Kata Kata Bijak Cinta

Kumpulan kata-kata bijak cinta terbaru yang cocok untuk kamu yang sedang mencari kebijakan dalam masalah percintaan. Dari kata bijak cinta yang islami, lucu, bahasa Jawa, cinta sejati, sampai yang penuh makna dan menyentuh hati.

Perkata cinta kamu ngga boleh main-main dong. Terutama ketika berbicara, karena lisan ini bagaikan pedang. Jika kamu bisa memegang dan mengendalikannya, ia bisa menjadi penyelamat kamu.

Namun, jika kamu ngga bisa mengendalikan pedang itu, maka ia bisa melukaimu. Begitu juga dengan lisan. Ketika kamu bisa mengendalikan apa yang keluar dari lisan kamu, maka lisan bisa menjadi penyelamat kamu.

Dan sebaliknya, jika kamu ngga bisa mengendalikan lisanmu, ia akan dengan mudahnya melukai siapa saja. Bahkan ia bisa menjadi petaka buat diri sendiri.

Oke, maka dari itu, penting untuk kita menyimpan banyak kata-kata yang baik dalam memori otak kita. Karena sejatinya lisan hanyalah perantara dari otak kita.

Semuanya yang memerintahkan otak. Jadi, alangkah baiknya penuhi memori otak kita dengan kata-kata baik seperti kata-kata bijak cinta, kata mutiara, kata motivasi, dan sejenisnya. Supaya yang keluar dari otak kita melalui lisan adalah kata-kata yang baik.

DAFTAR ISI

Kata Kata Bijak Cinta Terbaru

Kata Kata Bijak Cinta Sejati
Sumber Gambar: Canva.com

Gerbangnya ilmu adalah membaca. Dengan membaca kamu akan banyak tahu tentang pengetahuan dan pengalaman seseorang.

Kata kata bijak cinta terbaru ini ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengelaman. Pastinya menarik dan menambah wawasan.

“Cinta bukan Tentang Harta dan Tahta”

Cinta bukan tentang harta, bukan tentang tahta, bukan juga tentang logika. Karena cinta adanya di dalam hati yang terlapis dada.

Jika cinta seperti harta, ia akan bisa di dapat dengan segala cara. Namun cinta hanya bisa di dapat dengan rasa nyaman dan bahagia.

“Ketulusan Cinta”

Merelakan dia untuk lebih bahagia adalah simbol ketulusan dan keikhlasan yang paling nyata. Bersuka duka memperjuangkan dia adalah bentuk pengorbanan yang sangat berharga.

Ketulusan cinta itu tidak bisa dilihat dengan mata. Namun, ia hanya  bisa dilihat ketika tidak sedang bersama kekasihnya.

“Cinta Sejati”

Jika ada yang mengatakan cinta itu buta, maka jawablah tidak. Karena hakikatnya itu bukan cinta. Cinta sejati adalah ia yang sama-sama berjuang menjaga kesucian sampai diujung waktu yang diperbolehkan.

Ketika membuat janji ia menepati, ketika ia berkata ia jujur apa adanya, ketika dipercaya ia menjaga dengan sepenuhnya. Itu adalah ciri-ciri cinta sejati.

“Cinta Bukan Tentang Logika”

Banyak yang bilang cintaku padamu sebesar dunia, seluas langit dan samudra. Sejatinya cinta tidak bisa diukur dengan panca indra maupun logika.

Jika cinta bisa memilih, ia akan memilih yang ia suka. Nyatanya benci bisa jadi cinta. Cinta memang bukan logika.

“Sejauh Mata Memandang”

Berpisah raga sejauh mata memandang, jika cinta sudah bersatu, maka gunung dan lautan pun bukanlah penghalang.

Cinta itu unik. Meski ia terpisah oleh benua, ketika waktunya tiba, ia akan berjumpa dan disatukan dalam ikatan cinta.

“Cinta Butuh Makan dan Minum”

Cinta itu bagaikan makhluk hidup. Ia butuh makanan dan minuman. Makanannya itu perhatian, dan minumannya adalah pengertian.

Cinta itu sama seperti otot, butuh nutrisi dan zat besi untuk tetap kuat. Nutrisinya rayuan dan Zat besinya adalah gombalan.

“Cinta tidak Pandang Fisik”

Cinta sejati tumbuh bukan karena kecantikan atau ketampanan. Tetapi cinta sejati tumbuh karena adanya tingkah dan perilaku yang mengagumkan.

Jika cinta memandang fisik, sama saja Tuhan tidak menciptakan keadilan. Nyatanya Tuhan maha adil dan menciptakan mahlukNya saling melengkapi dalam berpasang-pasangan.

“Cinta itu Fitrah”

Mencintai seseorang adalah fitrah manusia. Menyenangkan, dan membahagiakan. Sempurnakan cinta dengan ketenangan yang bersumber dalam aturan Tuhan.

Cinta itu fitrah, ia akan tersesat jika salah jalan, dan ia akan selamat jika mengikuti petunjuk dan aturan Tuhan.

“Cinta Butuh Kepastian”

Seandainya kau janjikan emas segunung di tahun depan, dan kau janjikan rumah mewah di minggu depan. Cinta akan lebih memilih ia yang berani memberikan kepastian.

Cinta itu lebih membutuhkan kepastian. Bukan rayuan dan gombalan manis yang bisa menghanyutkan.

“Cinta Sejati akan Mencapai Pelaminan”

Suatu hal yang sangat sia-sia dan merugikan adalah sudah lama bermesra-mesraan tetapi berujung tak dipelaminan.

Suatu cinta yang mengikat dua insan tidak akan bisa dikatakan membahagiakan, jika belum melewati garis pelaminan.

“Cinta Bukan Mata Bukan Juga Kaki”

Jika cinta adalah mata, maka ia akan memejamkan mata ketika melihat penghianatan. Jika cinta berupa kaki, maka ia akan lari jika tersakiti. Nyatanya cinta itu perasaan hati, yang tidak bisa dipejamkan ketika ada penghianatan, dan tidak bisa lari ketika disakiti.

Andai saja cinta itu seperti mata, ia akan bebas melihat kesana kesini. Dan andai saja cinta itu kaki, ia akan bebas melangkah kesana kemari.

“Cinta Bukan Mentari dan Rembulan”

Jika cinta itu seperti mentari, tentu ia akan pergi ketika malam hari. Jika cinta seperti rembulan, tentu ia hanya akan datang ketika malam hari. Namun cinta itu bukan mentari ataupun rembulan, karena ia datang setiap detik di dalam hati.

Indahnya mentari dan rembulan itu beda dengan indahnya cinta ini. Karena indahnya mentari dan rembulan untuk semua orang, sedang cinta ini hanya untuk kita berdua.

Kata Kata Bijak Cinta Islami

Kata Kata Bijak Cinta IslamiKata Kata Bijak Cinta Islami
Sumber Gambar: Canva.com

Agama Islam merupakan agama yang sempurna. Di dalamnya terdapat segala jenis aturan hidup. Yang mana jika seseorang mengikuti aturan tersebut kelak akan mendapatkan nikmatnya hidup di akherat.

Agama Islam adalah nasehat. Dimana nasehat-nasehat yang ada mengandung kata-kata bijak. Termasuk kata bijak cinta. Namun dalam konteks cinta yang Islami. Contoh seperti di bawah ini.

“Budak Cinta”

Setiap kali seorang hamba mencintai sesuatu, maka ia akan menjadi budak sesuatu tersebut. Dan Allah SWT tidak menyukai seorang hamba menjadi budak selainNya.

Cintai sesuatu karena Allah SWT adalah mencintai sesuatu yang didasarkan atas cinta kepada Allah dengan niat menjalankan perintah Allah yaitu untuk saling mencintai sesama. Bukan berkata “aku mencintaimu karena Allah SWT”, tetapi hati sepenuhnya dijadikan budak cinta kepada pasangannya.

“Ridho Allah”

Janganlah menyembah Allah dengan tujuan agar Dia memberimu sesuatu. Tapi sembahlah Allah karena ingin mendapat ridhoNya, dan cintaNya. Jika Allah ridho dan cinta , Dia akan membanjirimu dengan pemberianNya.

Lebih baik kehilangan cintanya seseorang karena takut kehilangan cintanya Allah. Dari pada kehilangan cinta dan ridho Allah karena cinta kepada seseorang.

“Cintai Makhluk Sewajarnya”

Janganlah berlebihan dalam mencintai makhlukNya. Karena sejatinya cinta hanya untuk Allah SWT. Karena Dia yang paling mencintai makhlukNya dengan segala fasilitasNya di dunia.

Mencintai makhluk secara berlebihan akan beresiko mendapat kekecewaan yang mendalam. Cintailah Allah maka engkau tidak akan mendapat kekecewaan.

“Cintai Karena Allah”

Apabila kamu ingin mencintai seseorang, maka cintailah karena Allah. Niscaya kamu akan bisa menerima seseorang tersebut apa adanya.

Sebelum mencintai seseorang, sebaiknya cintai dulu Allah, setelah itu kamu akan mencintai diri sendiri. Jika sudah  bisa mencintai diri sendiri, maka kamu akan mudah untuk mencintai seseorang.

“Cinta yang Sempurna”

Cinta bukan tentang mencari yang sempurna, namun cinta adalah tentang dua insan yang saling melengkapi untuk menuju sempurnanya kebahagiaan.

Cinta yang sempurna adalah ketika kita sudah bisa mencintai Allah dan RasulNya lebih dari mencintai lainnya.

“Cinta yang Tepat”

Pasanganmu adalah cerminan dari dirimu. Jika dirimu seorang yang berhati baik, maka pasanganmu juga ia yang berhati baik. Logikanya, kebenaran selamanya tidak akan bisa menyatu dengan kebatilan.

Terkadang seseorang dipertemukan sama orang salah terlebih dahulu. Supaya ia lebih siap untuk bertemu dengan pasangan yang tepat.

“Pasangan yang Baik”

Jika ingin mendapat cinta yang baik, maka perbaikilah diri terlebih dahulu. Pantaskan diri untuk menjemput pasangan baikmu.

Laki-laki baik akan tetap untuk perempuan yang baik. Ketika ia betemu dengan yang tidak baik, hati akan selalu ingkar dan tidak ada ketenangan.

“Cinta yang Paling Indah”

Seseorang tidak akan bisa merasakan indahnya cinta ketika ia belum bisa mencintai Allah serta RasulNya. Karena sumbernya sumber kebaikan ialah Allah dengan RasulNya.

Cinta yang paling indah adalah ketika dua insan bersatu karena sama-sama mencintanya kepada Allah. Ia tidak akan menemui saling mencela apalagi saling mengatakan kekurangannya.

“Cinta yang Haqiqi”

Pada haqiqatnya mencintai pasangan bukanlah cinta yang sejati. Karena ia akan musnah ketika dia sudah tiada di dunia ini. Namun yang haqiqi sebenarnya adalah mencintai Allah, karena sampai mati ia akan menikmati cintanya itu.

Mencintai keindahan dunia adalah bukan cinta yang sebenarnya. Dunia ini fana, semua manusia akan meninggalkanya. Begitu juga cintanya. Namun tidak dengan mencintai sang pencipta keindahan dunia ini. Ialah Allah, jika kita mencintaiNya, maka cinta itu akan sampai di akheratNya.

” Cinta Abadi”

Semua orang berharap cinta abadi dengan pasangannya. Namun cinta yang abadi hanya bisa diraih melalui ridhonya Allah. Dua insan yang saling mencintai karena Allah, ia akan mendapat kesempatan memiliki cinta yang abadi.

Cinta abadi tidak bisa dibuktikan di dunia. Karena dunia bukan tempat yang abadi. Cinta abadi hanya bisa dibuktikan di syurganya Allah SWT. Dimana di syurga adalah tempat kehidupan yang indah sebenarnya.

Kata Kata Bijak Cinta Lucu

Kata Kata Bijak Cinta Lucu
Sumber Gambar: Canva.com

Bijak itu ngga semuanya bernuansa serius sob. Ada beberapa orang yang menyukai humor. Dan tidak semua yang humor itu ngga bijak.

Banyak pelawak-pelawak terkenal di Indonesia, yang terkadang menyisipkan kata-kata bijak dalam lawakannya.

Asik juga, malah yang mendengar jadi ketawa sambil bertepuk tangan. Nah berikut ini ada beberapa contoh kata-kata bijak lucu tentang cinta.

” Wanita”

Mencintai wanita apa adanya adalah tanda cinta sejati. Mencintai wanita karena ada apanya adalah bukan dari hati.

Cewe matre cintanya karena uang. Cewe oke cintanya karena sayang. Cewe matre tandanya kere, cewe oke tandanya love.

“Mencuri”

Jika mencuri uang aku malu dan tidak mampu, jika mencuri cintamu aku mampu dan sangat mau.

Aku senang ketika aku mencuri. Ngga ada hal lain yang lebih aku sukai kecuali mencuri. Iya itu mencuri-mencuri pandangan denganmu.

“Cinta Buta”

Kenapa orang bisa jatuh cinta? Karena cinta itu buta, jadi orang mudah jatuh cinta.

Kenapa cinta diangap buta? Karena orang yang sedang jatuh cinta, mereka melihat dunia hanya milik berdua. Padahal kan dunia bukan milik mereka berdua. Kan buta.

“Tidak Mampu Melupakan”

Jika kamu menyuruh aku untuk pergi melupakanmu, maka aku akan langsung pergi ke kantor kepala desa. Mau minta surat keterangan tidak mampu.

Jujur aku benar-benar tidak mampu melupakanmu. Karena kamu masih punya hutang padaku.

“Penyesalan Selalu Menjadi Akhir dari Kesalahan”

Banyak orang merasakan penyesalan di akhir perbuatan tidak baiknya. Ya penyesalan memang begitu, datangnya selalu di akhiran. Karena kalau penyesalan datang di awal, tentu namanya bukan lagi penyesalan, namun pendafaran.

Penyesalan selalu datang terakhiran, maka bukalah awalan dengan kebaikan supaya tidak berakhir dengan penyesalan.

“Masalah Adalah Awal Pendewasaan”

Jika kamu merasa masalah selalu membuat diri jadi lebih dewasa, maka jadilah orang yang bermasalah. Supaya bisa menjadi orang yang dewasa.

Jangan pernah menganggap masalah adalah suatu yang buruk. Karena jika kamu menganggap buruk masalah, maka sama saja kamu menganggap buruk kedewasaan.

“Ramah di Awal Marah di Akhir”

Banyak kasus yang membuktikan bahwa orang meminjam uang itu ramah ketika di awal, dan suka beralesan dan kadang marah ketika ditagih.

Seseorang yang ramah akan mendapat pujian, dan seorang yang suka marah-marah akan mendapat cacian.

“Impianmu Adalah Masa Depanmu”

Masa depan itu ditentukan oleh impianmu. Maka jika ingin segera meraih masa depan, pergilah tidur.

Masa depan itu bergantung dalam impianmu. Namun bukan berarti dengan bermimpi kamu bisa meraih masa depan. Beraksi adalah salah satu kunci meraih masa depan.

“Cinta Monyet”

Apa itu cinta monyet? Cinta monyet adalah cinta yang tidak didasari dengan akal dan pikiran sehingga kalau sedang berandai-andai, terlalu alay.

Kamu bilang cintamu tak akan pernah hilang, kamu bilang cintamu setinggi gunung seluas lautan… Itu hanya kata manis masa-masa gombalan.

“Cinta Sedalam Lautan”

Aku bingung ketika orang berkata cintaku sedalam lautan. Emang dia pernah menyelam dilautan sampai tahu dalamnya seberapa?

Antara cinta sedalam lautan dengan cinta sebesar gunung akan kalah besarnya dengan ia yang berani mendatangi orang tua kamu.

Kata Kata Bijak Cinta Bahasa Jawa

Kata Kata Bijak Cinta Bahasa Jawa
Sumber Gambar: Canva.com

Bahasa Jawa itu keren loh sob. Kata-katanya unik dan logatnya juga lebih unik-unik. Bahasa Jawa juga bagus digunakan untuk mengungkapkan kata bijak cinta yang menarik.

Bahasa Jawa adalah bahasa aslinya orang Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan Jawa Barat sudah beda lagi. Kalo bahasanya Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda.

Meskipun Bahasa Jawa kalo didengarkan terdengar lucu, tetapi tidak bisa dibohongi karena kelucuannya itu, bahasa ini jadi semakin dikenal di Indonesia.

Kita langsung saja ke contoh-contoh penggunaan bahasa Jawa untuk kata bijak cinta bahasa Jawa.

“Jangan Ngarep Karo Makhluk”

Sejero-jerone perasaanmu karo si doi, ora bisa dadi cekelan bahwa si doi bakal dadi jodohmu. Wis dadi hak paten, jodoh kui kuasane gusti Allah. Menungso kudune ngarep karo gusti Allah, udu karo makhluke.

Ora pernah ngalami urip sing paling pait, selaine ngarep karo makhluke gusti Allah. Sebabe kecewa sing bakal teko.

“Lanang Wadon”

Wong lanang lewih kuasa milih wong wadon. Nanging, wong wadon lewih kuasa menolak. Gusti Allah iku adil.

Dadi wong lanang kue ora gampang. Siap tresno karo wong wadon, artine wis siap menanggung lahir batine wong wadon.

“Hakekate Tresno”

Tresno kui udu dilambangke karo mesra-mesraan. Tresno kui ora bisa dipadakna karo laut utawi gunung. Tapi tresno kui, perasaan kang tetep siap seneng susah ora bisa berubah.

Yen tresno kui ora bakal nglarani, yen tresno kui ora bakal nglomboni, yen trenso kui bakal setia karo janji suci.

“Bagus lan Ayu Udu Patokan Jodoh”

Gusti Allah kui maha adil. Wong bagus jodone wong ora ayu, ya akeh. Wong ayu jodone wong ora bagus ya ora setitik. Sebabe jodoh kui perkara batin.

Wong lanang bagus atine kanggo wong wadon sing ayu atine. Wong lanang elek atine kanggo wong wadon elek atine.

“Bahagia kui Simpel”

Salah sijine rumus bahagia kui ngeculke wong sing kang nyiakna-nyiakna kowe. Bahagia ojo digawe njrimet.

Pikiran negatif kui salah siji sekang akehe rumus loro ati. Pikiran positif kui salah sijine kunci bahagia.

“Tresno Ora Kudu Pacaran”

Wong lanang sing bener-bener trenso kui udu sing ngomong seneng maring koe. Tapi wong lanang sing wani ngomong trenso lewat wong tuane.

Tresno kui, koe lan aku saling percaya lan njagani ati, nganti tekan ng pelaminan.

“Tresno Kang Ikhlas”

Wong kang iklhas kui, lewih seneng ndeleng wong kang di tresnoni bahagia karo wong liyo dari pada menderita nek karo awake dewek.

Tresno kang ikhlas iku, tresno sing wis berkali-kali di loroni, tapi tetep setia lan mboten mbedani.

“Tresno sing Temenanan”

Nek ana sing ngomong aku tresno karo kowe, tapi wegah nemoni wong tuane kowe, iku wong apus-apus.

Tresno kang tenanan iku, wong kang wani ngomong, lan wani tanggung jawab. Ngomonge sayang tapi ora mbukteni.

Kata Kata Bijak Cinta Sejati

Kata Kata Bijak Cinta Terbaru
Sumber Gambar: Canva.com

Apakah yang dimaksud dengan cinta sejati? Apakah cinta yang identik dengan kemesraan? Atau cinta yang identik dengan gonta ganti pasangan?

Cinta sejati ialah cinta yang siap bertahan dengan saling komitmen untuk menjaga perasaan. Cinta sejati adalah cinta yang siap untuk merasakan suka duka bersama.

Pengertian cinta sejati sangat panjang jika dijelaskan secara detail. Intinya, cinta sejati adalah cinta lahir dan batin seperti cintanya seorang ibu kepada anaknya.

“Cinta Sejati Saling Menjaga perasaan”

Cinta belum bisa dikatakan sebagai cinta sejati jika cinta tersebut masih suka menyakiti meski tidak berniat untuk tidak menyakiti.

Jika orang yang engkau cintai masih suka bermain dengan lawan jenis tanpa merasa takut engkau cemburu, berarti ia bukan cinta sejati.

“Cinta Sejati Hadir dari Hati bukan dari Nafsu”

Terkadang, antara cinta dengan nafsu sulit untuk dibedakan. Karena keduanya sama-sama berada di dalam diri.

Cinta sejati tidak harus dibuktikan dengan kemesraan, cinta sejati juga tidak harus dibuktikan dengan manja-manjaan. Tetapi cinta sejati harus dibuktikan atas dasar kesucian.

Nah, itulah kumpulan kata kata bijak cinta dari kami. Hati-hati dengan yang namanya cinta. Jangan mudah tertipu dengan kata cinta. Cinta sejati, ia tidak akan berani bersemi jika bukan atas dasar ikatan resmi.