Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara – Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap dirinya sendiri, termasuk juga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, pentingnya wawasan Nusantara dalam konteks NKRI harus selalu berlandaskan pada Pancasila sebagai ideologi dan juga Undang-Undang Dasar 1945 yang telah dijadikan sebagai dasar negara.

Selain itu, wawasan Nusantara juga harus diaplikasikan pada tiap-tiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Nah salah satu aspek tersebut adalah jelaskan aspek trigata dalam wawasan Nusantara.

Baca Juga : Jelaskan Pengertian Wawasan Nusantara

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara
Canva.com

Aspek trigata merupakan aspek yang berkaitan dengan hal-hal alamiah. Aspek trigata sendiri meliputi kondisi geografis, aspek kependudukan, dan aspek kekayaan alam. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Aspek Geografis

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantaraasan Nusantara
Sumber Gambar: www.freedomnesia.id

Wawasan Nusantara sendiri tentunya berkaitan dengan letak geografis wilayah Indonesia yang berupa kepulauan. Adapun wilayah Indonesia terdiri dari daratan, lautan, dan juga ruang udara.

Indonesia juga terletak di antara 2 benua dan 2 samudera yang menjadikan negara kita ini sebagai negara strategis karena dilalui oleh lalu lintas perdagangan dunia.

Aspek Kependudukan

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara
Sumber Gambar: netoya.files.wordpress.com

Selain aspek geografis, aspek faktor kependudukan juga turut mempengaruhi pelaksanaan wawasan Nusantara. Terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan terkait keadaan dan juga kemampuan penduduk dalam melaksanakan wawasan Nusantara.

Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah:

1. Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk, seperti:

  • Kelahiran
  • Kematian
  • Pendatang baru
  • Orang yang pergi atau meninggalkan wilayah asalnya
  • Pertambahan tenaga kerja
  • Pertambahan angkatan kerja

2. Faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk

Maksud dari komposisi penduduk adalah mencakup umur, kelahiran, suku bangsa, agama, tingkat pendidikan, dan aspek-aspek lainnya. Bukan hanya itu, komposisi penduduk juga dipengaruhi oleh perpindahan penduduk, fertilitas, dan mortalitas.

3. Faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk

Di dalam pelaksanaan wawasan Nusantara, pemerintah harus membuat kebijakan dimana kebijakannya itu dapat mengatur penyebaran penduduk agar merata. Persebaran penduduk yang tidak merata dapat mengakibatkan dampak negatif, seperti masalah sosial dan ancaman terhadap pertahanan dan ketahanan nasional.

Aspek Kekayaan Alam

Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara
Sumber Gambar: moondoggiesmusic.com

 

Pemanfaatan kekayaan alam juga turut menjadi aspek penting dalam Pancagatra. Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang, bahwa negara harus menjamin bahwa seluruh penggunaan kekayaan alam harus dilaksanakan sebesar-besarnya dengan tujuan untuk kemakmuran rakyat.

Nah, untuk menjamin pemanfaatan kekayaan alam ini maka dapat memberikan manfaat bagi rakyat. Sementara itu, negara juga bertanggung jawab dalam menumbuhkan daya saing dari kekayaan alam yang dimiliki berikut dengan produk turunannya serta kelestarian kekayaan alam tersebut.

Aspek trigata merupakan salah satu aspek yang wajib diterapkan dalam pelaksanaan wawasan Nusantara. Aspek tersebut mencakup aspek geografis, aspek kependudukan, dan aspek kekayaan alam.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan aspek trigatra dalam wawasan Nusantara. Semoga bermanfaat.