Efek Samping Rebusan Daun Kenikir

Efek Samping Rebusan Daun Kenikir – Selama ini manfaat daun kenikir sudah dipercaya dapat membantu mengatasi masalah lambung, hilangkan bau mulut, dan sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman kenikir. Daun dari tanaman ini sering dijadikan sebagai lalapan. Tumbuhan ini mudah ditanam, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, ada efek samping yang harus diperhatikan. Tidak sedikit yang mengolah daun kenikir dengan cara direbus.

Mengolah dengan cara merebus memang cara yang cukup mudah. Namun jika terlalu berlebihan mengkonsumsi rebusan daun kenikir bisa mendatangkan efek samping yang tidak diinginkan.

Apa saja efek samping dari daun kenikir? Selengkapnya ada di pembahasan berikut ini.

Wow, ini dia macam macam sayuran yang belum banyak orang ketahui.

Efek Samping Rebusan Daun Kenikir

"<yoastmark

Secara umum efek samping dari daun kenikir memang tidak banyak. Bahkan menurut hot.liputan6.com, ada penelitian yang menunjukan bahwa daun kenikir minim efek samping.

Dengan catatan, mengkonsumsinya sesuai anjuran dan dengan pola yang baik. Namun jika cara dan pola konsumsinya berlebihan, maka rebusan daun kenikir bisa menimbulkan efek samping yang bahaya.

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari daun kenikir yang perlu diperhatikan. Supaya kita tetap mengkonsumsi dengan pola yang aman.

1. Mual dan Muntah

Pola konsumsi yang berlebihan bisa menyebabkan perut tidak nyaman yang berujung muntah. Maka, ingat! Jika ingin mendapatkan manfaat rebusan daun kenikir, jaga pola konsumsi dan jangan berlebihan.

2. Pembengkakan Kulit

Efek samping dari daun kenikir lainnya adalah pembengkakan kulit. Menurut sumber hot.liputan6.com, salah satu efek samping yang cukup fatal adalah terjadi pembengkakan pada kulit.

3. Bersin-bersin

Ada dua arti ketika seseorang mengalami bersin-bersin. Jika bersinnya tidak lebih dari dua kali, maka bersin itu bukan pertanda sakit atau efek samping dari pengobatan.

Namun jika bersinnya lebih dari dua kali, maka bersin tersebut merupakan pertanda seseorang tersebut sedang sakit atau efek dari pengobatan.

4. Gatal-gatal

Salah satu penyebab gatal-gatal biasanya adalah alergi. Seseorang yang tidak cocok atau alergi dengan daun kenikir, maka bisa saja muncul efek samping gatal-gatal. Jika terjadi begitu maka segera hentikan mengkonsumsi daun kenikir.

5. Ruam

Ruam juga bisa disebabkan karena sebab minum rebusan daun kenikir. Ruam adalah kondisi kulit yang tidak seperti biasanya. Bisa berupa iritasi, gembung kulit atau bengkak dengan ditandai bercak-bercak merah, gatal-gatal, benjolan, kulit mengeras, sampai bersisik.

Nah, itulah efek samping rebusan daun kenikir yang perlu diperhatikan. Jagalah pola konsumsi rebusan daun kenikir. Karena sangat disayangkan jika hanya karena pola makan yang salah, rebusan daun kenikir yang harusnya kaya akan manfaat menjadi berbahaya. Jadilah orang yang cerdas, oke.

Tinggalkan komentar