Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional

Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional – Halo, sebagai warga negara cerdas, penting untuk kita memahami arti pedagangan internasional. Perdagangan internasional ini memiliki peran penting dalam membangun perekonomian negara.

Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia ialah terjadinya sistem jual beli atau yang biasa disebut perdagangan.

Dari masa ke masa, perdagangan semakin berkembang yaitu sejak era barter hingga era digital trading seperti sekarang ini. Meski demikian, dapatkah kita menjawab pertanyaan tentang jelaskan pengertian perdagangan internasional?

Mungkin bagi yang belajar tentang ilmu ekonomi tentunya sudah tidak asing dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Perdagangan internasional memang menjadi salah satu hal terpenting demi terpenuhinya kebutuhan suatu negara.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian perdagangan internasional dan beberapa penjelasan lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut.

Artikel sebelumnya tentang pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka.

Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional

Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional
Sumber: Canva

Perdagangan internasional adalah suatu bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lainnya dengan dasar kesepakatan bersama.

Maksud dari penduduk tersebut adalah individu dengan individu, antara individu dengan pemerintah suatu negara atau antar pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Definisi singkat dari perdagangan internasional yaitu melakukan kegiatan transaksi jual beli ke luar negeri. Jika kita membeli suatu barang dari luar negeri itu disebut impor namun jika kita menjual barang ke luar negeri disebut ekspor.

Pada era seperti sekarang ini, perdagangan merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang sangat penting dan bisa dipastikan tidak ada negara di dunia ini yang tidak terlibat dalam melakukan perdagangan, baik itu perdagangan dalam kancah regional, kawasan, atau pun kancah internasional.

Ciri-Ciri Perdagangan Internasional

Terdapat beberapa ciri umum perdagangan internasional, seperti:

  1. Ruang lingkup perdagangan internasional mencakup seluruh dunia.
  2. Alat pembayaran yang digunakan untuk transaksi jual beli yaitu menggunakan mata uang asing atau internasional. Umumnya menggunakan dollar amerika.
  3. Kualitas barang yang di jual harus berstandar internasional
  4. Dalam melakukan transaksi tidak harus bertatap muka secara langsung. Misalnya saat eksportir dalam negeri maka tidak harus bertatap muka dengan importir luar negeri begitu juga sebaliknya.
  5. Dalam mengimpor barang akan dikenakan biaya pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  6. Hukum yang digunakan dalam perdagangan internasional adalah hukum internasional.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Suatu negara melakukan perdagangan inernasional karena terdapat beberapa faktor pendorongnya, diantaranya adalah:

  1. Perdagangan internasional terjadi karena faktor alam atau potensi alam.
  2. Agar kebutuhan barang dan jasa di dalam negeri dapat terpenuhi
  3. Keinginan untuk memperoleh keuntungan serta meningkatkan pendapatan negara.
  4. Adanya perbedaan penguasaan ilmu pengetahuan dan juga teknologi untuk mengolah sumber daya ekonomi.
  5. Perbedaan keadaan sekitar seperti sumber daya alam, iklim, budaya, tenaga kerja, serta jumlah penduduk yang mempengaruhi adanya perbedaan hasil produksi dan juga adanya keterbatasan produksi.
  6. Karena kelebihan produk dalam negeri sehingga memerlukan pasar baru untuk memasarkan dan menjual produk tersebut.
  7. Terdapat kesamaan selera terhadap suatu barang.
  8. Keinginan besar untuk membuka kerja sama, hubungan politik, serta dukungan dari negara lain.
  9. Terjadinya era globalisasi yang menjadikan suatu negara tidak dapat hidup sendiri.

Manfaat Perdagangan Internasional

Dalam melakukan perdagangan internasional, maka akan mendapatkan beberapa manfaat bagi negara yang melakukan perdagangan internasional tersebut, diantaranya adalah:

  1. Negara yang melakukan perdagangan internasional akan mendapatkan pertukaran teknologi yang berguna untuk mempercepat pembangunan dan juga pertumbuhan ekonomi.
  2. Membuka lapangan pekerjaan.
  3. Perdagangan internasional dapat meningkatkan penyebaran sumber daya alam.
  4. Untuk menjalin persahabatan antara satu negara dan negara lainnya.
  5. Dalam melakukan perdagangan internasional, maka dapat memperbaiki kualitas barang.
  6. Untuk menambah jumlah barang.
  7. Tentunya untuk mendapatkan keuntungan.

Itulah hal-hal yang menyangkut dengan jelaskan pengertian perdagangan internasional yang dapat menambah wawasan kita tentang beberapa hal yang berhubungan dengan perdagangan internasional.