Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria

Tidak banyak yang mengetahui mengenai khasiat bawang Dayak untuk pria. Kebanyakan orang lebih familiar dengan bawang merah atau bawang putih daripada jenis bawang yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, bawang jenis ini berasal dari Kalimantan, tepatnya diambil dari nama suku yang tinggal dan berada di pulau Borneo ini, yaitu Suku Dayak.

Bagi masyarakat asli yang tinggal di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah, bawang Dayak telah terkenal sejak lama dan telah turun-temurun diwariskan untuk dijadikan sebagai obat herbal. Salah satu khasiat bawang Dayak ini adalah baik untuk kesehatan pria dan wanita.

Baca Juga : Manfaat Temulawak Putih

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria dan Wanita

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria
Sumber Gambar: i.pinimg.com

Bawang Dayak memiliki nama latin Eleutherine palmifolia Merr atau Eleutherine bulbosa Mill. Beberapa orang juga menyebut bawang Dayak dengan sebutan bawang Sabrang, bawang Arab, bawang Kambe, bawang Tiwai, bawang Berlian dan juga bawang Hutan.

Khasiat bawang Dayak dipercaya sangat baik untuk kesehatan pria dan wanita, misalnya untuk meningkatkan stamina pria dan juga dapat melancarkan ASI.

Agar Anda lebih mengetahui mengenai khasiat apa saja yang bisa didapat bila mengkonsumsi bawang Dayak, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas mengenai khasiat bawang Dayak untuk pria dan wanita.

Berbagai khasiat bawang Dayak untuk kesehatan pria dan wanita adalah:

Meningkatkan Stamina Pria

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria
Sumber Gambar: www.gogobli.com

Bawang Dayak mengandung berbagai macam senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk membantu menangkal radikal bebas dan juga zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, bawang Dayak juga mampu menetralkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan energi tubuh dalam beraktivitas. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi bawang Dayak berkhasiat dalam meningkatkan stamina pria.

Mengatasi Sakit Pinggang

Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria
Sumber Gambar: image-cdn.medkomtek.com

Sementara itu, mengkonsumsi bawang Dayak juga mampu membantu meringankan masalah sakit pinggang yang sering dialami oleh pria dewasa yang memiliki aktivitas/pekerjaan berat, terlalu lama berdiri atau duduk.

Sakit pinggang adalah masalah serius yang dapat mengganggu aktivitas seksual khususnya yang sering dialami oleh pria dewasa. Dengan mengkonsumsi bawang Dayak secara rutin, masalah yang berhubungan dengan sakit pinggang dapat segera teratasi.

Mengatasi Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang berkembang di dalam kelenjar kecil di panggul pria. Panggul pria merupakan bagian dari sistem reproduksi (prostat). Penyakit prostat ini dapat mempengaruhi produksi dan kualitas sperma, serta dapat menurunkan gairah seksual pada pria.

Adapun cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah Anda cukup mengkonsumsi bawang Dayak baik yang masih dalam keadaan segar atau pun dalam bentuk olahan.

Meningkatkan Kepadatan Tulang Wanita Usia Menopause

Ketika menginjak usia tertentu, umumnya wanita akan mengalami menopause dimana salah satu risikonya adalah menyerang kesehatan tulang. Khasiat bawang Dayak untuk wanita ini dianjurkan dikonsumsi bagi wanita yang sedang dalam masa menopause atau terancamnya penurunan kepadatan tulang wanita sekitar 20 persen.

Melancarkan ASI

Khasiat lainnya daripada bawang Dayak cocok dikonsumsi bagi wanita yang sedang menyusui. Rutin mengkonsumsi ramuan yang berbahan dasar bawang Dayak maka dapat membantu melancarkan produksi ASI sekaligus mampu mengatasi rasa mual yang sering dikeluhkan oleh ibu-ibu muda.

Untuk mendapatkan manfaat bawang Dayak ini, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung dalam keadaan masih segar. Jika tidak kuat dengan aroma bawang Dayak, maka dapat mengolahnya menjadi manisan atau olahan lainnya.

Meskipun banyak kandungan yang baik bagi kesehatan pria dan wanita, namun alangkah baiknya dalam mengkonsumsi bawang Dayak tetap dalam porsi yang sewajarnya saja.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda akan mengkonsumsi bawang Dayak ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit tersebut diatas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai khasiat bawang Dayak untuk pria dan wanita. Semoga bemanfaat.