Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih

Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih – Efek samping daun sirih untuk kesehatan tubuh, mata, mulut, dan lain-lain. Ini tentu penting untuk kita ketahui selain manfaatnya.

Daun sirih adalah salah satu daun herbal yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Ada banyak khasiat daun sirih yang sudah diketahui oleh masyarakat meski itu belum terbukti secara medis.

Karena faktanya, daun ini sudah dipercaya sejak dulu memiliki khasiat untuk kesehatan.

Namun selama ini masyarakat hanya memandang dari segi manfaatnya saja. Tidak mengira jika ada efek samping minum rebusan daun sirih jika salah dalam penggunaannya.

Berikut ini ada beberapa efek samping yang perlu kita ketahui bersama, supaya kita lebih hati-hati dan tidak semena-mena mengkonsumsi daun sirih ini.

Wow… Ini dia jenis tanaman obat yang banyak khasiatnya.

Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih bagi Kesehatan

Efek samping minum rebusan daun sirih untuk kesehatan
Sumber: Pixabay.com

Selama ini kita tahunya bahan alami itu resikonya lebih kecil dari pada bahan-bahan kimia.

Sebenarnya mindset itu benar, selama masih dalam resep yang aman. Namun, karena ini adalah obat herbal, biasanya takaran konsumsinya sesuai kemauan sendiri.

Padahal, pola konsumsi yang berlebihan bisa menyebabkan datangnya efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping minum rebusan daun sirih yang bisa timbul jika anda tidak cocok atau pola konsumsinya berlebihan.

1. Efek Samping Daun Sirih untuk Mata

Daun sirih kerap kali dimanfaatkan untuk pengobatan mata. Sudah tidak asing lagi jika air rebusan daun sirih digunakan untuk mata.

Penggunaan daun sirih untuk mata, dipercaya dapat menyembuhkan mata dari iritasi mata yang menyebabkan gata-gatal di mata.

Selain itu, daun sirih untuk mata juga dipercaya bisa menjernihkan mata. Tidak lain karena daun sirih dipercaya mengandung antibakteri yang baik untuk menghilangkan zat negatif yang masuk ke dalam mata.

Pertanyaannya, apakah daun sirih aman digunakan untuk mata?

Pertanyaan ini sebenarnya masih menjadi sesuatu yang pro dan kontra. Pasalnya, masyarakat yang sudah biasa memanfaatkan daun sirih untuk kesehatan mata lebih banyak yang sembuh dari pada tidak sembuh.

Namun, ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui tentang daun sirih untuk mata.

1. Tingkat keasaman tidak setara dengan pH mata dalam keadaan normal. Jika penggunaan daun sirih untuk mata terus berlanjut, apalagi sampai berlebihan, maka efek sampingnya bisa menyebabkan permukaan mata mudah mengalami kerusakan.

2. Rebusan daun sirih yang dibuat terkadang tidak 100% higenis. Ada beberapa mikroorganisme yang terbawa dari entah dari air maupun daun sirihnya. Ini bisa berefek tidak baik jika digunakan pada mata yang sensitif.

Mungkin selama ini belum ada data kasus kecelakan mata yang disebabkan penggunaan rebusan daun sirih. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengantisipasi dengan cara tidak berlebihan dalam menggunakan rebusan daun sirih untuk mata.

2. Efek Samping Daun Sirih untuk Gigi

Tidak jarang yang menggunakan daun sirih untuk penyembuhan gigi. Biasanya menggunakan daun sirih merah yang dipercaya mengandung vitamin A, antimikroba, dan asam nikotinat.

Selain untuk pengobatan gigi, daun sirih juga dipercaya baik untuk kesehatan mulut. Nah, maka, ini juga penting untuk mengetahui apakah ada bahayanya atau tidak.

Berdasarkan sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan melalui Journal of American Dental Association, mengatakan bahwa penggunaan daun sirih yang berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena fibrosis sukmukosa oral.

Jika ini benar terjadi, tentu efek ini cukup berat. Pasalnya sulit untuk disembuhkan. Tanda-tanda seseorang terkena fibrosis sukmukosa adalah kaku pada daerah mulut sehingga mulut sulit untuk digerakan.

Lalu, apakah kita tidak usah menggunakan daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut?

Tentu tidak begitu. Kita boleh saja menggunakan daun sirih untuk kesehatan mulut. Tetapi tidak berlebihan dan sebaiknya meminta saran dari dokter atau ahli herbal.

Nah, pada intinya, efek samping minum rebusan daun sirih ada karena pola penggunaan atau konsumsi yang salah. Jadi, jika ingin tidak mendapati efek sampingnya, gunakan ataupun konsumsi daun sirih sebijak mungkin dan jangan sampai berlebihan.