Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial

Kita jangan terkecoh dengan pertanyaan yang memiliki persamaan kata di akhir kalimat. Misalnya kalimat jelaskan pengertian interaksi sosial tentu akan berbeda jawabannya dengan jawaban dari kalimat jelaskan pengertian lembaga sosial.

Seperti yang diketahui, sebagai manusia kita tidak bisa hidup sendiri di dalam bermasyarakat. Manusia sebagai makhluk sosial pasti tidak akan lepas dari yang namanya interaksi terhadap manusia lainnya.

Pada dasarnya, dengan terjadinya interaksi sosial terhadap manusia lain merupakan hal yang sangat wajar. Karena manusia sangat membutuhkan peran manusia lainnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial
Sumber Gambar: i1.wp.com

Secara umum, jawaban dari jelaskan pengertian interaksi sosial adalah hubungan individu antar individu lainnya dan juga hubungan antar individu dengan lingkungannya.

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan hubungan individu dengan lingkungannya ialah interaksi individu terhadap kelompok lainnya atau suatu kelompok dengan kelompok lainnya.

Interaksi sosial dapat dikatakan sebagai kunci dari kehidupan sosial. Hal ini karena dengan manusia melakukan interaksi sosial, maka manusia akan dapat memenuhi kehidupannya serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, ada beberapa ahli yang mendefinisikan jawaban dari jelaskan pengertian interaksi sosial. Diantara ahli-ahli yang dimaksud adalah:

  • Prof. Dr. Soerjono Soekamto

Prof. Dr. Soerjono Soekamto menjelaskan dan mendefinisikan interaksi sosial sebagai sebagai kunci rotasi untuk semua kehidupan sosial.

Dengan tidak adanya komunikasi atau interaksi antara satu sama lain maka mustahil akan ada kehidupan bersama.

Pada saat hanya fisik yang saling berhadapan satu sama lain, maka tidak bisa menghasilkan suatu bentuk kelompok sosial yang bisa saling berinteraksi.

Maka itu bisa disebutkan bahwasanya interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial. Tanpa adanya interaksi, maka kegiatan antar satu individu dengan individu lainnya tidak dapat disebut interaksi.

  • Philip Selznic dan Leonard Broom

Menurut Philip Selznic dan Leonard Broom, interaksi sosial merupakan proses tindakan yang dilandasi atas kesadaran adanya orang lain dan juga proses respon terhadap tindakan orang lain tersebut.

  • ┬áKimball Young dan Raymond W. Mack

Sedangkan meurut  Kimball Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang bersifat dinamis dan menyangkut hubungan antar individu dengan individu, hubungan individu dengan kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok lainnya.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial
Sumber Gambar: rodaduniailmu.blogspot.com

Terdapat dua syarat utama terjadinya interaksi sosial, yaitu secara kontak sosial dan komunikasi.

Kontak Sosial

Kontak sosial dapat diartikan sebagai hubungan yang terjalin antara dua orang atau lebih, baik itu secara fisik atau non fisik, baik secara langsung atau tidak langsung.

Didalam proses kontak sosial dapat dibedakan menjadi dua jenis. Dua jenis yang dimaksud adalah:

  • Kontak Sosial Primer

Kontak sosial primer atau disebut juga kontak sosial langsung merupakan hubungan timbal balik antar individu atau kelompok masyarakat yang terjadi secara tatap muka (fisik). Contohnya pada saat berjabat tangan atau berbicara.

  • Kontak Sosial Sekunder

Sedangkan kontak sosial sekunder atau disebut juga kontak sosial tidak langsung merupakan hubungan timbal balik antar individu atau kelompok yang dilakukan dengan perantara.

Misalnya pada saat kita berkomunikasi dengan telepon, komunikasi menggunakan chatting atau mengirim pesan dengan perantara orang lain.

Kontak Komunikasi

Komunikasi adalah proses informasi baik itu ide, gagasan atau pesan dari satu pihak ke pihak lain yang dilakukan untuk saling mempengaruhi antara satu sama lain.

Proses komunikasi bisa terjadi dengan melalui dua cara, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

  • Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan atau tulisan. Contohnya ketika kita sedang berbicara atau pada saat kita saling surat-menyurat.

  • Komunikasi Non Verbal

Sedangkan komunikasi non verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan simbol. Misalnya menggunakan gestur tubuh atau menggunakan bahasa isyarat.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Interaksi sosial juga mempunyai ciri-ciri, diantaranya adalah:

  • Pelaku sosial minimal dua orang atau lebih
  • Terjadinya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol atau lambang
  • Adanya dimensi waktu. Maksud dimensi waktu dapat berupa masa lampau, masa kini atau masa yang akan datang yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung
  • Mempunyai atau memiliki tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai

Namun tidak semua tindakan bisa dikategorikan sebagai interaksi. Didalam interaksi sendiri harus ada orientasi timbal-balik dari pihak yang bersangkutan.

Timbal-balik yang dimaksud dapat berupa dalam bentuk cinta atau benci, kesetiaan atau pengkhianatan, menolong atau melukai.

Contoh Interaksi Sosial

Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial
Sumber Gambar: kip.kapuaskab.go.id

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari interaksi sosial baik itu interaksi asosiatif atau contoh interaksi disasosiatif.

Contoh Interaksi Sosial Asosiatif

  • Terjadinya interaksi antara pembeli dengan pedagang yang sedang melakukan proses tawar menawar harga
  • Terjadinya proses musyawarah di dalam lingkup warga/masyarakat untuk memilih atau menentukan ketua RT atau RW

Contoh Interaksi Sosial Disasosiatif

  • Terjadinya perdebatan antara dua orang atau kubu yang disebabkan karena masalah siapa yang lebih baik antara Calon Lurah A dan Calon Lurah B
  • Tawuran antar dua kubu suporter sepakbola

Demikianlah penjelasan mengenai pertanyaan jelaskan pengertian interaksi sosial serta beberapa penjelasan lainnya yang menyangkut dengan penjelasan tersebut.