Jenis Jenis Padi

Hallo sahabat tanam, ketemu lagi dengan Kami yang kali ini akan membahas tentang jenis-jenis padi. Ya, padi merupakan salah satu tanaman yang paling banyak di budidayakan di Indonesia, bahkan di dunia.

Oryza sativa adalah nama ilmiah dari padi. Sejarah menjelaskan bahwa padi berasal dari India, namun padi baru di budidayakan di Indonesia sekitar 1500 SM. Padi menjadi makanan pokok di negara agraris seperti Indonesia, India, atau negara lainnya.

Terdapat begitu banyak jenis padi yang biasa di tanam dan di budidayakan oleh petani. Namun secara garis besar, padi di kategorikan menjadi 3 kelompok varietas, yaitu: Hibrida, unggul, dan lokal.

Baca informasi tentang manfaat padi.

Jenis-Jenis Padi

Jenis Jenis Padi yang Cocok ditanam di Indonesia
Sumber Gambar: cff2.earth.com

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, bahwa jenis padi dikelompokkan menjadi 3 varietas, yaitu varietas hibdrida, varietas unggul, dan varietas lokal. Ketiga varietas inilah yang umumnya di tanam di Indonesia.

Di bawah ini akan Kami kupas satu persatu varietas-varietas tersebut.

1. Varietas Padi Hibrida

Jenis padi varietas utama adalah varietas hibdrida. Varietas ini hanya bisa di taman sekali saja. Keunggulan varietas hibrida ini adalah varietas dengan potensi hasil panen yang melimpah dan maksimal.

Jika Kalian ingin menanam jenis padi varietas hibdrida, maka bisa dipastikan akan mendapatkan hasil panen setidaknya dua kali lipat daripada varietas padi lokal. Butiran-butiran padi yang dihasilkan pun bagus.

Ketika padi varietas hibdrida ini diolah menjadi nasi, maka akan memperoleh hasil yang pulen serta wangi.

Ibarat pepatah, dimana terdapat kelebihan, maka akan ada juga kekurangannya. Seperti padi varietas hibdrida ini.

Bibit padi varietas hibdrida ini dapat di taman kembali, namun akan memiliki kualitas yang sangat buruk jika bibitnya berasal dari tanaman turunannya.

Jadi jika Kalian ingin menanam kembali varietas hibdrida maka harus berasal dari benih asli yang dapat dibeli di toko pertanian.

Karena bibit varietas hibdrida ini memang sengaja di rekayasa agar konsumen membeli kembali benih tersebut.  Kekurangan lainnya dari padi varietas hibrida ini adalah harga benih padi yang paling mahal jika dibandingkan dengan varietas lainnya.

Jenis Padi Hibrida

Jenis padi yang tergolong dalam varietas hibrida antara lain Intani 1 dan 2, SL 8 dan 11 SHS, Rokan, PP1, H1, Segara Anak, SEMBADA B3, B5, B8, dan B9, Bernas Prima, Long Ping (pusaka 1 dan 2), Hibrindo R-1 dan Hibrindo R-2, Adirasa-1 dan Adirasa-64, Manis-4 dan 5, Hipa 4, Hipa 5 Ceva, Hipa 6 Jete, Hipa 7-10 11, SL 8 SHS, SL 11 HSS, MIKI 1-3, dan Maro.

2. Varietas Padi Unggul

Satu tingkat di bawah varietas hibrida adalah varietas padi unggul. Varietas unggul memiliki kelebihan yaitu dapat di tanam berkali-kali tanpa mengurangi kualitas atau kualitas sama dengan bibit dari tanaman turunannya.

Jadi bisa dikatakan hasil panen dari varietas padi unggul dapat dijadikan benih kembali. Jika ingin membeli benih padi varietas unggul ini pun tidak semahal harga benih padi varietas hibrida.

Jenis Padi Varietas Unggul

Contoh padi varietas unggul adalah Inpara 1-8, Inpago 1-5, Inpari 1-21, Inpari 33, dan Inpari 34, Salin Agritan, dan Inpari 35 Salin Agritan.

Pemerintah sendiri pun juga mengembangkan dan mengeluarkan padi varietas unggul, seperti Inpari 34, dan Inpari 35.  Varietas ini memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap hama wereng coklat.

3. Varietas Padi Lokal

Varietas yang terakhir adalah varietas padi lokal. Padi varietas lokal ini merupakan padi khusus yang ditanam di daerah tertentu.

Varietas padi lokal hanya cocok ditanam di daerah tertentu saja dikarenakan memiliki karakteristik dan spesifikasi dimana padi itu ditanam. Padi varietas ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Jenis Padi Varietas Lokal

Padi yang tergolong pada padi varietas lokal ini antara lain Andel Jaran, Dharma Ayu, Gropak (Kulonprogo), Gundelan. Indramayu, Ketan Lusi, Marong,Merong, Simenep, dan Srimulih.

Nah, dengan pembahasan kali ini mengenai jenis padi dan varietas-varietasnya, semoga dapat menambah wawasan bagi Kalian tentang apa yang telah Kita bahas tadi.

Lebih banyak informasi terkait tanaman.

Tinggalkan komentar