Jelaskan Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Jawaban untuk soal jelaskan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka yang baik dan benar menurut nmtchicago.org. Mengerti dan memahami pancasila sebagai ideologi terbuka bagi bangsa Indonesia adalah hal yang sangat penting.

Sebagai warga negara republik kesatuan Indonesia kita tidak boleh cukup hanya dengan mengerti pancasila adalah sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Kita harus paham apa dibalik kata pancasila sebagai ideologi terbuka. Supaya kita tahu arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara.

Sebelumnya, apakah kita sudah tahu apa itu ideologi?

Ideologi adalah kata yang berasal dari kata idea dan logos. Kata ideas artinya adalah gagasan, pengertian dasar, cita-cita, konsep. Sedangkan kata logos artinya adalah ilmu.

Dalam makna singkatnya, ideologi adalah suatu teori atau gagasan tentang makna hidup secara keseluruhan dan nilai-nilai yang akan menentukan mutlak terkait bagaimana manusia hidup dengan bertindak.

Jadi kurang lebihnya seperti itu makna ideologi. Lalu apa itu ideologi terbuka? Mari kita bahas.

Penjelasan dari Pertanyaan Jelaskan Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

jelaskan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka
Sumber: siedoo.com

Apa arti pancasila sebagai ideologi terbuka? Pengertian ideologi sudah sedikit dijabarkan pada pembukaan artikel ini. Yang mana ideologi merupakan susunan dari kata ideas dan logos.

Sedangkan kata terbuka sendiri mempunyai makna yang konotasi, seperti relevan, luwes, dan fleksibel yang dapat diterapkan dimanapun dan kapanpun.

Maka pancasila sebagai ideologi terbuka dapat diartikan pancasila mengandung nilai dasar yang fleksibel, relevan, luwes.

Jadi nilai-nilai sila dalam pancasila dapat merefleksikan nilai, kultur, dan kepercayaan bangsa Indonesia.

Di dalam pancasila ada lima (5) nilai yang memiliki kekuatan tetapi terbuka. Kelima nilai tersebut yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah, serta Keadilan Sosial.

Semua nilai di atas akan selalu bersifat fleksibel meskipun zaman terus berubah dari waktu ke waktu.

Selain itu, pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka bisa dipahami dengan melihat klaim-klaim berikut ini.

  • Pancasila bisa dikembangkan dengan kreatif menyesuaikan dengan dinamika kehidupan yang ada di masyarakat Indonesia tanpa meninggalkan nilai-nilai aslinya.
  • Pancasila bisa menyesuaikan dan mengikuti perubahan zaman yang semakin berkembang tanpa harus mengubah nilai-nilai aslinya atau dasarnya.
  • Pancasila bisa diandalkan sebagai pemandu bangsa dalam menghadapi era globalisasi yang saling bergantung antar negara.

Gagasan yang Membuat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Jelaskan Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Sumber: cdn-u1-gnfi.imgix.net

Sejak tahun 1985 gagasan pancasila sebagai ideologi terbuka mulai banyak dibahas. Meskipun sudah disampaikan secara implisit di penjelasan UUD 1945.

Menurut Frans Magnus Suseno, suatu ideologi bisa dikatakan sebagai ideologi terbuka apabila,

  • Mengandung isi yang tidak langsung operasional tetapi bersifat instrumental dan instruktif. Meliputi suatu nilai-nilai yang cara kerjanya diawali dengan penjabaran suatu nilai yang bersifat lebih instrumental.
  • Cita-cita dan nilai-nilai yang bersumber dari banyaknya budaya masyarakat sendiri. Dalam kata lain, nilai-nilai yang bukan datang dari budaya luar. Karena ideologi terbuka berkembang dan tumbuh berasal dari jiwanya masyarakat lokal, sehingga sejak awal kedatangannya bisa langsung diterima oleh berbagai macam elemen masyarakat.

Jadi secara garis besar pancasila jika dilihat dari penjelasan di atas dapat dengan mudah disimpulkan bahwa pancasila merupakan ideologi yang terbuka.

Ada tiga dimensi kuat yang menguatkan gagasan pancasila sebagai ideologi terbuka. Yaitu:

  • Nilai dasar
  • Nilai instrumen
  • Nilai praktis

Ketiga dimensi tersebut dapat dipakai untuk tolak ukur mengklaim pancasila sebagai ideologi terbuka.

Sebagai ideologi yang bersifat terbuka, tentunya pancasila tidak berada di dimensi nilai dasar saja. Melainkan harus sampai ke ranah nilai praktis.

Kalau kata bung Karno, apabila boleh diringkas, nilai-nilai pancasila bisa dijadika satu istilah yaitu gotong royong.

Ideologi terbuka merupakan lawannya ideologi tertutup. Yang mana ideologi tertutup dibatasi relevansi dan bergantung pada konteks zaman. Misalnya seperti Unisoviet di era Lenin, memakai ideologi komunisme dan marxisme yang resmi.

Dari pembahasan di atas, maka menurut kami sudah terjawab pertanyaan tentang jelaskan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka.