Jenis Tanaman Buah

Halo sahabat @PakTani11, Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman buah cepat berbuah, buah langka, buah semusim, buah merambat, dan tanaman buah dalam pot.

Ada banyak jenis tanaman buah yang cepat berbuah yang bisa anda tanam sendiri di rumah. Bisa ditanam di dalam pot ataupun di pekarangan dekat rumah.

Tanaman buah adalah salah satu jenis tanaman yang banyak diminati oleh banyak orang. Pasalnya manfaat tanaman buah terbilang banyak sekali.

Salah satunya bisa untuk dijadikan media bisnis. Seperti bisnis bibit tanaman buah, bisnis hasil panen buah, dan lainnya lagi.

Selain untuk media bisnis, tanaman buah juga bagus untuk dijadikan pemanis pekarangan. Dengan adanya tanaman buah, pekarangan jadi lebih menyenangkan ketika dilihat.

Dan yang lagi cukup booming sekarang adalah menanam tanaman buah di dalam pot. Tentu hanya tanaman buah tertentu yang bisa ditanam di dalam pot.

Penasaran apa saja jenis tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot? Nanti akan kita bahas di akhir artikel ini.

Baca Informasi lebih lengkap tentang pengetahuan tanaman.

Jenis Tanaman Buah yang Cepat Berbuah

Jenis Tanaman Buah Cepat Berbuah
Sumber Gambar: thetreefarm.com

Tidak semua tanaman buah bisa cepat berbuah. Contoh saja tanaman buah durian. Ia biasanya akan memakan waktu bertahun-tahun untuk sampai bisa  berbuah.

Meskipun belakangan ini memang sudah banyak yang menggunakan teknik-teknik tertentu supaya bisa mempercepat tanaman bisa berbuah.

Namun, biasanya antara hasil buah yang alami dan hasil buah yang menggunakan teknik tertentu, akan tetap ada bedanya. Tentunya lebih bagus dan menyehatkan yang berbuah dengan alami.

Ada banyak jenis tanaman buah yang cepat berbuah di dunia ini. Khususnya di Negara Indonesia. Berikut ini beberapa contoh tanaman buah yang bisa cepat berbuah.

1. Buah Nanas

Tanaman Buah Nanas
Sumber Gambar: pixfeeds.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah nanas. Buah ini tergolong cepat berbuah. Tempat yang paling cocok untuk menanam tanaman nanas adalah di daerah dataran tinggi.

Jenis nanas sendiri ada banyak sekali. Yang paling terkenal adalah nanas bogor yang memiliki rasa manis dan tidak ada gatal-gatalnya.

2. Pepaya

Tanaman Buah Pepaya
Sumber Gambar: cdn2.eyeem.com

Mungkin masih banyak yang bingung, sebenarnya pepaya itu buah atau sayur. Dikatakan buah karena ketika matang rasanya memang seperti buah.

Dikatakan sayur, memang ketika sebelum matang pepaya bisa dijadikan masakan sayur yang lezat.

Penting untuk diketahui bahwa pepaya masuk dalam jenis tanaman buah. Tanaman pepaya tergolong cepat berbuah karena tidak memerlukan waktu bertahun-tahun untuk berbuah.

3. Pisang

Tanaman Buah Pisang
Sumber Gambar: i.dailymail.co.uk

Tanaman buah yang cepat berbuah selanjutnya adalah pisang. Tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun pohon pisang bisa berbuah.

Namun, pohon pisang hanya bisa berbuah sekali selanjutnya pohon pisang tidak berbuah. Oleh karena itu, biasanya petani pisang ketika memanen pisang caranya dengan langsung menebas pohon pisangnya.

4. Semangka

Tanaman buah semangka
Sumber Gambar: edge.bonnieplants.com

Tanaman buah semangka termasuk dalam jenis tanaman merambat. Wajar saja jika semangka masuk dalam kategori tanaman buah yang cepat berbuah.

Semangka merupakan jenis buah yang banyak diminati karena cocok untuk dijadikan sebagai pembuka makanan berat maupun penutup makanan.

5. Melon

Jenis tanaman buah melon
Sumber Gambar: modernfarmer.com

Tanaman buah melon hampir sama dengan buah semangka. Ia merupakan golongan tanaman merambat dan cepat berbuah.

Buah melon bisa berbuah dengan cepat dan dengan masa panen yang relatif singkat. Karena buah melon biasa dipanen setelah usia 3 bulan.

Artinya tidak butuh bertahun-tahun untuk bisa memanen buah melon. Tentu ini termasuk dalam tanaman cepat berbuah.

6. Strawberry

Jenis Tanaman buah merambat
Sumber Gambar: q7i2y6d5.stackpathcdn.com

Strawberry merupakan jenis buah yang sulit dijumpai. Sebenarnya buah ini termasuk dalam buah favorit. Hanya saja harga dan daya minat konsumen rendah.

Buah strawberry termasuk cepat berbuah. Biasanya menginjak usia tanam 4 bulan, buah strawberry ada yang siap dipanen.

7. Ciplukan

Jenis tanaman buah dalam pot
Sumber Gambar: ekaazzahra.files.wordpress.com

Ciplukan merupakan tanaman buah yang masuk dalam kategori tanaman obat. Dari banyaknya jenis tanaman obat, ciplukan merupakan salah satu yang paling banyak khasiatnya.

Buah ini lebih terkenal dan populer di masyarakat pedesaan. Namun akhir-akhir ini buah ciplukan sedang banyak dicari orang. Sehingga momen ini dimanfaatkan oleh para pembisnis untuk dijadikan media bisnis.

Buah ciplukan termasuk dalam tanaman cepat buah karena tidak butuh waktu sampai bertahun-tahun untuk bisa menikmati buahnya.

Jenis Tanaman Buah Langka

Jenis Tanaman Buah Langka Belimbing Hutan
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Jenis tanaman buah lainnya adalah tanaman buah langka. Selama ini kita sudah mengenal banyak jenis buah yang sudah populer.

Jika dihitung mungkin ada puluhan jenis buah yang sering kita jumpai. Di sisi lain, ada jenis buah yang sangat jarang kita jumpai. Bahkan mungkin banyak juga yang masih asing.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis buah asing yang kami rasa banyak orang belum mengetahuinya. Jadi, ini penting untuk menambah wawasan kita.

1. Buah Wanyi

Jenis tanaman buah langka buah wanyi
Sumber Gambar: wowkeren.com

Ada yang sudah tahu buah ini? Buah ini bisa kita jumpai di hutan Kalimantan. Buah ini tergolong langka. Bahkan sangat langka.

Bentuk dan ukuran buah ini seperti mangga, namun ukurannya lebih besar sedikit. Memiliki bau yang tajam seperti buah durian.

Perlu ada yang diwaspadai dari buah ini. Yakni getah dari pohon buah ini. Getah pohon buah wanyi bisa mengakibatkan gatal-gatal.

2. Buah Keledang

Jenis Tanaman Buah Langka Keledeng
Sumber Gambar: satuharapan.com

Buah keledang mirip seperti buah nangka. Dari segi bentuk rupa kulit luar dan buah dalamnya. Namun ukuran dari buah ini lebih kecil dari buah nangka.

Rasa buah ini manis dan teksturnya mirip juga seperti nangka. Jika dibayangkan, sensasi rasa buah ini seperti kolaborasi buah nangka dan manggis.

Jika ingin menjumpai buah ini, bisa datang ke Kalimantan. Jika beruntung, bisa kita jumpai buah ini. Karena yang namanya buah langka, ia akan sulit untuk dijumpai.

3. Buah Tarap

Jenis tanaman buah langka buah tarap
Sumber Gambar: radarpekalongan.co.id

Buah langka yang masih mirip dengan nangka dan sukun. Jika diperhatikan lebih dalam, buah ini lebih mirip ke buah sukun.

Kulitnya seperti duri karet yang sangat rapi. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis. Bagus untuk menambah energi.

Aroma buah ini seperti cempedak. Jadi, bagi anda-anda yang tidak menyukai bau aroma tersebut kemungkinan besar tidak akan menyukai buah ini.

4. Buah Bemotong

Buah bemotong buah langka
Sumber Gambar: steemitimages.com

Buah bemotong memiliki ukuran yang sangat kecil. Seukuran buah tanaman salam. Memiliki warna merah segar yang menggoda, namun warna tersebut akan langsung pudar ketika sudah kita petik dari pohonnya.

Rasa buah ini manis dan terdapat biji yang sangat kecil di dalamnya. Buah ini tumbuh di pangkal batang. Jadi mempermudah jika ingin memetiknya.

5. Maritam

Tanaman Buah Langka Buah Bemotong
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Buah maritam adalah buah rambutan yang tidak memiliki bulu kulit. Isi buah dan tekstur buahnya sama seperti rambutan pada umumnya.

Dikatakan buah langka karena memang jarang sekali menjumpai rambutan jenis ini. Kebanyakan rambutan yang terdapat bulu pada kulitnya.

6. Asam Putar

Jenis tanaman buah langka Asam Putar
Sumber Gambar: trubus-online.co.id

Sesuai dengan namanya, buah ini bisa dipisahkan antara biji dan dagingnya dengan cara diputar.

Bentuknya seperti buah mangga. Asam pulatan bisa dijumpai di pedalaman Kalimantan.

7. Belimbing Hutan (Ucong)

Jenis Tanaman Buah Langka Belimbing Hutan
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Belimbing hutan bisa juga disebut dengan nama buah ucong. Nama ucong merupakan sebutan masyarakat dayak dalam menamai buah ini.

Sekilas memang mirip seperti belimbing biasa yang kita kenal. Bedanya ia memiliki bentuk agak kucup. Dan warna ketika matang adalah merah.

Bagian dalam atau daging buah ini berwarna putih berbentuk persegi dan terdiri dari lebih dari 3 bagian biji. Rasa buah ini cukup bervariasi, ada yang manis, asam, dan sedang.

Jenis Tanaman Buah Semusim

Tanaman buah semusim durian
Sumber Gambar: i2.wp.com/rumahtanaman.com

Selanjutnya adalah pembahasan jenis buah semusim. Apa yang dimaksud dengan buah semusim?

Jenis buah yang hanya bisa kita jumpai seketika waktu dan secara serentak di waktu yang bersamaan. Dalam kata lain tidak dapat dijumpai secara berkelanjutan seperti buah jeruk, pepaya, dan buah yang sering kita jumpai lainnya.

Berikut ini ada beberapa jenis buah musiman yang bagus untuk menambah pengetahuan kita. Oleh karena itu jangan malas-malas untuk membaca dan melihat gambar buahnya.

1. Durian

Tanaman buah semusim durian
Sumber Gambar: i2.wp.com/rumahtanaman.com

Buah durian merupakan buah yang memiliki harga relatif mahal. Rata-rata hargnya di atas 30 ribu/buah. Tentu tergolong mahal.

Apa yang menyebabkan buah ini memiliki harga relatif mahal? Salah satunya adalah karena buah ini adalah buah musiman.

Sehingga orang-orang akan berebut mendapatkan buah ini ketika musimnya. Tentu ini menjadi peluang emas bagi para orang-orang yang memiliki jiwa bisnis.

2. Duku

Jenis Tanaman Buah Musiman Duku
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Rata-rata buah musiman merupakan buah yang dihasilkan dari tanaman yang masa pertumbuhannya lamban.

Contoh saja pohon durian, butuh waktu bertahun-tahun untuk menikmati buah durian hasil dari menanam sejak benih.

Begitu juga dengan duku. Pohon buah duku boleh dikatakan pertumbuhannya sangat lamban.

Jika menanam dari benih, kita dapat menikmati buah dukuh ketika pohon sudah berusia 10-15 tahun. Karena rata-rata pohon dukuh akan berbuah setelah berusia sekitar 10-15 tahun.

3. Manggis

jenis tanaman buah musiman manggis
Sumber Gambar: garnesia.com

Musim buah manggis tidak jauh dengan musim buah durian. Yakni di bulan desember – februari. Ketika musimnya buah-buah ini banyak bergelantungan di toko buah.

Untuk manggis hargany tergolong sedang. Tidak kemurahan dan tidak kemahalan. Pertumbuhan pohon buah manggis juga tergolong lamban.

Karena pohon manggis biasanya akan berbuah ketika masuk usia 3-8 tahun. Tentu bukan waktu yang sebentar.

4. Mangga

Jenis tanaman buah musiman mangga
Sumber Gambar: cdn-asset.jawapos.com

Sebenarnya buah ini adalah buah musiman. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi semakin canggih. Banyak orang-orang membuat teknik supaya mangga bisa berbuah meski bukan pada musimnya.

Maka jangan kaget jika ketika tidak musim mangga pun penjual jus memiliki stok buah mangga.

Pertumbuhan pohon mangga umumnya boleh dikatakan sedang. Karena untuk normalnya pohon yang sudah berusia 2 tahun sudah bisa berbuah.

5. Jambu Air

Jenis tanaman buah musiman jambu air
Sumber Gambar: khasiatsehat.com

Jambu air merupakan jenis buah yang sudah sangat terkenal di semua kalangan. Kalau di kampung-kampung, masyarakat biasanya menanamnya di depan halaman rumah.

Buahnya musiman jadi tidak sembarang waktu bisa menjumpai buah ini.

Jenis Tanaman Buah Merambat

Berikutnya adalah tanaman buah merambat. Kebanyakan buah merambat juga masuk dalam kategori tanaman buah cepat berbuah.

Jadi buah-buahnya sama seperti buah dari kategori tanaman buah cepat berbuah. Untuk memudahkan, tidak ada salahnya kita jabarkan jenis buahnya.

1. Markisa

Markisa jenis tanaman buah merambat
Sumber Gambar: mediatani.co/

Buah markisa atau dalam nama latinnya adalah Passiflora Edulis, merupakan buah yang dihasilkan dari tanaman merambat atau menjalar seperti anggur.

Masa berbuah markisa memakan waktu sekitar 3 bulan. Oleh karena itu buah markisa kami golongka menjadi jenis tanaman buah yang cepat berbuah.

2. Melon

Melon jenis tanaman buah merambat
Sumber Gambar: herbalnasa.net

Pohon buah melon jenisnya merambat. Umumnya, tanaman melon ditanam dengan sistem lanjaran. Meskipun ada sistem lainnya yaitu sistem lesehan.

Kebanyakan petani melon lebih memilih sistem lanjaran, karena ada banyak kelebihan yang didapat dengan sistem lanjaran.

Sistem lanjaran yaitu menanam pohon melon dengan media rambatan. Dengan sistem ini, ketika berbuah, buahnya dapat tumbuh dengan sempurna.

Berbeda dengan sistem lesehan. Karena buahnya menempel dan leseh di tanah, kemungkinan besar pertumbuhan buah terganggu lebih besar.

3. Anggur

Tanaman buah merambat anggur
Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

Pohon buah anggur sama seperti dengan buah melon. Yakni merambat. Selain sebagai tanaman buah, pohon anggur juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan halaman rumah.

Karena sifatnya yang merambat, pohon anggur jadi bisa diatur-atur sesuka keinginan. Dan ketika berbuah, pohon anggur akan terlihat begitu indah karena ada kombinasi antara daun yang hijau dengan buah anggur berwarna ungu yang bergelantungan.

4. Semangka

Jenis tanaman buah merambat semangka
Sumber Gambar: penjagarumah.com

Pohon buah semangka sudah kita bahas pada pembahasan jenis tanaman buah cepat berbuah. Sistem penanaman buah semangka bagusnya dengan sistem lesehan.

Karena jika menggunakan lanjaran, kemungkinan besar batang pohon semangka tidak kuat menanggung beban berat buah semangka ketika matang.

5. Kiwi

Kiwi Jenis tanaman buah merambat
Sumber Gambar: zespri-sea.com

Buah kiwi rada tergolong asing. Pasalnya jarang dijumpai di toko-toko buah. Selain itu, peminat buah ini juga tidak banyak.

Entah karena bentuknya yang kurang menarik atau karena tidak memiliki aroma yang mengundang. Atau bisa juga karena belum banyak yang membudidayakan buah kiwi di Indonesia.

Buah ini tergolong dalam buah yang memiliki harga relatif mahal. Dan buah ini cocok dinikmati dengan cara dibuat sebagai minuman jus.

Jenis Tanaman Buah Dalam Pot

Ada juga jenis tanaman buah yang ditanam di dalam pot. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab.

Pertama, faktor ingin menjadikan tanaman buah sebagai hiasan. Kedua faktor tidak memiliki lahan terbuka. Ketiga karena faktor tidak berminat menanam dalam jumlah banyak.

Berikut ini ada beberapa contoh jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah. Sebenarnya semua tanaman buah bisa ditanam di dalam pot, tapi tidak semuanya cocok ditanam di dalam pot.

1. Strawberry

Strawberry Jenis tanaman buah dalam pot
Sumber Gambar: i0.wp.com

Dari sekian banyak tanaman buah, mungkin strawberry merupakan yang paling cocok ditanam di dalam pot. Selain pohonnya yang tidak bisa tumbuh besar, buahnya juga bagus dipandang.

Selain itu, strawberry juga termasuk dalam tanaman yang cepat berbuah. Jadi, jika ingin menanam tanaman buah di dalam pot, strawberry menjadi pilihan yang boleh diutamakan.

2. Beach Cerry

Beach Cerry Jenis tanaman buah dalam pot
Sumber Gambar: s0.bukalapak.com

Buah beach cerry nana latinnya adalah mountain stopper fruit, merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki sumber antioksidan yang sangat baik.

Tanaman buah ini sangat cocok ditanam di dalam pot. Bentuk pohonya yang kecil, begitu juga dengan buahnya yang kecil kemerah-merahan, tentu sangat manis dilihat jika ditaruh di teras rumah.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis jenis tanaman buah dalam pot
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Buah yang kaya akan manfaat namun sedikit yang berminat membudidayakannya. Tanaman jeruk nipis tergolong cepat berbuah. Jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya.

Jeruk jenis ini sangat tinggi kandungan vitamin C nya. Rasanya yang tidak manis seperti jeruk pada umumnya membuat jeruk ini tidak cocok dikonsumsi secara langsung.

Sebesar-besarnya tumbuh pohon ini, tetap masih bisa ditempatkan di dalam pot. Karena pohon jeruk nipis tidak dapat tumbuh besar seperti jeruk bali, atau jeruk lainnya.

Mungkin cukup sekian pembahasan yang bisa kami sampaikan. Mulai dari pembahasan jenis tanaman buah yang cepat berbuah, buah lngka, buah semusim, buah merambat, dan terakhir yaitu tanaman buah dalam pot. Semoga dengan tulisan ini, wawasan anda tentang tanaman buah menjadi semakin luas.

Tinggalkan komentar