Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Jelaskan arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara yang kita cintai ini. Jika anda ingin benar-benar paham dan mengerti, silahkan baca penjelasan singkat di dalam artikel ini.

Tidaklah mungkin suatu negara berdiri tanpa ada dasarnya. Ibarat suatu bangunan, dasar ini adalah pondasi. Jika pondasinya tidak kuat, tentu bangunan akan mudah runtuh.

Begitu juga dengan negara Indonesia. Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Sudah teruji bisa menjaga kemerdekaan Indonesia sampai hampir satu abad sampai saat ini.

Artinya Pancasila sudah sangat layak dan tidak perlu diragukan lagi menjadi sebuah dasar negara Indonesia.

Jika para pahlawan dahulu berjuang mati-matian untuk melahirkan Pancasila, maka tugas kita saat ini dan seterusnya adalah menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Jelaskan Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Jelaskan

Mengapa penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara? Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangatlah bagus dan bersifat mempersatukan bangsa.

Arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasat negara adalah supaya terciptanya keindahan, kedaulatan, dan kemakmuran bangsa.

Jika semua itu sudah terwujud, maka mempertahankan Pancasila menjadi suatu hal yang harus. Menjaga nilai-nilai Pancasila dengan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjadi Pribadi yang baik dan menjadi generasi yang taat akan aturan pemerintah merupakan salah satu bentuk mempertahankan Pancasila.

Bentuk lainnya adalah jadilah generasi yang bisa membekali diri dengan cinta segenap jiwa dan raga terhadap tanah air.

Bisa dibuktikan dengan selalu memperingati hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda, dan hari-hari yang bertema tentang Pahlawan dan sejarah.

Cara Mempertahankan Pancasila sebegai Dasar Negara

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan perbedaan. Mulai dari bahasa, adat, budaya, bahkan agama.

Tanpa adanya Pancasila, perbedaan ini bisa menjadi sebab hancurnya sebuah negara. Maka sekali lagi kami ucapkan begitu pentingnya mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Cara Sederhana yang bernilai mempertahankan Pancasila Sebagai dasar Negara yaitu seperti berikut.

  • Mencintai tanah air.
  • Menghargai perbedaan.
  • Menjadi pribadi yang baik.
  • Hidup bermasyarakat.
  • Tidak main hakim sendiri ketika menjumpai manusia ynag pernah berbuat salah.

Itulah jawaban untuk pertanyaan Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, tentu ini sangat penting. Yuk baca lainnya di nmtchicago.org