Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara

Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara – Istilah wawasan nusantara didapat dari penggabungan dua kata yang berbeda makna, yaitu wawasan dan nusantara.

Jika dijabarkan secara etimologis, wawasan adalah suatu kata yang dasarnya berasal dari kata wawas/awas, yang artinya adalah pandangan, tinjauan, dan penglihatan.

Dan nusantara adalah suatu kata yang dasarnya terdiri dari kata nusa (pulau) dan antara (diapit dua hal).

Nusantara merupakan istilah untuk menggambarkan kesatuan wilayah pulau-pulau dan perairan Indonesia yang berada di antara Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik serta terletak di antara dua benua yakni Benua Australia dan Benua Asia.

Baca artikel terkait yaitu tentang pengertian perdagangan Internasional.

Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara

Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli
Sumber: Canva

Di bawah ini ada beberapa definisi tentang pengertian wawasan nusantara. Ada definisi secara umum, definisi dari para ahli, dan dari lainnya.

Pengertian Wawasan Nusantara Secara Umum

Dari sedikit penjabaran di atas, tentu sudah ada sedikit gambaran untuk menjawab pertanyaan jelaskan pengertian wawasan nusantara.

Jadi, pengertian wawasan nusantara adalah sebuah cara pandang yang disertai sikap bangsa Indonesia kepada diri dan letak geografinya yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan mengutamakan serta menghargai sebuah kebhinekaan dalam mencapai sebuah tujuan nasional.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Jika masih belum paham dengan pengertian secara umum, kita bisa cari tahu lebih jauh apa itu wawasan nusantara.

Salah satunya dengan membaca definisi-definisi pengertian wawasan nusantara dari para ahli. Di bawah ini ada beberapa definisi dari para ahli, diantaranya dari Prof. Wan Usman, Sumarsono, Munadjat Danusaputro, Samsul Wahidin, M. Panggabean, dan Akhadiah.

Sebenarnya masih ada definisi dari ahli lainnya. Dengan definisi para ahli yang kami cantumkan di atas, semoga kita bisa dapat menyimpulkan dan memahami arti dari wawasan nusantara.

1. Prof. Wan Usman

Beliau mendefinisikan wawasan nusantarasebagai cara pandang dari bangsa Indonesia pada diri serta tanah air sebagai sebuah negara kepulauan yang semua aspek kehidupannya beragam.

2. Sumarsono

Definisi dari Sumarsono tentang wawasan nusantara yakni suatu nilai yang disertakan penjiwaan dalam segenap peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku di setiap strata yang ada di semua wilayah negara.

Sehingga hal itu menggambarkan suatu sikap yang paham akan sebuah nasionalisme dan semangat kebangsaan yang tinggi yang merupakan identitas bangsa Indonesia.

3. Munadjat Danusaputro

Definisi wawasan Nusantara dari Munadjat Danusaputro yakni cara pandang dari kita (bangsa Indonesia) tentang diri dan lingkungannya di dalam sebuah eksistensi yang saling terhubung serta pemekarannya dalam lingkungan tersebut dengan dasar asas nusantara.

4. Samsul Wahyudin

Definisi dari Samsul Wahyudin tentang pengertian wawasan nusantara yakni suatu cara pandang, cara menghayati, cara memahami, cara bertindak, cara bersikap, cara bertingkah laku dan cara berpikir untuk Bangsa Indonesia sebagai suatu hasil atas interaksi yang dihasilkan proses-proses psikologis, sosiokultural dalam cakupan arti luas dengan aspek-asek asta grata.

5. Tap MPR 1993 & 1998

Definisi berdasarkan Tap MPR yakni suatu cara pandang serta sikap Bangsa terkait diri dan lingkungan yang lebih mengutamakan persatuan serta kesatuan bangsa demi tujuan nasional.

Definisi-definisi dari para ahli kurang lebih seperti itu. Pada intinya, penulisannya beda namun maknanya sama.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki fungsi utama sebagai pedoman, acuan, dan panduan bagi bangsa Indonesia di dalam suatu kenegaraan.

Ada beberapa kategori terkait wawasan nusantara, yang dimana beberapa kategori ini cukup penting untuk diketahui.

  1. Befungsi untuk wawasan kewilayahan
  2. Berfungsi sebagai wawasan pembangunan
  3. Berfungsi untuk konsep ketahanan nasional
  4. Berfungsi untuk wawasan pertahanan dan keamanan.

Apa Tujuan dari Wawasan Nusantara

Jika kita sudah membaca keseluruhan tentang pengertian dan fungsi wawasan nusantara, maka seharusnya kita ada gambaran tentang tujuan dari wawasan nusantara.

Jadi, tujuan secara umum wawasan nusantara yakni mewujudkan rasa nasionalisme atau cinta terhadap tanah air dari segala aspek kehidupan yang berkaitan dengan masyarakat Indonesia.

Tujuannya diaplikasikan dengan perilaku dan tindakan masyarakat Indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok, daerah, suku bangsa, dan agama.

Aspek Wawasan Nusantara

Ada beberapa aspek dasar wawasan nusantara yang penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa aspek atau latar belakang dari wawasan nusantara.

  1. Aspek sejarah Indonesia.
  2. Aspek sosial budaya.
  3. Aspek Falsafah pancasila.
  4. Aspek kewilayahan Nusantara.

Asas Wawasan Nusantara

Asas ini adalah suatu ketentuan yang harus ditaati, dijaga, dan dilakukan oleh segala elemen masyarakat untuk melestarikan keseimbangan dan perdamaian secara keseluruhan di dalam negara Indonesia.

Cukup banyak asas wawasan nusantara yang perlu untuk diketahui. Berikut adalah asas-asasnya.

  1. Tujuan kepentingan yang sama.
  2. Kejujuran.
  3. Keadilan.
  4. Solidaritas.
  5. Kesetiaan.
  6. Kerja sama.

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi bisa disebut juga dengan penerapan. Ada beberapa impelentasi yang bisa dilihat dari kehidupan masyarakat Indonesia.

  1. Politik.
  2. Sosial.
  3. Ekonomi.
  4. Pertahanan dan keamanan.

Contoh Wawasan Nusantara

Di bawah ini ada beberapa contoh yang bisa dibaca-baca. Jika anda masih butuh penjelasan tentang pengertian wawasan nusantara, silahkan dibaca berulang-ulang sampai benar-benar paham.

  • Contoh mudah dari penerapan wawasan nusantara diantaranya yaitu prestasi atlit yang dipersembahkan untuk tanah air dalam bidang olahraga.
  • Contoh lainnya adalah taat terhadap peraturan perundang-undangan dann menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup dalam bernegara yang dibuktikan dengan sikap dan perilaku.

Demikian saja yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan penjelasan ini kita menjadi semakin mengerti dan paham apa itu wawasan nusantara.

Jadi jika ada pertanyaan supaya jelaskan pengertian wawasan nusantara, kita bisa menjelaskan dengan jelas karena sudah mengerti dan memahami apa itu wawasan nusantara.