang bagus karena memang sudah terbukti sejak dulu. Rata-rata, orang dahulu menggunakan berbagi jenis daunan herbal untuk mengobati luka seperti inveksi.

Salah satu daun yang dipercaya sebagai obat antiseptik adalah daun sirih merah ini. Hanya butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah sisa bakteri yang ada bersifat bisa menyebabkan penyakit (Patogen) atau tidak.

3. Sebagai Penurun Kadar Gula Darah

Sering meminum atau mengkonsumsi rebusand daun sirih merah dipecaya dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat daun ini bisa mengurangi stres okisdatif. Yakni stres yang bisa menyebabkan rusaknya sel-sel di dalam tubuh yang berdampak pada tidak seimbangnya hormon insulin.

Selain dijadikan rebusan air, daun sirih merah juga dibisa dimanfaatkan untuk penurun kadar gula darah dengan cara dijemur sampai kering, yang kemudian dijadikan bubuk.

Nah bubuk ini nantinya bisa diseduh, bisa juga dijadikan adonan kental untuk mengatasi luka bakar atau luka lecet.

4. Sebagai Penjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Gigi

Ini adalah salah satu rahasia kenapa orang dulu bisa memiliki rongga mulut dan gigi yang sehat meski tanpa sikat gigi.

Orang dahulu memiliki tradisi yang bernama bersirih. Atau bahasa populernya adalah nginang.

Jadi, di dalam daun sirih merah ini terkandung minyak yang bernama atsiri. Minyak ini bersifat antiseptik, antimikroba, antioksidan, dan aktivitas lain yang berkaitan dengan bakteri di dalam mulut.

5. Sebagai Obat untuk Mengatasi Saluran Pencernaan

Jika anda sering mengalami nyeri di perut atau daerah lambung, bisa untuk mencoba mengkonsumsi daun sirih merah. Yakni rebusan daun sirih merah.

Jadi kandungan daun sirih merah, dipercaya mampu melindungi usus di dalam tubuh dari racun radikal bebas.

Selain itu, daun ini juga bisa menormalkan tingkat pH yang tidak stabil pada lambung. Perlu diketahui, jika pH lambung tidak stabil, maka akan timbul rasa sakit pada lambung.

6. Sebagai Obat untuk Mengatasi Jerawat

Salah satu hal yang dapat mengurangi rasa percaya diri adalah jerawat pada wajah. Selama ini, kebanyakan orang yang mengalami jerawatan pada wajah, diobati dengan pembersih muka atau obat jerawat lainnya yang berbau bahan kimia.

Padahal, jika kita mau memanfaatkan pengobatan alami, kita bisa mengobati jerawat dengan daun sirih merah. Caranya bagaimana?

Bisa dengan menggiling daun sirih merah, namun jangan terlalu halus. Setelah itu, seduh dengan menggunakan air sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai dingin, dan selanjutnya oleskan pada wajah yang tumbuh jerawat. Atau oleskan saja secara merata pada wajah.

Maka, sebaiknya jangan menggunakan daun sirih secara berlebihan. Manfaat daun sirih merah secukupnya saja jangan sampai berlebihan.

Karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Demikian yang bisa kami sampaikan terkait khasiat sirih merah dan efek sampingnya.

Tinggalkan komentar