Jenis Kacang kacangan

Jenis Kacang Kacangan – Ada kacang almond, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang koro, kacang merah, dan masih banyak lagi. Informasi selengkapnya di bawah ini.

Kacang adalah makanan yang memiliki rasa enak dan juga gurih. Tetapi apakah Kamu tahu, terdapat beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat di temukan di negara kita ini?

Banyak masyarakat Indonesia yang membudidayakan kacang-kacangan ini karena di samping memiliki rasa yang enak dan juga gurih, namun juga banyak mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, mineral, vitamin, dan juga lemak sehat.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan menjelaskan beberapa jenis kacang-kacangan yang umumnya dapat ditemukan di Indonesia.

Baca juga manfaat kacang tanah

Jenis Kacang kacangan yang Populer di Indonesia

Sama halnya dengan jenis padi atau jenis singkong, makanan yang satu ini juga memiliki berbagai jenis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Di bawah ini adalah jenis kacang-kacangan yang populer dan mudah ditemukan di Indonesia.

1. Kacang Almond

Jenis Kacang Almond
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Jenis kacang-kacangan yang pertama adalah kacang almond. Namun kebanyakan masyarakat di Indonesia menyebutnya dengan nama kacang kenari. Kacang ini memiliki bentuk lonjong dan berwarna coklat tua dan permukaan kulit berkeriput.

Biasanya kacang almond menjadi campuran bahan makanan seperti puding, es krim, kue atau sebagai bahan campuran minuman. Karena kacang ini memiliki rasa yang enak, cenderung manis dan juga gurih.

Terdapat banyak kandungan nutrisi pada kacang almond, seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, serat, selenium, zink dan juga vitamin E.

2. kacang Tanah

Jenis Kacang Tanah
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kamu pasti mengenal kacang yang sangat populer ini! Ya, kacang tanah. Kacang yang memiliki bentuk biji berwarna coklat muda dan memiliki rasa gurih, legit, dan enak. Harganya yang murah menjadi salah satu faktor kacang ini banyak yang dikonsumsi.

Biasanya kacang tanah diolah dengan cara digoreng atau direbus untuk di makan langsung. Namun beberapa masyarakat mengolahnya dengan cara digoreng untuk dijadikan bumbu pecel, bumbu sate, sambel kacang, atau gado-gado.

Berbagai kandungan nutrisi didalam kacang tanah antara lain kalium, potasium, karbohidrat, zat besi, serta vitamin A, B, C, dan juga vitamin E.

3. Kacang Hijau

Jenis Kacang Hijau
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Beberapa orang sering menganggap bahwa kacang hijau adalah kacang kedelai, padahal itu adalah pernyataan yang salah!

Meskipun memiliki bentuk dan ukuran yang hampir mirip dengan kacang kedelai, namun jika dicermati dengan seksama, kacang hijau memiliki warna hijau lebih gelap. Sedangkan saat diolah, kacang kedelai memiliki rasa yang legit.

Biasanya kacang hijau diolah menjadi es kacang hijau, bubur kacang hijau, atau dijadikan isian kue, seperti bakpia. Kandungan nutrisi di dalamnya pun tidak kalah dengan dengan kacang kenari. Kandungan nutrisi pada kacang hijau diantaranya adalah kalium, natrium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12 dan juga kalsium.

4. Kacang Kedelai

Jenis Kacang Kedelai
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Di antara jenis kacang-kacangan di Indonesia, kacang kedelai adalah jenis kacang dengan permintaan pasar tertinggi di Indonesia! Hal ini karena banyak olahan makanan yang berbahan dasar kacang kedelai.

Seperti contohnya tempe atau tahu, yang menjadi makanan wajib bagi masyarakat Indonesia karena memiliki harga terjangkau dan rasanya yang enak. Kacang kedelai juga dapat diolah menjadi kecap, minuman, atau bahkan dijadikan olahan susu kedelai.

Nutrisi yang terkandung pada kacang kedelai adalah, vitamin K, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, folat, zat besi, fosfor, mangan, kalium, kalsium, magnesium, selenium, dan zink.

5. Kacang Koro

Jenis Kacang Koro
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kacang yang termasuk kedalam jenis kacang polong ini memiliki bentuk lonjong memita dan melengkung. Biasanya memiliki warna biji merah kecokelatan, pink, atau putih. Itulah ciri-ciri dari kacang polong.

Beberapa masyarakat di Indonesia, kacang koro diolah dengan cara digoreng dan dijadikan camilan karena memiliki rasa gurih dan bertekstur renyah. Bahkan di beberapa daerah di nusantara, kacang koro dijadikan bahan pembuatan tempe pengganti kacang kedelai.

Kandungan nutrisi pada kacang koro diantaranya magnesium, fosfor, vitamin B12, kalium, dan juga zat besi.

6. Kacang Merah

Jenis Kacang Merah
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kacang merah memiliki bentuk biji lebih besar jika dibandingkan dengan kacang tanah atau kacang kedelai. Ciri-ciri kacang ini adalah kacang merah dibungkus oleh cangkang lunak berwarna merah serta cangkang ini dapat dimakan.

Di Indonesia, kacang merah paling populer adalah jenis kidney, karena memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis lainnya. Olahan kacang merah biasanya dijadikan sebagai campuran sup, atau bisa dijadikan es kacang merah.

Kandungan nutrisi didalam kacang merah antara lain kalium, natrium, karbohidrat, serat, gula, dan juga protein seperti A, D, B12, dan kalsium.

7. Kacang Mete

Jenis Kacang Mete
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Di antara jenis kacang-kacangan, mungkin kacang mete adalah salah satu kacang yang memiliki harga paling tinggi.

Bahkan di kabupaten Wonogiri, kacang mete menjadi salah satu tanaman yang banyak di budidaya dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur ini.

Kacang ini berasal dari biji buah jambu monyet. Bentuknya sedikit melengkung, berwarna kecoklatan dan berukuran sedang dan memiliki tekstur renyah, rasanya enak dan juga gurih.

Selain dapat dimakan secara langsung, kacang ini biasanya diolah dengan cara dibakar atau digoreng, atau sebagai bahan campuran pembuatan coklat, es krim, dan juga kue.

Beberapa kandungan nutrisi pada kacang mete adalah serat yang tinggi, asam folat, kalium, vitamin C, vitamin B6, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan zink.

8. Kacang Polong

Jenis Kacang Polong
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kacang polong atau Pisum sativum L adalah jenis kacang yang berbentuk bulat dan berwarna hijau. Terdapat dua jenis kacang polong yang biasa dikonsumsi, yaitu garden peas dan snow peas.

Snow peas adalah kacang polong yang paling sering dikonsumsi dalam bentuk utuh. Biasanya diolah menjadi sup atau di tumis. Beberapa masyarakat menyebut kacang ini dengan nama kacang kapri atau kacang ercis.

Kandungan nutrisi pada kacang polong diantaranya serat, kalori, protein, vitamin K, vitamin B1 dan B9, serta mangan.

9. Kacang Tolo

Jenis Kacang Tolo
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Jenis kacang-kacangan yang terakhir adalah kacang tolo atau kacang tunggak. Bentuk kacang tunggak mirip dengan kacang hijau atau kacang kedelai, namun memiliki warna krem kecokelatan.

Kacang tolo mengandung nutrisi seperti, folat, kalsium, protein, zink, serta serat kacang rendah lemak.

Banyak sekali bukan jenis kacang-kacangan yang populer dan umumnya ditemukan di negara kita ini? Setelah pembahasan tentang hal tersebut, manakah jenis kacang yang paling Kamu suka?

Tinggalkan komentar